by

Sirkuit Mandalika Belum Selesai, MotoGP 2021 Batal di Indonesia

Beberapa waktu yang lalu, beberapa perwakilan dari Dorna berkunjung dan melihat langsung perkembangan sirkuit Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam kunjungannya, pihak Dorna sangat puas melihat perkembangan pembangunan sirkuit Mandalika yang bertaraf internasional itu. Sirkuit yang rencananya akan jadi tempat perhelatan ajang balap MotoGP ini sudah mencapai 70 persen.

Walau demikian, target untuk Indonesia jadi tuan rumah MotoGP 2021 batal terlaksana. Lantaran sirkuit belum selesai dan homologasi belum dilakukan, maka MotoGP rencananya digelar di Mandalika pada 2022.

Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN menjelaskan, bahwa pembangunan sirkuit yang bakalan jadi andalan Indonesia di ajang balap MotoGP ini akan terus dikebut pengerjaannya.

Dalam kesempatan itu ia juga berjanji bahwa pada bulan Juli 2021, sirkuit ini bisa 100 persen selesai dikerjakan. “Mengenai gelaran MotoGP, akan ada pembahasan lagi dengan pihak Dorna Sports. Saat ini pemerintah punya kewajiban untuk menyelesaikan seluruh infrastruktur sirkuit,” ujar Kartika.

Direncanakan, sirkuit ini akan terdapat area paddock sirkuit dengan 40 garasi, kapasitas tribun utama akan menampung mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk penonton. Sementara area tanpa tempat duduk atau tribun berdiri didesain untuk menampung kurang lebih 138.000 orang.

Baca juga  Resmi, 22 Nama Pembalap MotoGP 2021

Sementara, untuk area hospitality suites direncanakan memiliki kapasitas 7.700 penonton. Uniknya dari sirkuit ini adalah area paddock, tribun utama, tribun berdiri dan hospitality suites bersifat tidak permanen dan bisa dibongkar ketika tidak ada balapan, termasuk lintasan sirkuitnya yang berubah fungsi menjadi jalan raya biasa.

Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP Pada Maret 2022

Sirkuit Mandalika
Sirkuit MotoGP Indonesia direncanakan akan selesai bulan Juli 2021

Kalau sudah selesai pembangunannya, maka gelaran MotoGP di Indonesia bakal terlaksana pada Maret 2022. “Saya mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP di bulan Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjuk baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menjabat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pembangunan sirkuit Mandalika sendiri, rupanya mendapatkan pujian dari perwakilan Dorna Sports yang berkunjung. Dorna Sports yang diwakili oleh Carlos Ezpeleta mengaku takjub.

Pasalnya pihak Mandalika bukan cuma memerhatikan pembangunan sirkuit saja, melainkan juga menyiapkan fasilitas lain seperti pusat medis beserta tenaga kerjanya. Meski belum sepenuhnya selesai, Carlos Ezpeleta juga mengatakan bahwa pasti banyak pembalap yang sudah tidak sabar untuk berlaga di sirkuit yang dibangun dekat dengan laut itu.

Baca juga  Marc Marquez Masuk Daftar Pembalap MotoGP Qatar 2021

“Melihat trek sirkuit dari gambar dan secara langsung itu sangat berbeda, ini sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya,” ujar Carlos Ezpeleta.

“Tentu kita semua tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan untuk ini, tapi kami sudah tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini dan kami yakin para pembalap MotoGP juga akan menyukainya,” imbuhnya.

Dalam kunjungan itu, Carlos Ezpeleta didampingi oleh Managing Director dan Loris Capirossi yang menjabat sebagai Promoter Representatif.

Tak hanya itu, tim Dorna Sports juga didampingi oleh Franco Ucini, Safety Officer dari FIM atau Federasi Balap Motor Dunia.

Untuk hal ini, FIM bertanggung jawab atas proses homologasi. Homologasi yang dimaksud, adalah proses standar persetujuan atau sertifikasi dalam dunia balap yang meliputi standar kendaraan balap, lintasan, dan komponen-komponen lainnya yang telah ditentukan untuk penyelenggaraan ajang balap.

Dalam kunjungannya beberapa waktu lalu itu, Dorna dan FIM melakukan technical walk, mengelilingi sirkuit dengan berjalan kaki untuk mengecek segala kesiapannya.

Baca juga  Pembalap MotoGP Dapat Vaksin Covid-19 di Qatar

Pada akhir kegiatan itu, Franco Uncini dan Carlos Ezpeleta mengaku senang dengan progres yang telah dicapai.

“Kami telah seharian penuh disini untuk melihat segala perkembangannya. Franco Uncini pun terlihat senang terhadap perkembangannya,” ujar Carlos Ezpeleta.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru