Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Solusi Biar Nggak Bokek, Akhir Bulan Masih Bisa Makan Enak!

by Baghendra Lodra
tips biar nggak bokek

Haloo sobat Moladiners. Tanggal tua sering bikin pusing kepala ngga sob? Emang sih, salah satu pengeluaran bagi setiap bikers yakni biaya transportasi. Bagi bikers, biaya bensin merupakan pengeluaran wajib yang harus diperhitungkan selain biaya parkir dan servis rutin. Tentunya bikers dituntut harus memutar otak biar kebutuhan bulanan terpenuhi. Kali ini Jinny bakal kasih tau solusi biar nggak bokek ditanggal tua. Simak di bawah ini ya, sob!

[product product=”Yamaha Lexi” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Lexi_14583_69954_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-lexi?utm_source=yamaha_lexi&utm_medium=blog_solusi-biar-nggak-bokek_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_lexi” price=”Rp. 700.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Tips Biar Nggak Bokek di Akhir Bulan

1. Hindari Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Cara Manasin Motor Yang Baik Adalah Menggunakan Kick Starter Saat Menyalakan Mesin

Cara Manasin Motor Yang Baik Adalah Menggunakan Kick Starter Saat Menyalakan Mesin

Saat hendak menggunakan motor, masih banyak bikers yang lebih dulu akan memanaskan mesin motornya. Namun apabila memanaskan motor terlalu lama, bensin malah terbuang sia-sia meskipun dalam putaran idle. Konsumsi bensin bakal lebih boros jika kebiasaan memainkan gas saat memanaskan mesin sering dilakukan. Cukup 1 menit sebelum digunakan sob. Nah, mulai sekarang ngga usah kelamaan kalo manasin motor, okey.

Baca juga  6 Alasan Anda Perlu Beralih ke Motor Listrik, Simak Nih!

2. Tidak Melewati Batas Kecepatan

berkendara hemat

Untuk mencapai kecepatan tertentu, tentu dibutuhkan akselerasi yang cukup. Hal itu mengharuskan untuk memutar handle gas lebih dalam, yang artinya pasokan bahan bakar ke mesin diperbesar. Namun saat kemampuan motor untuk meraih topspeed sudah mencapai batas, bensin malah akan terbuang percuma tak terbakar.

Jadi begini, limiter pada pengapian akan membatasi percikan api busi ketika menyentuh RPM tertentu, sob. Maka dari itu, ada istilah eco riding, yang mana kecepatan kendaraan berada pada kondisi paling efisien dan hemat bahan bakar.

[product product=”Yamaha Aerox 155″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Aerox_155_2061_69082_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-aerox-155-premium-matic-liquid-cooled-4-stroke-sohc-155cc?utm_source=yamaha_aerox_155&utm_medium=blog_solusi-biar-nggak-bokek_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_aerox_155″ price=”Rp. 1.000.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Service Secara Rutin Dan Berkala

servis motor secara berkala

Lakukan service rutin dengan memastikan kondisi motor kesayangan selalu dalam keadaan baik dan prima. Dengan rutin melakukan service ke bengkel, motor akan selalu siap untuk menghadapi segala kondisi jalan. Jika begitu, mesin tidak perlu bekerja keras lebih berat, yang mana otomatis akan menghemat bensin kalian. Simak tips servis motor secara berkala disini.

Baca juga  Subsidi BBM 50% Dari Moladin, Beli Bensin & Gas Gak Pake Boros!

Oktan Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi

Pilih Jenis Bahan Bakar Yang Ideal

Pilih Jenis Bahan Bakar Yang Ideal

Perhatikan penggunaan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika kompresi mesin terbilang cukup tinggi, maka kebutuhan oktan pun juga harus ditingkatkan. Misalnya, pabrikan merekomendasikan motor kalian untuk diisi Pertamax, maka jangan diisi dengan Premium. Ketidakcocokan antara kompresi pembakaran dengan bahan bakar bisa merusak mesin dan membuat penggunaan bahan bakar lebih boros.

Baca juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika