by

Sosok Mobil Balap Honda City Hatchback RS Dipamerkan!

Ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021 tidak hanya menyertakan mobil baru. Pameran tersebut juga menampilkan mobil balap Honda City Hatchback RS.

Penampilan mobil balap yang diperuntukan untuk ajang balap touring ini, sudah mengenakan piranti balap lengkap. Mobil balap Honda City hatchback RS ini sudah dipermak habis dengan mengadopsi beberapa komponen baru yang membuat tampilannya semakin racing.

Melansir laman resmi BIMS, mobil balap Honda City Hatchback RS dibangun oleh GPI Motorsport. Menurut informasi yang diberikan, mobil yang belum lama meluncur di Indonesia ini nantinya akan digunakan pada ajang balap Honda One Make Race yang diselenggarakan sebagai balapan pembuka untuk semua kejuaraan di Thailand.

Secara tampilan yang bisa dibahas adalah liverynya. Dalam merepresentasikan aura racing yang kuat, GPI Motorsport membuat mobil balap Honda City Hatchback RS ini memadukan dua warna yakni merah dan putih serta dikombinasikan dengan nomor punggung yang menjadi ciri khas dari mobil balap touring.

Selain itu, bicara mengenai komponen yang lainnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan towing strap di bagian depan kanan serta penggunaan front lips spoiler yang membuat aura racing begitu kuat terasa. GPI Motorsport juga turut memberikan perubahan di sektor lainnya.

Baca juga  3 Kekurangan Toyota Yaris Terbaru

Di bagian sampingnya, mobil balap Honda City Hatchback RS ini sudah dibekali dengan pelek racing ring 15 inch serta dibalut dengan ban Advan. Layaknya mobil balap yang biasa turun di sirkuit, kaca yang digunakan juga sudah mengalami perubahan dengan menggunakan bahan polycarbonate.

Sedangkan pada bagian belakang rombakan yang terjadi juga cukup besar pada mobil balap City Hatchback RS ini. Penggunaan spoiler atas serta bumper yang kini terintegrasi dengan diffuser, semakin menambah aura balap yang begitu kental.

Interior Mobil Balap Honda City Hatchback RS

interiro mobil balap honda city hatchback rs
Interior mobil balap ini sudah memenuhi regulasi balap

Untuk memberikan performa yang mumpuni, pada interior semua piranti yang tidak digunakan terpaksa dilepas. Hal ini berguna untuk mengurangi bobot sehingga mobil menjadi lebih ringan dan mendapatkan downforce terbaik.

Saat ini, di bagian interior hanya terdapat jok balap lengkap dengan sabuk keselamatan khusus balap, penggunaan roll bar di beberapa titik, lingkar kemudi yang menggunakan komponen aftermarket serta bagian pedal juga turut diganti.

Namun, mobil balap Honda City Hatchback RS ini tidak dijelaskan mengenai spesifikasi yang dibenamkan, serta tenaga yang dihasilkan. Pada umumnya, untuk turun ke lintasan balap ada beberapa penyesuaian dari jeroannya. Di samping itu, penggunaan suspensi yang memiliki performa tinggi juga diadopsikan agar handlingnya lebih mantap.

Baca juga  Suzuki Swift 2021 Meluncur, Tampil Lebih Stylish dan Sporty

Secara basic, untuk model City Hatchback RS yang diluncurkan di Thailand pakai mesin 1.0 liter turbo. Kubikasi ini berbeda dengan versi Indonesia yang menggendong mesin 1.5 liter tanpa turbo. Jantung mekanis City hatchback versi Tanah Air mendapat dukungan DOHC i-VTEC yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 121 PS dan torsi maksimum 145 Nm.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru