Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sosok Toyota Kijang Retro Rp 130 Juta, Full Orisinal

by Firdaus Ali
Mobil jadul

Saat ini hal yang berbau jadul makin diminati penikmat otomotif. Nah, dari sekian banyak mobil lawas yang beredar di jalanan Jakarta, ternyata ada Toyota Kijang Retro Rp 130 juta.

Mahal? Jelas iya, karena harga pasarannya cuma Rp 40 – 50 jutaan. Kenapa banyak yang jual murah? Maklum sesungguhnya ini adalah mobil lansiran 1996, artinya sudah berusia 15 tahun.

Lalu apa yang membuat Kijang Grand Extra 1.8 jadul tersebut bisa ditawar berkali-kali lipat lebih mahal? Salah satunya karena kondisinya full orisinal

Toyota Kijang Retro Rp 130 juta ini hampir keseluruhannya masih dalam kondisi asli. Bukan restorasi, tapi memang terjaga. Mulai dari cat, kaca film, emblem-emblem hingga kondisi interiornya. Jadi wajar ketika ada yang menawarnya sangat tinggi, bahkan melebihi harga sang kakak yaitu Toyota Innova lansiran awal 2000-an. 

“Mobil ini saya angkat dari Magelang, pertama kali mengetahui informasi sosok mobil ini, langsung saya DP dan saya samperin pemiliknya, tidak pikir panjang. Sebab untuk mendapatkan mobil dengan kondisi seperti ini tidak mudah,” ungkap Watsen, selaku pemilik mobil sekaligus salah satu punggawa Kijang Retro Indonesia saat ditemui Moladin, di gelaran Indonesia Automodified 2021.

Baca juga  Warna Baru Mitsubishi Delica, Lebih Cerah

Detail Interior Istimewa

kijang retro Rp 130 juta

karpet lantainya pun masih asli, kemudian semua tombol-tombol elektrik masih berfungsi

Hal menarik lain dari Toyota Kijang Retro Rp 130 juta, kaca film, karet-karet serta baut juga masih orisinal. Bahkan mobil ini juga baru menempuh jarak 65 km. Jadi memang ketika bertemu dengannya, kami merasa seperti berada di mesin waktu, kembali ke era 1996.

“Untuk mesin belum pernah dibongkar sama sekali, hanya pergantian oli mesin, oli power steering dan bagian-bagian umum perawatan mobil ini. Jadi jeroannya belum tersentuh tangan mekanik,” imbuh Watsen.

Menariknya, baut-baut pada bagian pintu, baut lantai di dalam mobil serta baut di mesin juga masih perawan alias belum pernah dibuka.

Yang lebih menarik dari Toyota Kijang Grand Extra 1.8 Rp 130 juta ini adalah dokumen keabsahan mobil ini. Faktur, surat import dari Pelabuhan, buku manual petunjuk penggunaan mobil serta buku petunjuk penggunaan tape bermerek Alpina, serta brosur aslinya masih dengan kondisi bagus.

“Pemilik awal mobil ini apik, jadi selain kondisi mobil, surat-suratnya juga disimpan dengan rapi. Jadi kondisinya terjaga dengan baik,” tambah Watson.

Baca juga  Daihatsu Thor Seat Lift, MPV Untuk Pengguna Kursi Roda

Watsen juga mencaritakan bahwa mobil ini sudah sering menjuarai dari beberapa kontes mobil untuk kriteria orisinal. Jadi memang memilikinya sungguh merupakan kebanggaan tersendiri. Oleh karenanya, ketika ada yang menawar hingga Rp 130 juta, Watsen tidak mau melepas mobil kesayangannya.

“Hampir setiap ikut event, kami membawa pulang piala, dan terakhir kami juga membawa pulang piala saat event Indonesia Auto Modified IAM x IIMS 2021 di bilangan Senayan, Jakarta Pusat,” jelasnya.

Sekilas Kijang Grand Extra 1.8

Toyota Kijang Grand Extra Rp 130 juta

Kijang Grand Extra 1.8 1996

Toyota Kijang Grand Extra 1.8 resmi mengaspal pada tahun 1995. Menguung mesin 1.800 cc dengan perpaduan transmisi manual 5-percepatan dengan pilihan varian SGX dan LGX.

Di atas kertas mobil MPV ini bisa meraih angka 87 hp pada 4.600 rpm dengan torsi puncaknya 140 Nm pada putaran mesin 2.800 rpm.

Mobil ini mempunyai dimensi panjang 4.290 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.775 mm. Sementara fitur yang disediakan adalah power window dan central lock untuk pintu depan kanan dan kiri serta AC double blower dan fitur audio yang bisa memutar radio dan kaset.

Baca juga  Promo Auto2000 Sambut Imlek, Ada Bunga Nol persen

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Kijang Retro Rp 130 juta. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.  

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika