Skutik Murah, Aprilia SXR 160 Berpotensi Masuk Indonesia!

Aprilia SXR 160 Masuk Indonesia – Siapa tidak tergiur dengan kehadiran Aprilia SXR 160. Desainnya bongsor, fitur modern, dan harganya terjangkau.

Meski belum dijual secara resmi, motor ini banyak menuai respon positif di negara asalnya, India. Aprilia SXR 160 memang baru dikenalkan di Negeri Bollywood, hanya saja bukan tidak mungkin ke depannya masuk Indonesia.

“Tidak menutup kemungkinan ke depannya (masuk Indonesia). Tapi untuk sementara strategi Aprilia di Indonesia ke motor besar dulu,” kata PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal.

Lagipula kalau Aprilia SXR 160 masuk Indonesia, bisakah bersaing dengan kompetitor seperti Nmax dan PCX? Apa yang membuatnya Istimewa? Simak bahasan berikut:

Bisa Terhubung Smartphone Seperti Nmax?

Aprilia India sudah memiliki fitur yang memungkinkan motor terkoneksi smartphone

Soal spesifikasi resmi, Aprilia memang belum menginformasikan banyak. Walau demikian, melihat produk-produk Aprilia sebelumnya, ternyata sudah dibekali fitur konektivitas smartphone.

Ambil contoh, skuter Aprilia SR 150 yang meluncur duluan di India. Motor ini bisa terhubung smartphone via aplikasi. Harusnya Aprilia SXR 160 yang diperkenalkan belakangan, pun telah memiliki fitur ini.

Fitur lain yang sudah pasti ada adalah panel instrumen full digital. Tersedia pula anti-lock braking system (ABS) untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Tidak ketinggalan lampu LED.

Tidak ketinggalan, tambahan fitur power charger hadir di kompartemen depan. Fungsinya untuk mengisi ulang daya baterai smartphone ketika berkendara.

Harsunya fitur-fitur modern tersebut bisa menjadi alasan Aprilia SXR 160 masuk Indonesia dan bersaing dengan Nmax dan PCX!

Desain Paras Seperti Motor Sport, Kaki Tetap Rileks

aprilia sxr 160 masuk Indonesia
Desainnya seperti kombinasi Yamaha Lexi dan Nmax

Meski ada di kelas skutik, namun motor ini punya paras yang terinspirasi dari motor sport, Aprilia RSV4. Lampu depannya ada tiga. Kemudian pewarnaan bodi juga sangat khas Aprilia yang pakai kombinasi merah da abu-abu.

Soal desain bodi, kuda besi ini seperti gabungan Yamaha Nmax dan Lexi. Bodinya bongsor seperti Nmax, namun punya dek rata dan suspensi belakang tunggal layaknya Lexi.

Hal yang penting, kaki pengendara tetap bisa rileks saat menunggangi motor ini. Penyebabnya adalah Aprilia memberi ruang khusus di atas dek untuk meletakkan kaki pengendara.

Dalam hal ukuran roda, Aprilia mengandalkan ban ukuran 12 inci bertapak lebar di depan dan belakang. Kemudian untuk pengereman, depan sudah cakram, sementara yang belakang masih teromol.

Kemungkinan dengan bodinya yang bongsor, ada bagasi luas di bawah jok untuk meletakkan helm. Meski demikian, sampai sekarang informasi resminya belum diumumkan.

Baca juga:

Harga Aprilia SXR 160 Cuma Rp19 Jutaan?

aprilia sxr 160 masuk indonesia
Fiturnya modern dan desainnya keren, kombinasi yang tepat

Sampai sekarang, harga Aprilia SXR 160 memang belum diumumkan. Motor ini cuma dikenalkan dan proses penjualan dimulai pada Agustus 2020. Walau demikian, banyak media India berspekulasi soal harganya yang tidak jauh dari Rp19 jutaan.

Kenapa bisa murah? Pertama karena motor ini diproduksi di India. Alasan kedua, kompetitor di Negeri Bollywood juga menjual skutik 150 cc tidak lebih dari Rp19 juta.

Bila benar, harganya Rp19 juta dan masuk Indonesia. Tentu motor ini sangat bisa bersaing dengan Nmax dan PCX yang banderolnya mencapai Rp30 jutaan. Menarik bukan?

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *