oleh

Sejarah Kia Carens di Indonesia, Sudah 4 Generasi!

Sejarah Kia Carens di Indonesia tergolong tidak cemerlang, tapi merek Korea Selatan selalu percaya pada produk tersebut bisa laris di Tanah Air. Buktinya di Jakarta Auto Week 2022, hadir Carens terbaru atau generasi keempat.

Ya, Carens memang sudah 4 generasi. MPV 7-seater ini pertama kali hadir secara global di tahun 1999. Kehadirannya berbarengan dengan Kia Carnival yang bodinya lebih bongsor.

Kemudian Carens 1 masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Carens 1 memang populasinya tidak banyak, meski begitu instansi Kepolisian memakai Kia Carens untuk kendaraan operasionalnya.

Lalu sejarah Kia Carens berlanjut ke versi facelift pada tahun 2003. Menariknya lagi, Kia memproduksi Carens II ini secara lokal alias CKD. 

“Saya menggunakan Kia Carens produksi tahun 2001. Alasan saya karena fiturnya lumayan lengkap dan antimainstream, karena umumnya orang lain pakai mobil Jepang, saya dari Korea Selatan. Kendalanya paling bagian kaki-kaki karena faktor usia pakai. Untuk yang lainnya selama ini aman karena saya rutin servis berkala,” ungkap Muhammad Ferdinand, salah satu pemilik Kia Carens generasi pertama. (15/3/2022).

Cukup panjang kan, sepak terjangnya? Nah, mau tahu lebih lanjut sejarah Kia Carens di Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Carens Generasi 1

sejarah kia carens
Hyundai Carens generasi 1

Kia Carens generasi pertama di Indonesia diimpor langsung dari Korea Selatan pada tahun 2000. Hanya ada satu tipe yaitu LS. Mobil dengan kapasitas 5-seater ini mengadopsi mesin 1.800 cc DOHC 16 valve serta pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Baca juga  Spesifikasi Kia Carens Indonesia, Antara Innova dan Xpander!

Hasilnya, tenaga maksimal dari Carens generasi pertama ini diklaim mencapai 122 hp pada 6.000 rpm serta torsi puncaknya 163 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Menariknya, fitur yang dihadirkan Carens generasi pertama ini cukup lengkap.

Pada varian transmisi otomatis, Carens generasi pertama sudah dilengkapi dengan fitur Power Steering, Power Window, rem dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS), Dual Airbag, rem cakram di keempat roda, Roof Rack, Safety Belt di semua posisi duduk penumpang, Tilt Steering serta katalis di saluran gas buang.

Kemudian pada varian transmisi manualnya beberapa fitur absen. seperti tidak adanya rem ABS, kemudian rem cakram hanya di bagian roda depan, serta Roof Rack dan juga Tilt Steering juga dipangkas.

Oh ya, untuk dimensinya, Kia Carens generasi pertama mempunyai panjang 4.450 mm, lebar 1.730 mm, serta tinggi 1.600 mm.

Kia Carens 2

sejarah kia carens
Kia Carens generasi 2

Sejarah Kia Carens berlanjut pada tahun 2003 dengan hadirnya Kia Carens 2. Tampilannya lebih modern, tapi ini adalah versi facelift dari gen 1.

Kia Carens 2 mengusung mesin dengan kapasitas yang sama dengan generasi pertamanya, yaitu 1.800 cc DOHC. Meski sama, ternyata tenaganya diklaim mengalami kenaikan, menjadi 126 hp serta torsi puncaknya 168 Nm.

Oh ya, Kia Carens 2 juga sudah berstatus Completely Knock Down (CKD) alias dirakit di Indonesia. Kia Carens generasi kedua ini mempunyai tampilan lebih modern untuk menghilangkan kesan “mobil Polisi”.

Baca juga  Kia Carens Vs Mitsubishi Xpander, Mending Mana?

Generasi Kedua dari Kia Carens Tidak Masuk Indonesia

sejarah kia carens
Kia Carens generasi 3

KIA Carens generasi kedua ini memang tidak masuk ke Indonesia. Tampilannya terlihat kurang menarik, malah sekilas mirip Kia Carens generasi 1 sebelum facelift.

Walau tidak masuk Indonesia, namun hal tersebut justru bisa jadi merupakan strategi jitu dari merek Korea Selatan. Pasalnya sudah disebutkan sebelumnya, bahwa model dari Carens generasi ketiga ini ketinggalan zaman. Jadi kemungkinan tidak laku.

Selain itu, pihak Kia Indonesia juga lebih memfokuskan diri memasarkan Kia Picanto yang pada waktu itu banjir peminat.

Kia Carens Gen 3

sejarah kia carens
Kia Carens generasi 3

Sejarah Kia Carens berlanjut dengan hadirnya Carens generasi 3 di Indonesia, tepatnya pada pertengahan 2013. Mobil ini dirancang oleh Peter Schreyer yang merupakan orang Jerman dengan pengalaman sebagai desainer Audi dan VW, kemudian jadi kepala desainer di KIA. Di mana hasil karyanya membuat Kia Carens generasi 3 terlihat lebih mewah dan futuristik.

Carens juga menjelma menjadi mobil MPV yang stylish, sporty, modern, dinamis dengan berbagai fitur unggulan telah disematkan pada mobil ini. Sayangnya hanya tersedia satu trim yang ditawarkan KIA Indonesia yakni tipe LX.

Soal fiturnya, Kia Carens generasi ke 4pelan orarens pun menjelma menjadi mobil MPV yang sangat stylish, sporty, modern, dinamis dengan berbagai fitur unggulan telah disematkan pada mobil ini. Sayangnya hanya tersedia satu trim yang ditawarkan KIA Indonesia yakni tipe LX.

Nah, soal jantung pacunya Kia Carens generasi ketiga ini masih sama dengan Carens sebelum-sebelumnya. Yaitu 1.800 cc DOHC 16 valve, begitu pula dengan transmisinya ada manual 5-percepatan dan otomatis-4 percepatan.

Baca juga  KIA Carens Terbaru Masuk Indonesia, Sebentar Lagi!

Carens Terbaru atau Gen 4 Hadir di Jakarta Auto Week 2022

sejarah kia carens
KIA Carens terbaru (2022)

Nah, sejarah Kia Carens akhirnya mengibarkan bendera kembali dengan hadirnya Kia Carens pada event Jakarta Auto Week 2022. Meski pihak Kia Indonesia belum resmi menjualnya, beberapa konsumen sudah melakukan booking fee.

Kia Carens terbaru tersebut diproduksi di Indonesia. Mengusung desain yang sangat modern dan elegan. Mobil 7-seater ini hadir dengan pilihan dua mesin yaitu bensin dan diesel. Dimensinya, Carens generasi 4 punya panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.708 mm.

Ada berbagai fitur modern, seperti head unit layar sentuh 10,25 inci dengan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto. Tidak hanya yaitu, ada pula 8 unit speaker Bose yang pastinya memanjakan telinga pengemudi dan penumpang saat mendengar musik.

Ada pula ambient light dengan 64 warna untuk kenyamanan. Tidak ketinggalan sunroof, hingga AC double blower. Lalu di setiap baris bangku (termasuk baris ketiga) tersedia USB port untuk mengisi baterai smartphone.

Jok pun sudah dibalut kulit. Ditambah lagi konfigurasinya sangat fleksibel. Baris kedua dapat digeser maju dan mundur. Lalu dapat dilipat hingga rata lantai atau dilipat ke depan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sejarah Kia Carens di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru