by

Selamat Datang Honda City Hatchback 2021

Honda City Hatchback 2021 tidak lama lagi bakal datang ke Indonesia. Isu ini menguat setelah dipertegas pernyataan Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy.

“Produk yang diinginkan itu yang sporty yang begitu melekat di hatchback. Yang pasti kami akan meluncurkan produk hatchback yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” beber Billy saat berbincang dengan Moladin saat acara virtual media gathering pada Senin (18/1/2020).

Mengacu pada penjelasan itu, seakan mengarah kepada sosok Honda City Hatchback 2021. Kehadiran mobil hatchback ini didukung pula oleh kemunculan nama Honda City hatchback di Samsat online DKI Jakarta.

Namun sangat disayangkan, nampaknya Honda City Hatchback 2021 bakal cuma tersedia dalam pilihan mesin 1.5 liter. Setidaknya itulah yang tertulis di laman Samsat Online DKI Jakarta. Padahal sejatinya mobil ini juga memiliki opsi mesin 1.0 liter turbo di Thailand.

Sejalan dengan itu, para pengguna Jazz di Tanah Air kemungkinan bakal berduka. Pasalnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) nampaknya tidak akan meneruskan eksistensi Honda Jazz di Indonesia. Jazz generasi terbaru yang sudah dijual di Jepang dan Singapura pun tidak bakal dijual di sini.

Baca juga  Honda HR-V Hybrid Segera Hadir Untuk Lawan C-HR Hybrid

Alasan terkuat All New Jazz tidak bakal dipasarkan, karena tampilan yang terlalu imut-imut. Padahal tren yang berkembang di Indonesia justru mengarah ke gaya sporty. Dengan kata lain, Honda Jazz asal Jepang itu tidak sesuai dengan karakteristik dan keinginan konsumen di Indonesia.

“Setiap model mobil Honda yang diluncurkan, kami benar-benar pelajari karakter konsumen,” ujar Billy.

Jadi cepat atau lambat, Honda City Hatchback yang bakal hadir di Indonesia. Posisinya tentu bakal merebut tahta Honda Jazz di Tanah Air. Maka dari itu, lewat tulisan ini izinkan kami mengucapkan sayonara Jazz dan selamat datang City Hatchback di negeri garuda.

City Hatchback 2021, Mesin 1.5 Liter Tapi Tenaganya Lebih Baik

honda city hatchback 2021 indonesia
City Hatchback 2021 pakai mesin 1.0 liter turbo untuk pasar Thailand

Sinyal kuat Honda City Hatchback 2021 ke Indonesia nampaknya bakal semakin terbuka lebar. Pasalnya Honda Jazz dipastikan tidak akan masuk ke Indonesia.

Begitu disayangkan, jika mengacu pada pasar Thailand padahal City Hatchback 2021 ditawarkan dalam pilihan mesin 1.0 liter turbo. Di atas kertas, jantung mekanis 3 silinder DOHC itu punya kemampuan luar biasa.

Baca juga  Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2020

Torsi puncak mobil mesin turbo itu tembus 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm dan tenaga maksimal 122 PS pada 5.500 rpm. Namun bila mengacu pada laman Samsat Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta, tertulis Honda City HB 1.5 L.

Dari situ, bisa disimpulkan bahwa Honda City Hatchback Indonesia bakal pakai mesin yang berbeda dibanding Thailand, alias tidak pakai turbo. Memang mau turbo ataupun tidak bukanlah masalah, karena performa mesin 1.5 liter milik Jazz lama sudah cukup baik.

Pertanyaannya, apakah bakal pakai mesin Honda Jazz? Belum tentu, pasalnya di Malaysia ada mesin Honda 1.5 liter pengembangan terbaru yang sudah dilengkapi teknologi DOHC. Efeknya tenaga meningkat 1 hp jadi 121 PS. Sementara untuk torsi masih sama-sama 145 Nm.

Kelebihan lain, performa terbaik mesin tersebut bisa hadir di putaran mesin lebih rendah. Maka bukan tidak mungkin, jantung mekanis anyar tersebutlah yang bakal dipakai City Hatchback Indonesia. 

Lalu kapan mobil ini bakal benar-benar meluncur di Tanah Air? Kemungkinan tidak lama lagi. Mari kita tunggu sama-sama peluncurannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga  Brio Virtual Drift Challenge, Tawarkan Sensasi Ngedrift Via Gawai

Baca juga:

Terbaru