by

Sejarah Suzuki Thunder 125 di Indonesia

Suzuki Thunder 125, merupakan salah satu sepeda motor andalan dari Suzuki di era tahun 2000-an. Berikut adalah Sejarah Suzuki Thunder 125 di Indonesia

Motor ini hadir pertama kali di tahun 2004 akhir. Thunder 125 hadir sebagai penerus dari Suzuki Thunder 250 yang kala itu sepi peminatnya. Kala baru pertama kali diperkenalkan, motor ini sempat dipandang sebelah mata karena kapasitas mesinnya yang dianggap tidak sebanding dengan bodinya yang lumayan besar.

Sejatinya, motor ini diposisikan sebagai motor di kelas low entry, karena saat itu masih belum banyak pemainnya.

Awal Sejarah Suzuki Thunder 125, Tanpa Kick Starter

Sejarah Suzuki Thunder 125
Hadir pertama kali tanpa kick starter

Generasi pertama Suzuki Thunder 125 di Indonesia sebetulnya mendapatkan sambutan yang lumayan besar. Utamanya dari para pecinta motor buatan Suzuki. Ini jadi awal sejarah Suzuki Thunder 125 di Indonesia

Motor naked sport Suzuki ini mengusung mesin 125 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 11,5 tenaga kuda pada putaran 9.000 rpm dan torsi maksimumnya 9.4 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Baca juga  Suzuki Hayabusa Terbaru, Semakin Dekat Indonesia!

Motor ini hadir dengan model yang klasik, dengan desain bodi membulat khas motor bergaya retro. Pada bagian pencahayaan, Thunder 125 diberikan batok lampu model bulat dengan lampu halogen.

Panel instrumen juga bergaya klasik dengan model analog yang terbagi dua, satu untuk penunjuk kecepatan dan satunya lagi untuk penunjuk putaran mesin (Tachometer).

Sayangnya, motor dengan sistem kelistrikan full DC ini tidak dibekali dengan kick starter. Sehingga kala itu jadi kendala tersendiri bagi penggunanya, saat aki Thunder 125 ini sudah drop.

Tahun 2006 Thunder 125 Diperbarui

Sejarah Suzuki Thunder 125
Generasi kedua Thunder 125

Pada tahun 2006, seiring dengan makin meningkatnya peminat motor ini Suzuki melakukan pembaruan pada Thunder 125.

Pembaruan yang dilakukan pada sisi desain, yakni desin striping, desain speedometer baru dan juga adanya kick starter.

Sementara untuk mesinnya sendiri masih sama dengan model sebelumnya. Suzuki tidak memberikan pembaruan apapun di bagian mesin.

Tahun 2008 Thunder 125 Facelift

Sejarah Suzuki Thunder 125
Generasi ketiga Thunder 125

Pada tahun 2008, kembali Suzuki Indonesia mengadakan gebrakan baru untuk Thunder 125. Dimana tampilan naked sport ini jadi semakin elegan, meski tidak meninggalkan gaya klasiknya.

Baca juga  Warna Baru Yamaha Vixion, Inspirasi Dari MT Series

Desain striping kembali diperbarui dengan kombinasi dua warna, desain speedometer kembali diperbarui dan adanya penambahan fitur di sektor mesin.

Pembaruan pada sektor mesin dengan menambahkan PAIR System (Pulse Secondary Air System). Dimana dengan hadirnya fitur ini, emisi gas buang Thunder 125 jadi semakin ramah terhadap lingkungan.

Tahun 2011 Thunder 125 Ubah Penampilan

Sejarah Suzuki Thunder 125
Generasi terakhir Thunder 125

Tiga tahun lamanya tidak mengalami pembaruan, pada tahun 2011 Thunder 125 berubah penampilannya.

Kali ini Thunder 125 tampil dengan model yang lebih sporty, meski tidak meninggalkan seluruhnya kesan klasik yang jadi ciri khasnya.

Kesan sporty hadir dengan bentuk bodi yang sedikit diberikan aksen lekukan tajam di bagian tangki dan bodi motor. Desain speedometer juga berubah dengan kombinasi analog dan digital meski analog tetap mendominasi.

Tutup tangki yang semula berbentuk kotak kini jadi berbentuk bulat dan rata dengan tangki, khas gaya motor sport. Selain itu, model kaca spion juga berganti dan juga desain velg yang lebih Racy.

Pada sektor mesin juga ada perubahan. Desain mesin terbaru Suzuki Thunder 125 sedikit memadukan bentuk mengotak. Desain mesin yang lebih menonjol adalah peletakan bak kopling yang semula ada disebelah kanan kini berpindah di sebelah kiri.

Baca juga  Yamaha MT-25 vs Kawasaki Z250 Unggul Mana?

Sejarah Suzuki Thunder 125 hanya mampu bertahan hingga tahun 2015. Pada tahun itulah motor naked sport 125 cc ini dihentikan produksinya oleh Suzuki Indonesia.

Demikian sedikit ulasan sejarah Suzuki Thunder 125 di Indonesia. Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru