Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Servis Motor Secara Berkala, Penting Nggak?

by Jinny
Tune Up Motor

Sebagai bikers tentu dari kita sering bertanya-tanya sebenarnya penting nggak sih melakukan servis motor secara berkala agar kondisinya tetap prima untuk digunakan sehari-hari? Sebagian bikers di Moladin menjawab penting untuk melakukan servis motor secara berkala, sebagian lagi menjawab tidak terlalu pentin melakukan servis secara berkala.

Pertanyaan soal servis motor secara berkala ini dilayangkan salah satu bikers di forum MOLADIN bernama Ryu, salah seorang member di Tangerang R15 Owner (TROW) yang bertanya:

“Lebih penting mana servis motor atau ganti oli secara berkala?”

Jinny menyarankan baiknya kamu melakukan servis motor secara berkala? Kenapa? Ada beberapa alasan mengapa bro bikers di rumah harus melakukannya. Ini dia 5 alasannya! Gasssss….

[product product=”Yamaha Fino 125 Grande” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Fino_125_Grande_2067_72610_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-fino-125-grande-matic-air-cooled-4-stroke-sohc-125cc?utm_source=yamaha_fino_125_grande&utm_medium=blog_servicemotorberkala_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_fino_125_grande” price=”Rp. 600.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Motor Bro Jadi Lebih Hemat Konsumsi Bahan Bakar

bahan bakar jadi hemat

Lewat servis motor secara berkala, kondisi motor tetap terjaga sehingga konsumsi bahan bakar motor bro jadi lebih irit dibandingkan dengan motor yang tidak pernah diservis secara rutin. Servis berkala membuat ruang bakar dan komponen bensin motor bro dapat menjaga pembakaran bahan bakar tetap maksimal. Jika pembakarannya maksimal, maka otomatis penggunaan bensin pun jadi lebih irit.

Performa Motor Tetap Maksimal

performa maksimal

Seiring pemakaian motor yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, akan ada komponen yang mengalami keausan atau penurunan fungsi bro… Contohnya kayak kampas rem yang semakin tipis, saringan udara yang jadi kotor dan tersumbat, dan lainnya. Nah, kalau bro bawa motor bro ke bengkel buat servis motor secara berkala, maka komponen yang rusak dan mengaami gangguan akan diperbaiki dan fungsinya bisa normal lagi. Performa motor jadi tetap alus dan nyaman digunakan.. Jadi bisa gaspooool!

Baca juga  Kini Bisa Cari Lokasi Bengkel Terdekat Lewat Moladin Lho!

Servis Motor Secara Berkala, Bikin Motor Jadi Lebih Aman

motor lebih aman

Servis motor secara berkala gunanaya untuk mengetahui keadaan motor secara menyeluruh, apakah motor bro bikers aman digunakan atau tidak. Jika sudah ada bagian yang tidak layak, maka akan dilakukan penggantian oleh montirnya bro! Motor jadi tetap aman dan nyaman digunakan pastinya!

Motor Jadi Lebih Awet dan Nggak Gampang Rusak Bro

[product product=”Yamaha Vixion All New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Vixion_All_New_2076_73440_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-vixion-all-new-naked-liquid-cooled-4-stroke-sohc-150cc?utm_source=yamaha_vixion_all_new&utm_medium=blog_servicemotorberkala_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_vixion_all_new” price=”Rp. 1.100.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Umur motor bro jadi lebih lama  jika sering dirawat. Resiko timbul kerusakan berat pun bisa dihindari agar tidak memakan biaya yang besar ketika harus di bengkel. Daripada mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk sekali perawatan, lebih baik melakukan perawatan rutin dengan biaya yang jauh lebih hemat bro. Masuk akal kan bro?

Meninggikan Harga Jual Motor

Kondisi mesin dan rangka body motor yang terawat menjamin kinerja motor selalu optimal sheingga ketika dijual, orang pun tidak ragu membelinya karena kondisi motor yang sangat bagus dan terawat. Apalagi jika motor tersebut tidak mengalami kerusakan satupun. Ketika calon pembeli motor merasakan kenyamanan saat pertama kali melakukan tester, Pembeli tidak akan ragu, bahkan jika bro memasang dengan harga tinggi sekalipun. Percaya deh broo!

Baca juga  Mesin Juga Butuh Adaptasi, Begini Inreyen Motor Baru yang Benar!

Jawaban bro bikers di FORUM MOLADIN pun mengatakan bahwa servis motor secara berkala itu penting dilakukan. Pendapat tentang servis motor ini dilayangkan oleh 2 bro bikers di Moladin, siapa saja mereka?

“Dua-duanya penting ga, harus diimbangin ga boleh satu-satu gitu. Mencegah sesuatu yang tidak diinginkan,” – Maulana Arriri R, member di Xabre Owners Bekasi Raya

“Sama-sama penting bro tapi kalau servis bisa 2 bulan 1 kali tapi kalau oli lebih baik gantinya per 1.500 kilometer biar mesin tetap awet dan stabil,” – Gunawan Tampubolon, member di Xabre Owners Bekasi Raya

Apa Saja yang Dicek Saat Melakukan Servis Rutin?

Biasanya, hal-hal yang diperiksa oleh teknisi saat melakukan pengecekan rutin adalah busi, pembersihan karburator, cek kekencangan rantai, ganti oli, pembersihan injektor, pembersihan karburator, dan masih banyak lagi. Pastikan motor bro ditangani oleh montir yang berpengalaman ya bro, kalau bis di bengkel resmi bro! Kalau salah montir, bisa-bisa motor bro bukannya mulus malah ancur bro!

Lalu, terkait penting mana antara servis motor secara berkala dan ganti oli secara berkala? Jawaban dari Jinny sih penting bro karena selain lima alasan di atas, alasan untuk ganti oli secara berkala adalah karena di dalam motor ada berbagai macam komponen yang bekerja agar satu unit motor dapat bekerja dengan maksimal. Fungsi utama oli atau pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung antar komponen.

Baca juga  Kemenperin Pasok Ratusan SDM Kompeten di Industri Otomotif

Fungsi utama oli juga menjaga komponen agar tidak mudah aus dan membuatnya selalu tetap dalam keadaan awet. Anjuran penggantian oli mesin yakni ketika motor sudah mencapai 1.500 sampai 4.000 kilometer.

Sekian tips dari Jinny, semoga bermanfaat broo..! Kalau mantap, boleh-lah di share bro!

[product product=”Yamaha Vixion R” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Vixion_R_5241_76693_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-vixion-r-naked-liquid-cooled-4-stroke-sohc-4-valve-vva-155ccutm_source=yamaha_vixion_r&utm_medium=blog_servicemotorberkala_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_vixion_r” price=”Rp. 1.200.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Kalau bro bikers pengen bertanya apapun soal keluhan tentang motormu, gampang kok caranya, dijamin nggak pake ribet! Bro gabung aja langsung di FORUM MOLADIN

Kalau belum punya aplikasinya, download dulu dimari bro https://goo.gl/JZMwa4

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika