by

Sejarah Sepeda Motor Toyota, Singkat Namun Membekas

Masih banyak yang belum mengetahui, bahwa Toyota juga pernah memproduksi sepeda motor. Pengembangan sepeda motor Toyota sendiri dilakukan sejak era tahun 40-an.

Kala itu bahkan sepeda motor Toyota bisa disandingkan dengan motor-motor asal Jepang lainnya, seperti Honda dan Suzuki yang hingga kini masih berkiprah di segmen roda dua secara global.

Namun sayang, menggarap segmen roda dua bagi Toyota tidak berlangsung lama. Karena pabrikan asal Jepang itu lebih berfokus menggarap segmen roda empat.

Sedikit mundur ke belakang, pengembangan sepeda motor Toyota dilakukan pada tahun 1949. Saat itu, sepeda motor jenama asal Jepang itu dipasarkan untuk Negeri Sakura. Tidak menggunakan nama Toyota, melainkan Toyo Motors.

Sepeda motor Toyota baru berhenti dipasarkan pada tahun 1960. Kehadiran sepeda motor Toyota pun cenderung cukup panjang dan berliku.

Buat kalian yang penasaran dengan sejarah sepeda motor Toyota, berikut ulasan lengkapnya:

Motor Toyota Sejak 1949 hingga 1960

Toyo Motors, sepeda motor Toyota yang dijual pada tahun 1949 hingga era tahun 60-an
Toyo Motors, sepeda motor Toyota yang dijual pada tahun 1949 hingga era tahun 60-an

Perjalanan sepeda motor lansiran Toyota atau yang dikenal dengan Toyo Motors tak lepas dari sosok Kazuo Kawamata. Ia diketahui telah berkecimpung di dunia mesin kendaraan bermotor sejak usia 20 tahun.

Kazuo Kawamata sendiri telah bekerja paruh waktu di Toyota Motor Research Laboratory sejak tahun 1942. Kala itu Toyota masih dibawah kepemimpinan Kiichiro Toyoda.

Berada di bawah departemen pengembangan alias riset Toyota, Kawamata mengemban tugas untuk melakukan pengembangan mesin yang bisa digunakan di sepeda. Di tahun-tahun ini, juga pengembangan terbilang cukup sulit.

Pasalnya bersamaan dengan perang dunia pertama yang sedang berlangsung, dan Jepang juga sedang terlibat peperangan. Usai perang dunia ke-2, kebutuhan masyarakat Jepang akan alat transportasi andal, namun tetap irit dalam hal bahan bakar meningkat.

Kondisi ini selanjutnya mendorong Kazuo mendirikan perusahaan Toyo Motors pada rentang tahun 1949. Perusahaan itu berada di bawah payung Toyota selaku induk perusahaan.

Pengembangan dilakukan sejak saat itu, hingga akhirnya sepeda motor Toyota mulai dijual pada tahun 1952. Sejatinya sepeda motor lansiran Toyota mendapatkan sambutan baik konsumen.

Pada tahun pertama, penjualan Toyo Motors bahkan mampu menembus angka 10 ribu unit per tahun. Torehan itu cukup baik, jika mengacu kondisi saat itu pasca perang.

Sangat disayangkan, Toyo Motors perjalanannya tak berlangsung lama. Karena pabrikan harus gulung tikar pada tahun 1960.

Hingga kini, belum diketahui informasi mengenai alasan bangkrutnya Toyo Motors. Kuat dugaan, tutupnya divisi sepeda motor Toyota karena mengalami beragam kendala, termasuk dalam pengembangan produk.

Sebagai acuan, dua tahun sebelum Toyo Motors ‘bungkus’ di pasar roda dua. Honda merilis sepeda motor pertama mereka di tahun 1958.

Model itu jadi cikal bakal bisnis sepeda motor Honda hingga saat ini. Termasuk sepeda motor yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Gimana sekarang sudah tahukan sejarah sepeda motor Toyota?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian, dan menambah wawasan kalian mengenai dunia otomotif secara global.

Baca juga:

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Terbaru