Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sejarah Toyota Vios dari Generasi ke Generasi, Eksis Terus 20 Tahun!

by Tigor Sihombing

Sejarah Toyota Vios dari generasi ke generasi menarik untuk disimak. Bagaimana tidak, sedan termurah pabrikan mobil Toyota ini sudah sukses bertahan di industri roda empat Indonesia sudah 20 tahun lamanya. Dan hingga saat ini Toyota Vios yang sudah masuk Gen-4 masih di pasarkan.

Generasi pertama Toyota Vios bermula di Tanah Air pada 2023. Ketika Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Vios Gen-1 untuk memenangkan pasar sedan kelas entry level yang dikuasai Honda City.

TAM menghadirkan Vios dengan ukuran kompak yang sangat cocok untuk perkotaan. Kehadirannya saat itu juga digadang-gadang sebagai pengganti Toyota Soluna yang sudah disuntik mati. Hingga akhirnya bertahan, dari Vios Gen-1, 2, 3, hingga 4.

Keandalan Toyota Vios juga dibuktikan, lantaran mobil ini telah menjadi armada taksi hingga sekarang. Hanya saja yang digunakan sebagai taksi bertahan hingga Gen-3. Sementara masuk ke Vios Gen-4 sudah tidak lagi, bahkan produksinya juga tidak lagi di Indonesia sejak pertengahan 2022.

Mau tahu lebih detail soal perbedaan mobil Vios Gen-1,2,3, dan 4? Untuk lebih lengkapnya, berikut kami sampikan perjalanan lengkap sejarah Toyota Vios dari generasi ke generasi. Berikut ulasannya:

Toyota Vios Generasi Pertama Muncul Tahun 2003

sejarah Toyota Vios

Vios merupakan sedan termurah Toyota penerus Soluna. Mobil ini bersaing ketat dengan Suzuki baleno Next-G dan Honda City.

Sejarah Toyota Vios bermula pada kemunculannya di tahun 2003. Menurut data resmi Toyota, sedan ini mengusung mesin 1.500 cc 1NZ-FE 4 siliner. Saat kehadirannya Toyota Vios langsung mengisi pasar sedan sub compact atau B-segment class.

Di segmentasi ini Toyota Vios Gen-1 bersaing langsung dengan Suzuki Baleno Next-G, selain Honda City.

Dalam hal performa mesin, Toyota Vios generasi pertama mengusung teknologi  DOHC berteknologi VVT-i ini. Mesin Toyota Vios ini mampu menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Kemudian pada tahun 2005, Vios Gen-1 mengalami facelift, perubahan minor pada desain gril (kontur V), lampu sein di spatbor dan interior warna ivory.

Baca juga  7 Masalah Toyota Calya, Waspada Sebelum Beli!

Generasi Kedua Toyota Vios Hadir Tahun 2007

Sejarah Toyota Vios

Toyota Vios generasi kedua memiliki banyak pembenahan di eksterior dan kaki-kaki.

Sejarah Toyota Vios lanjut pada generasi kedua. Model ini eksis dari tahun 2007 hingga 2012. Diperkenalkan pertama kali dengan membawa desain yang lebih modern dibanding Gen-1, terlebih pada fascia dan buritan lampu belakang.

Selain itu Toyota Vios gen-2 memiliki sentuhan pembaruan yang melimpah. Misal dimensi yang lebih panjang 20 mm dan tinggi 25 mm ketimbang generasi sebelumnya. Ini membuat di atas kertas, panjang Vios Gen-2 mencapai 4.300 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.460 mm. Efeknya, interior juga jadi lebih lega.

Pada  jok dan, kaki-kaki dan suspensi, Toyota pun memberi penyempurnaan hingga lebih empuk dan berkualitas di banding versi terdahulunya. Beberapa forum otomotif juga menyebut, generasi Vios ini lebih nyaman digunakan pada jalan bergelombang, pun dengan body roll yang lebih baik.

Fitur safety di sedan kompak Vios juga bertambah dengan sepasang airbag, dilengkapi ABS, EBD dan BA serta collapsible steering column di semua varrian, sayangnya pada roda belakang varian E , tetap mengenakan rem teromol.

Meski mesinnya sama dengan Yaris dan berkode 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc VVT-i 109 dk, Vios generasi kedua telah dilengkapi Intelligent Drive by Wire ETCS- i.

Sistem kerja ETCS-i tanpa hubungan mekanis di pedal gas akan makin hemat BBM dan ramah lingkungan. Selain itu, catalytic converter (CC) membuat sedan Toyota ini sudah laik standar emisi Euro III .

Di tahun 2010 Toyota Vios Gen-2 mengalami facelift lagi. Sedan tersebut menggunakan aksen krom pada grile, desain pelek yang berubah, desain lampu belakang baru, serta lis krom di burutan belakang.

Interior warna beige dengan pola jok yang baru. dan Versi TRD Sportivo hadir dengan membawa tampilan eksterior yang lebih keren. Masa generasi Vios ini berakhir pada 2012.

Toyota Vios Generasi Ketiga Meluncur Tahun 2013

Sejarah Toyota Vios

Sosok Vios generasi ketiga

Perjalanan sejarah Toyota Vios berikutnya lanjut pada generasi tiga yang rilis pada tahun 2013 dan memiliki masa edar hingga tahun 2022. Awal kemunculannya, sedan ini memilki tampilan yang lebih mewah lagi. Baik secara desain dan kelengkapan fiturnya.

Baca juga  Toyota Innova Hybrid G Vs Wuling Almaz Hybrid, Rp 400 Jutaan!

Menariknya, pabrikan berlogo T mulai memproduksi Vios secara lokal di Indonesia pada 2013. Sebelumnya, mobil sedan ini hadir lewat impor dari Thailand.

Toyota Vios Gen-3 mendapatkan perubahan grille dan fascia depan memberikan kesan yang lebih elegan. Ditambah dengan velg 15 inci dan velg 16 inci untuk Toyota All New Limo Vios G dan TRD Sportivo yang menggunakan tampilan yang lebih sporty.

Perbedaan lain yang mencolok pada Vios generasi tiga terbaru adalah dimensinya yang lebih kompak, tapi lebih panjang. Toyota vios generasi ke tiga memiliki panjang  4.410 mm x lebar 1.700 mm x tinggi 1.475 mm. Sedangkan Vios lama atau Gen-2, panjangnya 4.300 mm x lebar 1.700 mm x 1.460 mm.

Di tahun 2016 Toyota Vios Gen-3 di Indonesia mengalami penggantian dapur pacu. Kalau sejak generasi pertama, Vios dibekali mesin 1.500 cc 1NZ-FE, tahun 2018 Vios diperbaharui dengan menggunakan mesin 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i. Dia tas kertas bisa melontarkan torsi 140 Nm dan tenaga 107 PS.

Mesin ini juga dipakai yang juga digunakan oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua dan Toyota Sienta generasi kedua. Kemudian Pada April 2018, Vios mengalami facelift dengan tampilan perubahan yang banyak dan meningkatkan fitur kesalamatan.

Peningkatan fitur keselamatannya yakni airbag sebanyak 7 titik, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, dan Emergency Brake Signal.

Vios Facelift 2018

Sejarah Toyota Vios

Vios terbaru dipasarkan hingga saat ini.

Di tahun 2018, Vios Gen-3 mengalami facelift, perbedaan mencolok ada di dalam kabin yakni mengusung 7 inci HD Display, DVD, koneksi iPod dan ponsel melalui USB, AUX, serta miracast.

Sistem hiburan dilengkapi juga dengan konektivitas internet Weblink, dan kontrol melalui aplikasi ponsel pintar. Di eksterior mobilm ini memiliki front grille dengan garis horizontal berukuran semakin ke atas dan besar. Desain lampu depan ikut membuat tampilan mobil ini terlihat lebih tajam dan sportif.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Vellfire Personel Debu yang Ringsek

Saat ini Vios terbaru memiliki 2 type G dan E. Varian G Type dipasarkan pada harga Rp 270 juta. Ciri khasnya mengandalkan bold front bumper, impresif headlamp, pelektwo tone colors, cutting edge dashboard design, advance audio device dan 7 SRS Airbags.

Sedangkan Vios E Type dibanderol lebih murah pada harga Rp 254 juta. Hanya saja fitur-fiturnya beberapa disunat.

Toyota Vios Gen-4 Pakai Toyota Safety Sense, Hasil Impor Thailand Hadir Tahun 2022

sejarah toyota vios gen-4

Vios generasi keempat tidak diproduksi di Indonesia, melainkan hasil imnpor dari Thailand

Sejarah Toyota Vios berlanjut ke Gen-4 yang masuk Indonesia pada Agustus 2022. Mobil sedan ini mendapat ubahan menyeluruh, mulai dari pakai platform Toyota New Global Architecture (TNGA), mesin baru berkode 2NR-VE, hingga kehadiran fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Hanya saja kehadiran Vios generasi terbaru ini juga menandai berakhirnya produksi sedan di Tanah Air. Pasalnya, Toyota lebih memilih mengimpor utuh (CBU) Vios Gen-4 langsung dari Thailand.

Bicara dimensi, generasi Vios teranyar ini punya panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm. Sementara untuk ukuran rodanya menggunakan 205/50 R17 dan velg 17 inci yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya..

Soal mesin, Vios Gen-4 justru jadi semakin lemah performanya di atas kertas. Kini cuma bisa melontarkan torsi puncak 138 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 106 PS pada 6.000 rpm. Walau demikian, soal konsumsi BBM diklaim lebih irit mencapai 20 km/liter atau lebih baik 3 km/liter dibanding model lama.

Kemudian dengan kehadiran fitur TSS, harga Toyota Vios terbaru jadi melambung tinggi. Per Maret 2023, tembus Rp 368,4 juta (OTR Jakarta) untuk varian G TSS CVT. Kemudian kalau mau yang lebih murah ada Vios G CVT Rp 355,2 juta (OTR Jakarta) dan Vios E Rp 314,9 juta (OTR Jakarta).

Demikian ulasan terkait sejarah Vios dari generasi ke genearasi. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika