Friday, December 9, 2022
Banner

Harga dan Spesifikasi Citroen C3, Spion Mirip S-Presso!

by Baghendra Lodra
Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2

Salah satu mobil termurah yang dibawa Citroen ke Indonesia adalah C3. Bagaimana harga dan spesifikasi Citroen C3 tersebut? Kira-kira bisakah bersaing dengan para kompetitor?

PT Indomobil Wahana Trada selaku pemegang merek, resmi mengumumkan harga Citroen C3 mulai Rp 225 juta (OTR Jakarta). Cukup terjangkau, hanya saja untuk spesifikasinya memang kita tidak bisa berharap banyak.

Sebagai mobil yang diimpor dari Negeri Bollywood, salah satu yang menarik adalah bagian spionnya mirip sekali dengan Suzuki S-Presso. Dalam artian, pengaturan spion dilakukan secara manual pakai tuas. Kemudian untuk mesin pakai 1.200 cc dan cuma tersedia dalam transmisi manual.

Bicara kelebihan, konsumen Citroen C3 bisa mendapat pilihan warna yang sangat beragam baik untuk eksterior dan interior. Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi Citroen C3 di Tanah Air? Berikut detailnya:

Desain Eskterior Citroen C3 Lebih Lebih Bongsor dari Suzuki S-Presso

spesifikasi citroen c3

Citroen C3 memiliki kombinasi warna two tone untuk bodinya

Bahasan spesifikasi Citroen C3 yang pertama adalah desain eksteriornya. Kalau melihat dimensi lebih bongsor dari Suzuki S-Presso, bisa dikatakan mirip Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang berada di segmen SUV ringkas.

Di atas kertas, C3 memiliki panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Sedikit lebih mungil dibanding kompetitor.

Baca juga  5 Merek Mobil Prancis Paling Populer, Tiga Ada di Indonesia!

Ukuran roda Citroen C3 juga ternyata tidak terlalu besar dibanding Rocky-Raize. Merek mobil Prancis ini cuma memberinya ban 196/65 dan velg 15 inch. Padahal kalau melihat kompetitor sudah pakai velg 17 inch untuk varian tertinggi.

Kemudian untuk aura SUV, C3 memiliki bodi yang berotot. Hadir pula aksesori khas SUV seperti wheel arch cladding, skid plate, dan roof rails. Tidak ketinggalan, Citroen juga memberi opsi warna bodi two tone di mobil ini.

  • Dimensi (PxLxT): 3.981 x 1.733 x 1.604 mm.
  • Jarak Sumbu Roda: 2.540 mm
  • Ground Clearance: 180 mm
  • Ukuran ban: 195/65 R15

Warna-Warni Citroen C3

warna warni citroen c3

Total ada 10 pilihan warna eksterior untuk Citroen C3

Kelebihan dari Citroen C3 ada di pilihan warna bodi. Ada 4 warna bodi yang tersedia dan 2 warna atap, sehingga total ada 10 kombinasi warna yang berbeda untuk eksterior. 

Khusus bodi monotone pilihannya ada 4 warna: polar white, zesty orange, platinum grey, steel grey. Sementara untuk two tone ada 6 warna: polar white body with zesty orange roof, platinum grey bodu with zesty orange roof, polar white body with platinum grey roof, steel grey body with zesty orange roof, zesty orange body with platinum grey roof, dan steel grey body with platinum grey roof.

Baca juga  Arti Logo Citroen Terbaru, Kembali Ke Komitmen Awal!

Di samping itu, Citroen C3 juga punya vibe pack untuk warna rumah lampu kabut yang tersedia dalam: zesty orange dan chrome.

Khusus interior, tersedia dua pilihan warna: andised orange dan anodised grey. Jadi konsumen bisa benar-benar melakukan personalisasi warna atas mobil mungil ini.

“New Citroën C3 memberikan pelanggan keleluasaan kustomisasi yang komprehensif dan tak tertandingi di kelasnya. Kami yakin, ini akan menjadi ikon gaya baru bagi konsumen muda dan progresif di Indonesia,” kata Business Development Head Indomobil Group, Stefan Hutahayan. 

Interior dengan Head Unit 10 Inch, Tapi Pengaturan Spion Masih Manual

spesifikasi citroen c3 - spion

Pengaturan spion di Citroen C3 masih manual dengan tuas seperti Suzuki S-Presso

Spesifikasi Citroen C3 selanjutnya yang kami bahas adalah interior. Ketika masuk ke dalam kabin, aura modern terpancar lewat penggunaan head unit besar ukuran 10 inch. Head unit itu bisa terintegrasi dengan smartphone menggunakan Apple CarPlay dan Android Auto.

Kemudian di setirnya ada berbagai tombol yang bisa mengatur head unit. Tidak ketinggalan, hadir panel instrumen digital, tapi ukurannya cukup kecil.

Di samping itu, fitur Citroen C3 cukup mengecewakan. Misal speaker cuma 4, AC masih model putar, rem tangan masih pakai tuas. Lalu yang menurut kami paling jadi kekurangan dari spesifikasi Citroen C3 adalah spionnya. Di mana pengaturan kaca sipon cuma bisa dilakukan secara manual pakai tuas yang menonjol. Gaya seperti ini, persis dipakai oleh Suzuki S-Presso. Padahal kalau melihat kompetitor seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, pengaturan spionnya sudah elektrik.

Baca juga  Citroen C5 X, Mobil Flagship Baru Pabrikan Prancis

Bicara kenyamanan interior, Citroen C3 memiliki konfigurasi dua baris bangku untuk 5-orang. Hanya saja yang jadi kekurangan, ketinggian headrest tidak bisa diatur, karena terintegrasi jok. Soal kapasitas bagasi, C3 bisa menampung barang hingga 315 liter di belakang.

Performa Mesin 1.200 cc Milik Citroen C3

spesifikasi citroen c3 - mesin

Di India terseida dua opsi mesin untuk Citroen C3 yaitu 1.200 cc turbo dan nonturbo

Bagaimana dengan spesifikasi Citroen C3 untuk mesin. Di Indonesia, pakai 1.200 cc (Pure Tech 82) tiga silinder tanpa turbo. Mampu mengeluarkan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm dan tenaga 82 PS pada 5.750 rpm. Transmisi yang jadi pandanannya manual 5-percepatan, tidak ada pilihan otomatis sama sekali. Performa ini setara dengan mesin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 1.200 cc.

Hanya saja yang paling menggembirakan ada di konsumsi BBM irit. Klaim Citroen, C3 bisa menghemat bensin hingga 19,8 Km/liter. Tentu ini sangat bermanfaat di saat harga BBM sedang naik tinggi di Indonesia.

Itulah tadi bahasan soal harga dan spesifikasi Citroen C3 yang siap masuk Tanah Air pada 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika