Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Merk Semir Ban Terbaik dan Tanah Lama

by Baghendra Lodra
semir ban terbaik

Semir Ban Terbaik – Setiap komponen kendaraan tentu perlu dirawat. Tujuannya selain memperpanjang usia pakai, juga menunjang penampilan supaya tetap ciamik. Tidak terkecuali ban, yang sayangnya justru sering lupa perawatan.

Maklum komponen ini letaknya di bawah dan paling sering bersentuhan dengan jalanan. Alhasil kalau ban kotor, banyak pemilik motor dan mobil tidak mempermasalahkannya. Padahal ban yang tidak dirawat tidak hanya mengurangi tampilan estetikanya. Bisa juga juga membuat usianya lebih pendek.

Lalu, bagaimana cara merawat ban motor yang tepat? Tidak sulit, kok, kamu cukup rutin memberikan semir ban. Tidak perlu harus ke bengkel, karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan berbagai jenis merek semir yang dijual di pasaran. Kamu bisa menggunakan semir jenis foam, gel, atau spray sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Tips Modifikasi Ban Motor.

Ada hal yang tetap perlu kamu perhatikan sebelum membeli atau menggunakan produk semir untuk ban, yaitu kandungannya. Kamu mungkin akan menemukan semir untuk ban dengan kandungan silikon atau tidak. Nah, sebaiknya pilihlah yang minim mengandung silikon. Mengapa demikian?

Ternyata, produk semir tanpa silikon mengandung lebih banyak air. Ini akan membuat ban lebih lembap, tahan lama, dan tidak mudah menguning. Nah, berikut rekomendasi semir ban terbaik untuk menunjang kecantikan ban motor yang bisa kamu pilih:

1. Auto Dazzling Shine Dressing, Semir Ban Waterbase Terbaik

semir ban terbaik

Semir ban Auto Dazzling, murah dan hasilnya mantap

Auto Dazzling Shine Dressing merupakan salah satu semir ban terbaik untuk ban mobil dan motor. Alasannya karena harga terjangkau, mulai Rp30 ribuan untuk ukuran 100 ml. Meski murah, kualitasnya tidak perlu diragukan.

Keunggulan semir ban auto dazzling shine dressing adalah bisa langsung digunakan tanpa harus menambahkan campuran lain. Hal ini lantaran Auto Dazzling telah mengusung konsep water base. Jadi, menambahkan air hanya akan membuat semir menjadi lebih encer.

Baca juga  4 Macam Oktan Bensin Shell di Indonesia, Mana yang Bagus?

Semir ini berjenis gel, sangat pas untuk menunjang kelembapan ban motor. Alhasil terhindar dari ban retak. Tidak hanya itu, Auto Dazzling Shine Dressing juga mampu melindungi ban dari kotoran dan membuatnya tampak mengilap.

Cara pakainya, kamu cukup kocok terlebih dulu. Kemudian tuangkan Auto Dazzling Shine Dressing ke applicator pad atau kain kering. Lalu usapkan ke bagian sisi ban.

2. Nanotech Pure Tire Gel

semir ban terbaik

Kelebihan Nanotech adalah pakai bahan ramah lingkungan

Semir ban terbaik berikutnya adalah Nanotech Pure Tire Gel. Seperti namanya, terbuat dari kandungan gel dan protectant. Diklaim tidak menggunakan silicon.

Bila kamu menggunakan semir ban ini, efeknya ban langsung terlihat basah (wet look) dan hydrophobic atau antiair. Alhasil semir ini bisa melindungi ban dari pecah-pecah dan mengering karena termakan usia.

Soal harga Nanotech Tire Gel dijual Rp55 ribu untuk kemasan 265 ml. Lebih mahal dibanding semir ban Auto Dazzling Shine Dressing. Hal ini dikarenakan, Nanotech mengklaim menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

3. Sabusa Semir Interior dan Eksterior

semir ban sabusa

Produk Sabusa bisa digunakan untuk komponen interior mobil

Merek semir ban terbaik berikutnya adalah Sabusa Semir Interior dan Eksterior. Tidak hanya bisa dipakai untuk ban motor dan mobil, tapi juga berbagai komponen kendaraan lain. Termasuk bagian dashboard, jok kulit sintetis, mesin, dan lain-lain.

Sabusa tidak menggunakan silicon dan berbentuk cairan. Lantaran bersifat cair, semir ini tidak lengket. Oleh karenanya bisa diaplikasikan di mana saja termasuk interior.

Terkait cara pakai, tidak beda dari semir ban lain. Cukup tuangkan ke applicator pad, kemudian usap. Soal harga, Sabusa Semir Interior dan Eksterior dijual Rp65 ribu untuk ukuran 500 ml.

Baca juga  Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis, Jangan Telat!

4. Kit Black Magic, Semir Ban Terbaik yang Paling Umum Digunakan

Kit Black Magic

Semir ban Kit Black Magic paling umum dipakai oleh pecinta motor dan mobil

Kit Black Magic tentu sudah tidak asing lagi telinga untuk produk semir ban terbaik. Alasannya, produk ini memang sering digunakan untuk membersihkan dan membuat tampilan ban kendaraan jadi lebih mengilap.

Tidak main-main, hasil dari semir ban ini memang sangat sempurna. Maka dari itu, tidak heran jika Kit Black Magic menjadi produk semir yang paling banyak dipilih oleh penunggang motor dan mobil.

Semir Kit Black Magic ada dua jenis: foam dan gel. Kamu bisa pilih salah satunya. Kelebihan foam adalah mudah digunakan, cukup semprotkan ke ban. Sementara gel harus gunakan applicator pad.

Kelebihan lain dari semir ban terbaik ini, bahan aktifnya mampu membuat ban mengilap dengan lama. Alhasil tidak perlu sering-sering menggunakannya. Soal harga, semir ban Kit Black Magic dijual mulai Rp17 ribuan untuk kemasan 200 ml dengan tipe gel.

5. Waxco Auto Tyre Foam

Waxco

Waxco jenisnya foam jadi cukup semprotkan saja langsung ke permukaan ban

Semir ban terbaik selanjutnya, Waxco Auto Tyre Foam. Jenis foam memang banyak disuka, lantaran mampu bekerja lebih cepat dan mudah dalam pengaplikasiannya.

Kamu hanya perlu menyemprotkan semir ini pada ban melalui nozzle yang terletak di atas botol. Tidak perlu lagi bantuan alat aplikator. Sama seperti Kit Black Magic, semir ban merek Waco Auto Tyre Foam ini pun terbilang sudah umum di pasaran.

Ini karena keunggulannya dalam membersihkan dan membuat ban menjadi lebih mengilap dalam waktu singkat. Bahkan, kamu tidak perlu lagi mencuci ban motor terlebih dahulu ketika ingin menggunakannya.

Soal daya tahan, sudah pasti lebih lama karena semir ini memiliki partikel yang mampu terserap sempurna dalam ban. Hanya saja harganya terbilang mahal, Waxco Auto Tyre Foam dijual Rp90 ribuan untuk ukuran 500 ml.

Baca juga  Cara Melacak Motor Hilang, Mudah dan Patut Dicoba!

6. Meguiars Endurance Tire Gel, Semir Ban Terbaik Tapi Mahal

Meguiars endurance tire gel

Produk Meguiars dikenal sebagai semir ban yang terbaik

Meguiars Endurance Tire Gel memang tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu semir ban terbaik. Di dalamnya terdapat formula yang bertahan meski sudah dicuci dan terkena hujan.

Berbentuk gel dengan bahan aktif advanced polymer, semir ini menjamin ban selalu dalam keadaan mengilap. Kemudian mampu melindungi dari sinar UV dan ban pecah-pecah.

Harga semir ban Meguiars Endurance Tire Gel mulai dari Rp195 ribu untuk ukuran 700 gram. Mahal memang.

7. 3M Tire Restorer

3m tire restorer

Produk keluaran 3m juga bisa jadi rekomendasi terbaik untuk kamu

Semir ban terbaik yang terakhir adalah 3M Tire Restorer. Istimewa lantaran diklaim mampu mengembalikan ban yang sudah pudar jadi hitam kembali. Selain itu, semir ban ini juga tidak merusak cat pelek.

Cara pakainya terbilang sangat mudah. Kamu cukup tuangkan semir 3M Tire Restorer ke applicator pad, kemudian usap sampai merata. Menariknya lagi semir ini bisa digunakan ke komponen berbahan karet lain yang berwarna hitam. Sebut aja molding dan trim.

Bila kamu tertarik memilikinya, harga semir ban terbaik 3M Tire Restorer mulai Rp35 ribu untuk ukuran 350 ml

Nah, itu tadi 7 merek semir ban terbaik yang bisa kamu pilih untuk membuat karet bundar tampak lebih bersih dan mengilap. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 10 Tanda Ban Motor Harus Diganti!

Salah satu yang perlu diperhatikan saat memakai semir ban di mobil atau motor, kamu harus usapkan di sisi ban. Jangan sampai bagian tapak ban juga kena semir. Hal itu justru bisa membuat ban jadi licin, bahkan berpotensi membuat celaka.

Dengan melakukan semir ban dengan teknik yang benar, maka anda pun serasa memiliki Motor Baru ataupun Mobil Baru ya!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika