oleh

Sejarah Toyota Camry di Indonesia, Sedan Mewah Idaman

Bicara sejarah Toyota Camry di Indonesia memang tidak akan sepanjang cerita mobil Jepang lainnya. Karena sedan kelas menengah ini baru hadir di Indonesia setelah berakhirnya pemerintahan orde baru, yakni di tahun 1999.

Selanjutnya sejarah mencatat Toyota Camry baru digunakan sebagai mobil pemerintahan Indonesia pada era masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun jika bicara pengalaman di industri roda empat, nama Toyota Camry bukanlah pemain baru. Toyota Camry sudah ada di Jepang sejak tahun 1982. Model ini terbilang sukses, hingga Toyota melanjutkan merilis Camry generasi ke dua di tahun 1986.

Lalu lanjut ke generasi ketiga di tahun 1991 sampai periode tahun 1996. Saat itu (geneasi ke-3) Toyota Camry sudah memiliki tiga pilihan mesin 1.8 L, 2.0 L dan 2.2 L.

Toyota Camry XV20 yang Pertama Masuk Indonesia

Sejarah toyota camry
Toyota Camry Generasi ke-4 awali debut pertama di Indonesia.

Sejarah Toyota Camry di Indonesia sendiri, dimulai pada generasi ke-4 yang didatangkan pada tahun 1999. Saat itu PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali memasukkan Camry XV20 ke Indonesia untuk menggantikan  Corona yang telah habis masa produksi.

Toyota Camry saat itu dipasarkan dalam dua pilihan mesin yaitu 2.2 L transmisi manual dan V6 3.0 L otomatis.

Toyota Camry XV30 Generasi ke-5

Sejarah Toyota Camry
Camry generasi ke-5 di Indonesia hadir dengan pilihan dua konfigurasi mesin 2.4 G dan 3.0 V.

Selanjutnya Indonesia kedatangan Toyota Camry XV30 generasi ke-5 pada tahun 2002. Sedan mewah Camry ini telah mengusung mesin baru 2AZ-FE VVT-i 4 silinder sebagai pengganti mesin lama yang berkonfigurasi 2.2 L.

Baca juga  Apa Kelebihan BMW 6 GT M Sport? Sedan Rp1,5 Miliar

Camry generasi ke-5 hadir dengan pilihan dua konfigurasi mesin 2.4 G dan 3.0 V.

Toyota Camry XV40, Mobil Menteri Era SBY 

Sejarah Toyoya Camry

Generasi ke-6 melengkapi perjalanan sejarah Toyota Camry di Indonesia. Unit ini meluncur pada tahun 2006, yang didatangkan langsung sebagai kendaraan buildup oleh TAM.

Nuansa mewah pada sedan ini pun semakin  kental, terlebih untuk pasar Indonesia hadir Camry Camry 3.5 Q sebagai varian teratas.

Unit ini melengkapi pilihan mesin sebelumnya yang telah ada yakni 2.4 G dan 2.4 V.

Di Indonesia Toyota Camry generasi keenam atau XV40 identik dengan mobil menteri atau pejabat-pejabat tinggi perusahaan. Terutama ketika di era Menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid I masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memakai mobil dinas jenis Toyota Camry.

Toyota Camry XV50 Generasi ke-7, Ada Versi Hybrid

sejarah toyota camry - xv50
Sosok Camry XV50

Toyota Camry XV50 meluncur pada 2012. Generasi ke-7 hadir di Indonesia. Sedan ini memiliki tiga varian, 2.5L Hybrid AT, 2.5L V AT dan 2.5L G AT.

Bisa dikatakan untuk versi hybrid, inilah sedan hybrid pertama di Tanah Air. Ciri khasnya ada logo Toyota warna biru di grille. Lalu bagian belakang juga tampak tulisan hybrid.

Kabin penumpang dilengkapai dengan 2 Din Audio Video Navi dengan 8 green edge speakers. Tak hanya itu, unit baru ini dilengkapi dengan rear set controller yang, rear seat relaxation system dengan 3 zone air conditioner.

Baca juga  Panduan Modifikasi Agya, Ganti pelek Sudah Cukup?

Camry Hybrid mengusung mesin 2-AR berkapasitas 2.5 L berteknologi hybrid synergy drive yang membuat produk ini lebih ramah lingkungan. Toyota mengklaim, mobil ini lebih hemat BBM hingga 24% dan ini adalah teknologi hybrid pertama di Indonesia.

Fakta menariknya waktu itu Camry Hybrid dibandrol lebih murah Rp 35 juta di banding model lainnya, yakni Rp 635 juta.

Versi Facelift Keen Look 2015

Sejarah Toyota Camry di Indonesia
Toyota Camry XV50 versi facelift

Kemudian Camry XV50 mendapat facelift pada 2015. Di sisi eksterior, New Camry mendapat sentuhan Keen Look sehingga lebih dinamis. Tampak depan mengadopsi bahasa desain Toyota global dengan “kumis”. Sementara di bagian belakang buritan lebih manis dengan lampu yang menyipit.

Interior tampil lebih mewah dengan ornamen warna yang memberi kesan prestisius. Wood panel dan wood cluster direvisi guna menghadirkan informasi yang disajikan.

Fitur baru terletak pada penambahan wireless charger serta audio system dengan 10 speaker.

Sistem keamanan turut ditingkatkan. Tipe H dan V dibekali kantung udara Dual, Side, Curtain, Knee dan TB airbag. Sementara tipe V dan G dilengkapi Dual and Side airbags.

Fitur tersebut diklaim membuat New Camry sebagai sedan kelas menengah dengan fitur keamanan paling lengkap.

Toyota Camry XV70

Sejarah Toyota Camry di Indonesia
Camry terbaru yang dipasarkan saat ini

Generasi ke-8 Toyota Camry di Indonesia mendapatkan pengembangan terbaru. Mobil mewah ini meluncur pada 2019, berdesain semakin agresif, ditunjang dengan penggunaan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA), dan  performa yang lebih menjanjikan.

Baca juga  Hasil Survey: Toyota Avanza Jadi MPV Favorit 2022

Varian G dan V masih menggunakan mesin lama bekode 2AR-FE, namun ada ubahan pada knalpot yang kini menggunakan 2 tail-pipe untuk pembuangan yang lebih baik.

Ubahan lainnya yang diberikan Toyota untuk Camry XV70 ini dari generasi sebelumnya adalah pada sisi interior. Khususnya pada bagian fitur entertainment dan safety-nya yang sudah mendapatkan bintang 5 dalam pengetasan Japan NCAP.

Anton Jimmi Suwandi, selaku Marketing Director TAM waktu itu mengatakan Camry 2019 alias generasi terbaru ini memiliki tampilan dan dimensi berubah lebih aerodinamis, lebih rendah. “Hybrid-nya adalah generasi 4 terbaru dan performanya juga lebih bagus,” kata Anton kala itu.

Sementara untuk varian mobil Hybrid-nya, Toyota All New Camry menggunakan mesin terbaru dengan kode A25A-FXS dengan pengembangan utama di dual VVT-iE, yang mana sisi intake diatur secara elektronik.

Selain itu, mobil Camry Hybrid XV70 memiliki sistem transmisi otomatis CVT. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 178 PS per 5.700 RPM dengan torsi hingga 20.6 Kgm (bahan bakar elektrik) dan 22.5 Kgm (bahan bakar bensin) per 3.600 – 5.200 RPM.

Demikian ulasan terkait sejarah Toyota Camry di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru