Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sejarah Toyota Alphard, MPV Mewah yang Sudah 4 Generasi!

by Firdaus Ali
pajak mobil Alphard

Siapa yang tidak tahu Toyota Alphard? Ini merupakan MPV mewah yang wajib dipunya para orang kaya. Tahukah kamu, bagaimana sejarah Toyota Alphard hinnga sekarng sudah generasi keempat?

Ternyata Alphard punya sejarah panjang di dunia. Hingga saat ini sudah empat generasi dijual di pasar otomotif global. Toyota Alphard Gen-1 atau AH10 pertama kali meluncur pada tahun 2022 untuk pasar Jepang.

Tidak hanya pasar Jepang, Toyota Alphard juga kemudian dipasarkan ke luar negeri seperti Hongkong, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, Sejarah Toyota Alphard dimulai pada tahun 2003. Ketika itu tidak dibawa oleh pemegang merek resmi berlogo T, melainkan masuk lewat importir umum.

Barulah pada 2008, Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang merek resmi di Indonesia membawa Alphard Gen-2 atau AH20. Kemudian pada 2015, TAM meluncurkan Alphard Gen-3 atau AH30 di Tanah Air dan menjualnya sampai sekarang.

Walau demikian, sesungguhnya di global sudah ada Alphard Gen-4 atau AH40 yang meluncur pada Juni 2023. Walau demikian, Alphard terbaru dengan platform TNGA-K ini belum dijual di Indonesia.

Mau tahu lebih detail soal sejarah Toyota Alphard dari generasi ke generasi? Berikut bahasan lengkapnya:

Toyota Alphard Gen-1 (AH10, 2003-2007)

sejarah toyota alphard

Alphard generasi pertama

Pada generasi pertama, Toyota Alphard mengusung mesin dengan kode 2AZ-FE, 2.400 cc VVTi 4 silinder. Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 160 hp dan torsi 195 Nm.

Lalu ada pilihan mesin V6 yang lebih bertenaga 3.000 cc berkode 1MZ-FE dengan tenaga sebesar 220 hp dan torsi 310 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan atau AWD dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan 5 percepatan.

Dimensi Toyota Alphard generasi pertama atau AH10 ini memiliki panjang 4.865 mm, lebar 1.830 dan tinggi 1.935 mm. Sementara sumbu rodanya adalah 2.900 mm dengan bobot kosong sekitar 1.800 kg.

Sejarah Toyota Alphard berlanjut pada tahun 2005 dengan kehadiran versi Gen-1 Facelift. Pada bagian depan seperti grill desainnya lebih modern dengan aksen krom. Selain itu posisi foglamp juga lebih turun ke bawah serta desain bumper yang lebih sporty dan ukuran menjadi 17 inci.

Baca juga  4 Cara Supaya Toyota Fortuner Bisa Pakai Solar Subsidi

Pada bagian interior, ada warna dengan dua pilihan kombinasi: beige dan abu-abu yang dipadukan dengan aksen wood panel yang warnanya lebih gelap dari sebelumnya. Kemudian soal kenyamanan tidak berubah, ada head unit layar sentuh, jok elektrik, hingga pintu geser elektrik. Hadir pula dua sunroof yang terletak pada bagian atas depan dan tengah.

Generasi Kedua Toyota Alphard Masuk Resmi Indonesia Lewat TAM (AH20, 2008-2014)

sejarah toyota alphard

Toyota Alphard generasi kedua

Sejarah Toyota Alphard berlanjut pada tahun 2008 dengan kehadiran generasi kedua. Menariknya Alphard AH20 ini sudah dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Bila dibanding Gen-1, Alphard Gen-2 memiliki ubahan pada sisi desain eksterior dan dimensinya jadi lebih bongsor. Selain itu, hadir juga Toyota Vellfire yang desainnya sedikit lebih agresif dari Alphard.

Desain eksterior Alphard generasi kedua atau AH20 ini terlihat lebih elegan dan modern. Hal tersebut dapat dilihat dari desain grill depan yang lebih lebar dipadukan dengan aksen krom serta lekukan bodi yang lebih luwes.

Selain itu, desain lampu utama juga lebih tajam dan lebih sedikit pipih. Begitu pula dengan desain pada bagian lampu belakangnya. Pada bagian interiornya, tampilan juga lebih elegan dan nyaman.

Dimensi Alphard generasi kedua juga berubah. Panjang dan tinggi bodi bertambah dibanding generasi pertama, memiliki panjang 4.915 mm, lebar 1.850 dan tinggi 1.895 mm serta jarak sumbu roda bertambah 15 mm.

Pada generasi kedua Alphard, Toyota menawarkan mesin baru 2GR-FE V6 dengan kapasitas 3.500 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 280 hp dan torsi 330 Nm. Pilihan transmisinya otomatis 6-percepatan atau CVT 7-percepatan.

Pada bagian interior, Alphard generasi kedua ini menyuguhkan warna abu-abu tua, ivory dan panel kayu dengan aksen krom, membuat kabin depan tampil semakin elegan. Soal fitur, Alphard AH20 sudah dilengkapi kontrol traksi, sensor parkir, Adaptive Front Lighting System (AFS), serta Toyota Premium Sound dengan 8 speaker.

Baca juga  Arti Nama bZ4X Pada Mobil Listrik Toyota Terbaru, Begitu Syulit...

Sejarah Toyota Alphard berlanjut demi memuaskan dahaga konsumen di Indonesia. Pada tahun 2012, Alphard Gen-2 Facelift hadir dengan sejumlah penyegaran pada sisi eksterior dan interior.

Adalah desain bumper depan tampilannya yang lebih tegas dengan tetap mempertahankan aksen krom. Sementara itu pada bagian interior aksen wood panel tampil dengan warna lebih gelap serta jumlah speaker menjadi 10 untuk menunjang kenyamanan penumpang baris ketiga.

Toyota Alphard generasi ketiga (AH30, 2015-2023)

sejarah toyota alphard

Toyota Alphard generasi ketiga

Toyota Alphard generasi ketiga atau AH30 tampil lebih elegan dan mewah, meluncur pertama kali pada 2015. Terlihat jelas dari desain grill yang lebih besar menjorok hingga ke bawah dengan aksen krom, serta desain bumper yang lebih dinamis dipadukan dengan desain lampu utama yang mirip eagle eyes serta foglamp disuduk kanan kiri bawahnya.

Paduan tersebut semakin lengkap dengan penggunaan pelek berukuran 18 ini dengan desain baru. Mewah!

Lalu bicara mesin, pakai kubikasi lebih besar. Kodenya kini 2AR-FE 4 silinder 2.500 cc dual VVTi yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 180 hp dan torsi 235 Nm, serta hadir juga mesin 2.500 cc Hybrid bertransmisi CVT. 

Mesin 3.500 cc lama, masih dipertahankan. Jantung mekanis ini hadir sebagai opsi untuk konsumen yang menginginkan peforma lebih bertenaga.

Adapun varian yang dijual oleh PT TAM yaitu 2.5 X, 2.5 G, 3.5 Q dan 2.5 G Hybrid. Sementara untuk fiturnya, Alphard genersasi ketiga ini sudah dilengkapi dengan 7 SRS airbags, 7 seatbelt warning, kamera 360, Blind spot monitoring, parking camera + sensor, ABS, EBD, BA dan Hill Start Assist (HSA).

sejarah toyota alphard

Interior Alphard 2021

Memasuki tahun 2018 ada revisi tampilan supaya lebih mewah. Khusus varian 3.500 cc juga dapat transmisi baru 8-percepatan otomatis.

Pada 2021, Sejarah Toyota Alphard Gen-3 kembali dilanjutkan. Alphard kembali mendapat revisi dengan beberapa ubahan. Utamanya pada fitur keselamatan. Adalah fitur adaptive cruise control (ACC). Jika sebelumnya ACC bisa aktif saat kecepatan 50 Km/jam, sekarang sejak kecepatan 0 Km/jam pun fitur ACC dapat diaktifkan.

Baca juga  Toyota Avanza Baru Jadi Angkot, Begini Tampilannya!

Selain ACC, fitur lain yang masuk ke dalam TSS adalah pre-collision system (PCS), lane departure alert (LDA), dan automatic high beam (AHB). Terdapat pula tire pressure monitoring system (TPMS) serta intelligent clearance sonar (ICS).

Gen-4 Toyota Alphard (AH40, 2023-Sekarang)

Sejarah Toyota Alphard - Gen-4

Alphard Gen-4 meluncur di Jepang pada Juni 2023

Sejarah Toyota Alphard berlanjut hingga generasi keempat. Hanya saja versi terbaru ini untuk sekarang belum masuk Indonesia, melainkan baru dijual di Jepang sejak Juni 2023.

Toyota Alphard AH40 tersebut menggunakan platform TNGA-K (Toyota New Global Architechture) yang merupakan rangka unibody untuk mobil berukuran menengah hingga fullsize. Sebelumnya TNGA-K juga digunakan oleh Toyota Highlander, Camry, dan beberapa mobil lain.

Toyota Alphard Gen-4 mengusung desain yang lebih mewah dengan grille black chrome dengan desain honeycomb 3D, serta lampu utama LED yang terlihat selaras. Tampak samping, ada lekukan bodi yang terlihat seperti gulungan ombak, namun berakhir di garis pintu depan. Desain belakangnya juga terlihat lebih menarik dengan aksen lampu yang cukup atraktif.

Bagian interior Alphard 2023 juga dibuat lebih nyaman. Jarak antara jok baris pertama dan baris kedua bertambah 5 mm, begitu juga dengan baris ketiga yang lebih panjang 10 mm.

Kemudian di langit-langit penumpang baris kedua ada Super-Long Overhead Console yang memiliki banyak tombol pengaturan untuk kenyamanan. Hadir pula dua moonroof di kiri dan kanan untuk masing-masing orang yang duduk di jok baris kedua. Istimewa!

Soal mesin, Alphard AH40 memiliki opsi bensin 2.500 cc 2AR-FE dan hybrid A25A-FXS 2.500 cc. Mesin hibridanya bisa menghasilkan tenaga hingga 250 PS, lalu yang tidak kalah istimewa adalah konsumsi BBM jadi semakin hemat, tembus 17,5 km/liter.

Kapan Toyota Alphard Gen-4 hadir di Indonesia? Sampai sekarang belum ada informasi resmi. Walau begitu prediksi kami, cepat atau lambat pasti masuk Tanah Air, karena memang banyak peminatnya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sejarah Toyota Alphard secara global. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika