by

Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Mobil Putih, Mudah!

Pemilihan warna mobil terutama warna putih, memang menjadi tren dalam waktu belakangan ini. Untuk tetap memberikan kualitas yang baik pada visualnya, berikut cara menghilangkan noda kuning pada mobil putih yang kerap dialami oleh pemilik mobil.

Penggunaan warna putih memang bisa dikatakan menjadi warna yang paling favorit. Selain bisa terlihat lebih premium dan elegan, pemilihan warna tersebut juga dikarenakan guna menampilkan aura yang bersih dan lebih fresh untuk segala kondisi.

Bahkan, banyak public figure serta pejabat di Indonesia, acapkali menggunakan warna putih sebagai bawaan mobil pilihan mereka. Biasanya, pemilihan warna tersebut dimaksudkan untuk memancarkan aura yang lebih berkelas dibandingkan warna lainnya.

Namun, ada beberapa kelemahan jika kamu memilih warna putih sebagai warna pilihan pada mobil. Selain akan terlihat lebih cepat kotor, biasanya ada juga masalah yang sering dialami oleh pemilik mobil berwarna putih karena ada noda kuning di beberapa titik.

Jika sudah ada noda kuning, tampilan mobil tidak hanya menjadi kusam. Tetapi, dengan adanya noda tersebut akan membuat tampilan mobil tidak lagi fresh. Tapi kamu jangan khawatir, karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi cara menghilangkan noda kuning pada mobil putih.

Salah satu yang bisa menghilangkan noda kuning pada mobil putih adalah menggunakan metode wax. Atau, kamu bisa menggunakan beberapa cairan pembersih yang sudah sangat dikenal di pasaran.

Baca juga  13 Arti Mimpi Naik Mobil, Pertanda Baik atau Buruk?

Adapun beberapa produk tersebut antara lain adalah Meguiar’s, Turtle Wax, atau produk lainnya yang bisa menghilangkan noda kuning. Namun, sebelum menggunakan produk ini, mobil harus terlebih dahulu dicuci dan dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel.

Penyebab Cat Mobil Putih Jadi Menguning

cat mobil putih jadi menguning
Sinar matahari bisa membuat cat mobil putih jadi kusam dan menguning

Setidaknya ada beberapa penyebab yang menjadikan warna cat putih menguning pada mobil kamu. Biasanya, hal ini disebabkan karena penggunaan mobil secara harian yang terpapar sinar matahari serta kurangnya perawatan terhadap warna tersebut.

“Ya paling banyak penyebab cat mobil putih jadi kuning karena paparan sinar matahari. Apalagi, pemilik mobil tersebut tidak menggunakan atap pada garasi, atau memarkirkan mobil di area terbuka yang langsung terkena matahari dan hujan. Ini yang akan menjadi penyebab utama mobil putih jadi menguning, ujar Hari, detailer Polishgang Detailing, Jakarta.

Untuk tetap memberikan warna yang berkualitas bagus, maka pemilik mobil juga harus melakukan perawatan terhadap hal tersebut. Disarankan setidaknya, dalam waktu enam bulan, mobil dipoles dengan menggunakan wax untuk mobil putih.

Hal ini memang bisa menjadi penangkal atau mencegah warna kusam pada mobil. Apalagi kalau penggunaan mobil tersebut digunakan setiap hari dalam mobilitas di siang hari. Perawatan yang dilakukan pun beragam, mulai dari melakukan wax atau menggunakan jasa detailer agar warna putih tetap berkilau dan maksimal.

Baca juga  Kenali Fungsi Thermostat Mobil dan Ciri Kerusakannya

“Ya paling tidak, mobil dipoles menggunakan wax atau pakai coating. Tapi kalau wax kan basic banget. Bisa juga supaya cat putih mobil tidak menguning, hal ini dilakukan dalam enam bulan sekali,” tambah Hari yang sering melakukan poles kendaraan ini.

Cara Perawatan Mobil Putih

Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Mobil Putih
Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Mobil Putih

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kualitas warna mobil dengan warna putih. Namun, salah satu cara merawat mobil putih agar tidak menguning adalah tidak memarkirkan kendaraan di bawah sinar paparan matahari langsung dalam waktu yang terlalu sering dan terlalu lama.

Kalaupun harus memarkirkan kendaraan tanpa atap yang terkena sinar matahari langsung, sebaiknya mobil tesebut juga dilapisi dengan menggunakan cover mobil. Tentnunya penggunaan cover mobil bisa menjadi salah satunya agar cat mobil putih tidak cepat menguning.

Lantas, jika mobil kamu sudah mengalami noda kuning, segera lakukan perawatan dengan mendatangi salon kecantikan mobil. Beberapa tempat detailing saat ini sudah memiliki obat ganteng untuk membebaskan mobil kamu dari noda kuning.

Treatment yang biasanya dilakukan tidak serta merta langsung hilang. Tapi untuk menghilangkan noda tersebut, harus dilakukan dalam beberapa tahapan. Untuk penanganan mobil yang mengalami transformasi warna dari putih ke kuning, biasanya akan memakan waktu yang sedikit lebih lama.

Baca juga  Air Masuk Ke Knalpot Mobil Saat Banjir? Cuma Mitos

Setelah itu, cara lain yang juga harus diperhatikan perawatan mobil putih setelah dicoating adalah harus tetap melakukan perawatan berkala. Pada dasarnya, coating yang dilapisi ke cat mobil bersifat sementara namun bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Meski demikian, beberapa perawatan yang bisa dilakukan adalah mengecek cat tersebut dalam kurun waktu enam bulan sekali agar lapisan coating pada cat tidak rusak atau tidak mudah pudar sehingga proteksi akan tetap berjalan maksimal.

Untuk melakukan perawatan coating memang akan menguras dompet cukup dalam. Tapi, hal tersebut bisa kamu antisipasi dengan beberapa cara yang sudah kami sebutkan di atas seperti tidak menjemur mobil terlalu sering.

Selain itu, setelah berkendara dalam cuaca hujan hal yang harus kamu lakukan adalah mencuci bersih mobil sampai keseluruh permukaan. Bukan tidak mungkin karena kamu malas mencuci mobil pasca kehujanan bisa menjadi biang keroknya.

Dalam kandungan air hujan ada zat-zat lain yang bisa merusak mobil. Sehingga, setelah kehujanan sebisa mungkin kamu langsung membilasnya dan mengeringkannya agar tidak terjadi noda kuning pada cat mobil putih yang menjadi kesayangan kamu. Semoga cara tesebut bisa membantu kamu ya!

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru