by

Serba-Serbi Spare Part Motor Retro dan Tips Mencarinya

Spare Part Motor Retro – Naik motor bergaya retro memang punya kelas tersendiri. Apalagi untuk punya, sekarang tidaklah sulit. Banyak pabrikan menjual motor retro dalam kondisi baru.

Contoh motor retro produksi anyar, seperti: Yamaha XSR 155, Kawasaki W175, Benelli Patagoinan Eagle, dan masih banyak lagi. Meski demikian, motor retro yang benar-benar klasik tetap menarik untuk dipunya.

Terlebih bagi para pencinta kuda besi, membangun motor retro juga jadi hal yang asyik dilakukan. Selain bisa dinikmati hasilnya, juga dapat dipamerkan ke sesama pecinta motor.

Walau sekarang banyak motor retro produksi baru, namun rasanya tetap beda kalau memiliki kuda besi dari zaman dulu. Tidak mudah memang. Pasalnya bangun motor retro butuh kesabaran lebih. Apalagi untuk mencari spare partnya.

Di samping tidak ada patokan harga, spare part motor bekas juga lebih sulit didapatkan. Sulit, tapi bukan berarti tidak bisa diperoleh. Kamu cuma butuh tips dan triknya.

Mau tahu cara dapat spare part motor retro dengan mudah? Simak bahasan berikut:

Cari Spare Part Motor Retro, Langsung ke Bengkel

Perbedaan Vespa Super dan Sprint 001
Vespa merupakan salah satu motor tua yang masih digemari

Kalau kamu mau merestorasi atau modifikasi, bisa cari spare part motor retro langsung ke bengkel. Sejumlah bengkel memiliki spesialisasi mengurus motor-motor tua.

Baca Juga: 5 Modifikasi Motor Legenda dan Astrea Grand Terunik

Untuk wilayah sekitar Jakarta, berikut rekomendasi bengkel yang bisa kamu kunjungi:

Classic Point

spare part motor retro
Classic Point menawarkan modifikasi ala Jap Style, Scrambler, dan lain-lain untuk motor retro

Salah satunya Classic Point yang ada di daerah Pondok Ranji, Bintaro, Tangerang Selatan. Bengkel yang berdiri 2007 ini fokus ke modifikasi motor klasik. Mereka juga menyediakan spare part untuk modifikasinya

Mulai dari rangka, headlamp, tangki, dan jok. Masing-masing dibanderol dengan harga yang bervariasi. Headlamp sendiri punya banderol yang beragam, seperti model Jute dibanderol Rp 150 ribu hingga 250 ribu. Lampu utama model grill jaring kotak hitam bening dibanderol 150 ribu.

Tetapi kalau lampu utama LED dibanderol mulai Rp 650 ribu hingga 1 juta, tergantung jenis dan jumlah LED-nya. Untuk tangki juga bervariasi, yang masih mentah belum dicat dibanderol mulai Rp 250 ribu hingga Rp 450 ribu. Tangki yang sudah dicat dibanderol Rp 650 ribu.

Classic Point juga tawarkan paket spaer part untuk motor tertentu. Misalnya untuk CB, kisarannya Rp5 jutaan. “Untuk membuat CB mengikuti kemauan customer, karena tergantung mesin yang dipakai. Ada Honda Tiger, Honda MegaPro, GL, atau lainnya, kata Chandra selaku salah satu punggawa Classic Point.

Baca juga  Cara Melacak Motor Hilang, Mudah dan Patut Dicoba!

Baca juga:

MR Classic

spare part motor tua
Bengkel ini seperti one stop shopping untuk motor retro

Untuk mendapatkan spare part motor retro, kamu boleh sambangi Mr Classic. Bengkel ini punya empat cabang di Jabodetabek. Kamu boleh mengunjungi salah satunya.

  • Tangerang Selatan – Jl. WR. Supratman No. 8A, Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan
  • Jakarta Selatan – JL. Lenteng Agung Raya No.71, Jagakarsa
  • Bogor – Jl. Mayjen Ishak Djuarsa No. 16, Rt. 01 Rw. 11, Kel. Loji
  • Depok – JL. Raya Bogor No. 5, KM 31, Cimanggis

Selain dapat mencari spare part motor klasik, kamu juga bisa melakukan modifikasi. Produk-produk aksesori dan spare part yang dijual pun cukup lengkap.

Kisaran harganya termasuk terjangkau. Seperti batok lampu dijual dengan harga mulai Rp 110.000 hingga Rp 800.000, rangka belakang dilego di kisaran harga Rp 35.000-75.000.  

Sementara untuk jok, harga juga beragam mulai Rp 150 ribu hingga Rp 200.000. Jok  dibanderol harga Rp 170 ribu hingga Rp. 250 ribu tergantung bahan kulit dan bentuknya.

Aerospeed 74

spare part motor retro
Fokus Aerospeed ke semua motor retro, tapi lebih banyak sport dan motor gede

Bengkel satu ini, terletak di Jl. Deplu Raya No.74, Jakarta Selatan. Segala macam kuda besi klasik diterima di sini: bebek, sport, sampai motor gede sekalipun. 

Baca juga  7 Penyebab Mesin Ngebul Yang Harus Kamu Waspadai

Pelayanannya juga menyeluruh. Kamu mau melakukan pengecatan, betulkan kelistrikan, sampai reparasi mesin, Aerospeed 74 mampu melakukannya. 

Bengkel Aerospeed 74 menyediakan pula spare part motor tua. Mereka pun dapat melakukan custom. Kalau memang kamu mencari spare part orisinal, dapat dicarikan lewat situs jual beli internasional Ebay.

Baraya Classic Motorcycle

spare part motor retro
Kalau kamu punya motor klasik keluaran Eropa, bisa cari spare part di sini

Kalau kamu ingin fokus mencari spare part motor klasik produksi Eropa, bisa kunjungi Baraya Classic Motorcycle. Mereka biasa menangani merek seperti: Birmingham Small Arm (BSA), Norton, Ariel, Jawa, DKW, dan BMW.

Di samping bisa melakukan perbaikan mesin, merombak tampilan jadi seperti baru juga bukan masalah. Baraya Classic Motorcycle juga kerap menghadirkan spare part motor retro asal Eropa dari luar negeri.

Jadi, kalau kamu ingin titip beli. Langsung saja datang ke bengkel ini. Lokasinya ada di Jl. Pengasinan Raya, Bekasi, Jawa Barat.

Cari Spare Part Motor Retro Via Online

suzuki-rc-100-2002-mothai
Mulai dari E-Commerce, Kaskus, sampai forum Facebook wajib kamu sambangi

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencari spare part motor retro, dengan berselancar di dunia maya. Kamu bisa mengikuti berbagai forum jual beli. Dapat pula cek toko online yang ada di Indonesia.

Toko Online

Mulailah dari e-commerce besar seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee. Belanja onderdil motor tua di sana seharusnya lebih aman. Mereka memiliki sistem yang memastikan penjual dan pembeli nyaman dalam bertranskasi.

Cara mencari spare part di laman e-commerce juga cukup mudah. Kamu cukup ke fitur pencarian. Selanjutnya ketik spare part yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk melihat rating. Cek juga kolom komentar di lapak tersebut.

Kalau memang ternyata banyak yang komentar negatif, sebaiknya cari lapak lain.

Fan Page Facebook dan Forum Kaskus

Cari spare part motor retro di Facebook juga tidak sulit. Kamu cukup klik di fitur pencarian, kemudian ketik motor tua atau motor klasik. Maka fan page untuk pencarian yang dimaksud bakal keluar.

Baca juga  5 Cara Bayar E-Tilang Agar Tidak Bingung

Bisa pula kamu langsung mencari spesifik dengan menuliskan motor tua yang kamu inginkan. Misal Honda CB 100, Binter Merzy, Vespa Super, dan lain-lain.

Forum kaskus juga masih jadi rujukan untuk mencari spare part motor retro. Jangan ragu-ragu bertanya atau menuliskan komentar, supaya kamu bisa mendapat onderdil yang benar-benar diinginkan

Berburu Spare Part Motor Retro Kuncinya Sabar

spare part motor retro
Untuk mengembalikan wujud motor retro ke semula memang tidak mudah, butuh waktu dan biaya

Berburu offline dan online memang perlu kamu lakukan, bila ingin mendapat onderdil untuk motor klasik kamu. Pasalnya, spare part tersebut  tidak mudah dicari. Terlebih karena sudah tidak ada pabrikan yang memproduksi.

Sebagai gambaran, kami pernah mewawancarai Byon salah satu anggota komunitas C’duck Astrea. Di dalam komunitas tersebut berisi para pecinta motor Astrea lawas.

Byon mengaku membeli motor Astrea Prima keluaran 1989, harganya cuma Rp4,5 juta. Sangat murah memang, namun kerusakannya sangat banyak. Kemudian dia memperbaiki dengan sabar, selama kurang lebih 3 tahun hingga hasilnya sangat istimewa. Full Restorasi.

Astrea Prima 1989 milik Byon tampak seperti baru. Bahkan dia mengatakan, biaya restorasinya mencapai puluhan juga. “Sudah ada yang nawar mas, Rp22 juta. Tapi tidak dilepas karena biaya restorasinya saja belum nutup,” katanya.

Dari komunitas C’duck itulah, dia mendapat banyak referensi spare part motor tua. 

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Terbaru