Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cari Skutik Murah, Pilih Honda Beat atau TVS Dazz?

by Baghendra Lodra
Skutik Beat

Moladin – AHM mengklaim bahwa Honda Beat tetap merupakan motor paling populer di Indonesia. Penjualan dari Motor Honda ini  terus meningkat dari tahun ke tahun membuktikan bahwa Honda Beat adalah skutik favorit, juga masuk dalam kategori skutik murah nih Moladiners.

Mesinnya yang irit dan body ramping serta pilihan tipe yang beragam memang membuat skutik satu ini kian diminati masyarakat. Selain itu, harganya pun hemat, termasuk kelas skutik dengan harga termurah.

Namun, bicara soal harga, TVS Dazz juga bisa menjadi pilihan. Pada awal peluncurannya, skutik satu ini mengejutkan masyarakat sebab hanya dibanderol seharga 9 juta dan diklaim sebagai motor termurah. 

PT. TVS Motor Indonesia bahkan mempunyai tagline ‘kamu dan dompet setuju’ sebagai acuan bahwa Motor TVS adalah satu-satunya motor di Indonesia yang menawarkan harga simpatik, mengerti kebutuhan masyarakat. 

Tentu, murah bukan berarti mengesampingkan kualitas yang ada. Baik Honda Beat maupun TVS Dazz memiliki kelebihan dan kekurangan dalam spesifikasi. Untuk perbandingan, berikut komparasi Honda Beat VS TVS Dazz yang bisa menjadi referensi.

 

Desain

Honda Beat DesainHonda Beat punya tampilan yang lebih sporty

Meski sama-sama ramping, Honda Beat memiliki tampilan yang lebih sporty. Garis, lekukan body  dan sudutnya lebih tajam. Namun, TVS Dazz pun tidak mau ketinggalan dengan mengusung tampilan yang agresif dengan adanya pelek racing dan jok dua pola.

Baca juga  Motor Bebek, Sport, Matic, Enak Mana Buat Sehari-hari?

Untuk layar display, Honda Beat memilikinya sementara TVS Dazz tidak. Indikator BBM Honda Beat pun sudah berupa digital sementara TVS Dazz  masih berupa indikator analog. Di bagian depan, lampu TVS Dazz terlihat berbeda dibanding Beat. Lampu depan TVS Dazz di kepala sementara Honda Beat terletak di body.

 

[product product=”Honda Beat All New eSP” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_Beat_All_New_eSP_2080_84935_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-beat-all-new-esp-matic-4-langkah-sohc-110cc” price=”Rp. 680.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Bicara tentang desain tentu tak lepas dari varian warna. TVS Dazz memiliki pilihan warna yang lebih fun dan cocok untuk kaum feminim sementara Honda Beat cenderung sporty. Varian warna TVS Dazz  adalah Candy Pink, Aggresive Orange, Flying Blue dan Passion Red.

Sedangkan varian warna Honda Beat, ada Dance White, Funk Red White, Garage Black, Hard Rock Black, Techno Blue White, Fusion Magenta Black, Soul Red Black dan  Electro Blue Black.

 

Fitur

TVS DazzTVS Dazz minim fitur

Untuk urusan fitur, Honda Beat lebih komplit dibanding TVS Dazz. Honda Beat sebagai skutik paling irit, memiliki idling stop system atau ISS sementara TVS Dazz tidak. Dari segi keamanan Beat pun lebih unggul dengan adanya indikator eco, combi brake system dan side stand switch yang membantu pengendara ingat untuk menaikkan standar samping sebab mesin tidak akan menyala jika standar diturunkan.

Baca juga  Marc Marquez Menang Mudah di MotoGP Jerez, Tampil Mendominasi!

Keunggulan fitur TVS Dazz adalah adanya Handphone Charger yang memungkinkan pengendara tetap bisa mengisi daya ponsel selama berkendara. Pada tahun pertama peluncurannya TVS Dazz mengklaim diri sebagai motor pertama yang memiliki fitur ini.

Di bagian lampu belakang, Honda Beat pun kalah unggul dengan hanya memiliki lampu Bulb sementara TVS Dazz sudah merambah ke lampu LED. Sedangkan untuk kapasitas bagasi, baik TVS Dazz maupun Honda Beat sama-sama memiliki kapasitas kecil yang tidak muat untuk menaruh helm.

 

Mesin

Mesin TVS DazzTVS Dazz memiliki mesin tangguh

Satu hal yang membedakan kedua skutik murah  ini adalah mesinnya. Honda Beat bermesin full injection sedangkan TVS Dazz DFI. Selain itu, jika Honda Beat terkenal karena keiritan bahan bakarnya,

TVS Dazz membanggakan mesin mereka yang kuat dan tangguh. Namun demikian, Honda Beat tetap unggul dengan kapasitas mesin 108,2 cc dan torsi 9, 01 Nm pada 6.500 rpm serta tenaga maksimal 8,68 ps pada 7.500 rpm.

 

[product product=”TVS Dazz” images=”https://cdn.moladin.com/motor/tvs/TVS_Dazz_19988_78498_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/tvs/tvs-tvs-dazz” price=”Rp. 585.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Cukup berbeda dengan TVS Dazz yang memiliki kapasitas 109,6 cc, torsi 8,7 Nm pada 5.500 rpm dan 8,82 ps pada 7.500 rpm. TVS Dazz memiliki keunggulan di sisi lain, yakni  sistem pembakaran yang efisien dalam teknologi Duralife Technology. PT. TVS Motor pun menyediakan garansi 3 tahun serta garansi cylinder block hingga 5 tahun.

 

Baca juga  Yuk, Intip Cara Inreyen Motor yang Baik dan Benar

Harga

Honda Beat HargaHarga Honda Beat di kisaran Rp 16 jutaan (OTR Jakarta)

Dari segi harga, TVS Dazz jelas jauh lebih murah. Motor dengan merek dagang India ini bisa didapat dengan merogoh kocek sebesar Rp. 12,7 juta (OTR Jakarta) sementara Honda Beat seharga 16,07 – 16,77 juga (OTR Jakarta)

Sejauh ini, komparasi desain, fitur hingga mesin antara Honda Beat dan TVS Dazz mengunggulkan Honda Beat. Jika Moladiners mencari skutik murah dengan spesifikasi rata-rata, TVS Dazz adalah jawabannya.

Namun, Honda Beat tetap skutik all in yang desainnya oke, mesin irit dan fiturnya lebih lengkap dibanding TVS Dazz. Jangan lupa, skutik satu itu adalah motor populer dari tahun ke tahun!

Itu dia komparasi antara Honda Beat dan TVS Dazz yang kami rangkum untuk Moladiners. Jika sudah mempunyai pilihan akan membeli yang mana, jangan lupa Moladin punya ragam penawaran Motor Baru harga terbaik. Skutik murah, di Moladin bisa tambah murah!

Baca juga;

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika