by

Sparepart Daihatsu Bisa Digunakan Toyota? Ini Jawabannya

Penggunaan sparepart Daihatsu ternyata bisa digunakan oleh sejumlah lini produk Toyota yang dijajakan di Indonesia. Dengan menggunakan suku cadang Daihatsu, tentunya kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah, Sob!

Adapun produk Toyota yang bisa menggunakan sparepart Daihatsu meliputi Toyota Avanza, Rush, Agya, dan juga Calya. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat seluruh produk tersebut kembar dengan produk Daihatsu.

Seperti diketahui Toyota-Daihatsu sejak dahulu sudah berkolaborasi dalam menghadirkan produk untuk pasar otomotif Tanah Air. Contohnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, kedua produk mobil keluarga itu sukses menguasai segmen LMPV di Tanah Air.

Kedua produk itu hadir sejak tahun 2004 di Indonesia, dan menjadi legenda masyarakat di Indonesia. Kolaborasi antara kedua pabrikan tidak sampai di situ saja, berlanjut dalam pengembangan produk low cost green car (LCGC).

Adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang menjadi buah kerjasama apik berikutnya dari kedua pabrikan. Dalam waktu singkat nyatanya kedua mobil itu berhasil menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin beralih dari motor ke mobil.

Tak sebatas pengembangan produk, namun kerjasama antar pabrikan tentunya berlanjut dalam pengembangan suku cadang orisinal. Jadi jangan heran, jika sparepart Daihatsu bisa digunakan oleh mobil Toyota.

Baca juga  9 Perbedaan Agya Vs Ayla, Awas Salah Beli?

Sparepart Daihatsu dan Toyota diklaim telah melalui pengembangan dan pengujian sehingga kualitasnya tentu serupa. Dalam proses pengujian suku cadang kedua pabrikan melakukannya bersama-sama.

“Jadi bukan siapa mengikuti siapa, tapi bagaimana sebagai satu tim kami memastikan kualitas komponen kendaraan tersebut telah memenuhi standar kualitas Daihatsu maupun saundaranya,” ujar Anjar Rosadi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Anjar pun menegaskan, dengan menggunakan sparepart Daihatsu pada mobil Toyota tidak akan berdampak negatif pada kendaraan. Penggunaan sparepart Daihatsu tersebut sebaiknya dilakukan bila masa garansi kendaraan sudah habis.

Dengan demikian, pelanggan diharapkan bisa merasa lebih tenang selama memiliki kendaraan tersebut.

Mobil Toyota Pakai Sparepart Daihatsu? Ini Penjelasannya

sparepart daihatsu
Si kembar Agya dan Ayla hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu

Sebagai gambaran untuk kamu para pengguna mobil Toyota, dengan menggunakan sparepart Daihatsu tentunya kamu akan mendapatkan banderol yang cenderung lebih terjangkau.

“Pada prinsipnya kami tidak melarang dan menyerahkan kepada pelanggan. Tapi perlu kami ingatkan bahwa penggunaan genuine parts mempengaruhi garansi kendaraan. Jadi bila kendaraan masih dalam masa garansi, saran kami tetap gunakan genuine kendaraan itu sendiri,” ungkap Anjar.

Lebih jauh Anjar juga memaparkan, “Tapi setelah masa garansi habis dan pelanggan lebih nyaman dengan Daihatsu Genuine Parts, secara kualitas tidak ada perbedaan”.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Alphard Gold, Berlapis Emas Rp600 Jutaan

Buat kalian para pengguna Daihatsu Xenia, Ayla, Sigra, dan Terios tak perlu khawatir untuk mencari spareparts Daihatsu yang diharapkan. Pasalnya seluruh bengkel-bengkel resmi Daihatsu dipastikan menyediakan seluruh suku cadang mereka.

Dengan demikian, pelanggan bisa mendapatkan komponen kendaraan dengan mudah saat melakukan perawatan.

Suku Cadang Daihatsu Telah Lalui Serangkaian Uji yang Ketat

avanza vs xenia
Avanza-Xenia merupakan produk legendaris yang dipasarkan di Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan bahwa seluruh produk, beserta sparepart Daihatsu telah melalui serangkaian uji yang ketat. Tujuannya untuk memastikan kualitas suku cadang dalam kondisi terbaik.

Pengujian tersebut dilakukan dengan standar kualitas Daihatsu Jepang yang disetujui oleh Daihatsu Motor Co., Ltd. Japan sebagai prinsipal. Pasca dipastikan lolos dengan standar kualitas Jepang, ADM juga memastikan suku cadang Daihatsu tersebut cocok dengan kondisi jalan di Indonesia.

Oleh karena itu, kendaraan dan komponennya akan dilakukan tes jalan sejauh 100.000 Km di 24 jenis kondisi jalan yang ada di Indonesia.

“Daihatsu selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggan setia, termasuk memastikan kualitas sparepart Daihatsu paling cocok untuk mobil yang dipasarkan di Indonesia. Terlebih Jepang merupakan negara yang sangat menjaga kualitas produk-produknya,” beber Anjar.

Baca juga  Toyota Aqua Hybrid 2021 Resmi Meluncur, Irit 35,8 Km/Liter

Proses pengujian sparepart Daihatsu harus menempuh beragam jenis jalan mulai dari aspal hingga jalanan berbatu, jalan datar hingga jalan menanjak menjadi rute yang ditempuh dalam pengujian.

Pihak pabrikan pun memberikan garansi yang cukup lama terhadap sparepart Daihatsu. Setidaknya, suku cadang asli Daihatsu akan diberikan garansi selama 6 bulan atau atau 10.000 Km.

“Penggunaan sparepart Daihatsu sudah dipastikan akan cocok dengan seluruh suku cadang lainnya yang ada di dalam mobil Daihatsu. Berbeda bila menggunakan sparepart palsu yang bisa merusak komponan mobil lainnya,” imbuh Anjar.

Konsumen yang ingin melakukan pergantian sparepart Daihatsu dapat mengunjungi bengkel resmi terdekat. Selain itu, sparepart asli juga bisa didapatkan di lebih dari 3.200 part shop di seluruh Indonesia yang memakai signage resmi suku cadang asli Daihatsu.

Well.. pengguna mobil Toyota, tertarik untuk menggunakan sparepart Daihatsu? Seluruh keputusan kami kembalikan ke Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu para pengguna Toyota dan Daihatsu.

Baca juga:

Terbaru