Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Ducati Monster Senna Terbatas Cuma 341 Unit

by Ivan
Spesifikasi Ducati Monster Senna cuma dibikin 341 unit

Ducati mengenang dan ikut berpartisipasi dalam tribute kepada mendiang pembalap Formula 1, Ayrton Senna, dengan merilis sebuah motor edisi terbatas. Ini dia spesifikasi Ducati Monster Senna yang hanya dibikin sebanyak 341 unit saja.

Langkah Ducati merilis spesifikasi Ducati Monster Senna ialah sebagai peringatan 30 tahun kematian sang pembalap F1 legendaris asal Brazil tersebut yang meregang nyawa dalam kecelakaan tragis di Imola. Angka 341 mewakili tiga gelar juara dunia F1 yang diraih Senna dan total 41 kemenangan grand prixnya.

Spesifikasi Ducati Monster Senna akan dibanderol seharga £23,500 Poundsterling di Inggris atau sekitar Rp 476,2 juta. Sederet part khusus sudah melekat pada motor naked satu ini hingga terlihat lebih kekar dan makin istimewa.

Detail Spesifikasi Ducati Monster Senna

Sederet part khusus melekat di Spesifikasi Ducati Monster Senna
Sederet part khusus melekat di Spesifikasi Ducati Monster Senna

Setiap unit Monster Senna akan dilengkapi dengan nomor seri tersendiri dari 1 hingga 341 yang terukir di pelat stang.

Berat utuh 3,9 kg lebih ringan dibandingkan Ducati Monster standar, dan dilengkapi dengan komponen premium. Sebut saja steering damper Öhlins yang dapat disesuaikan, pelek aluminium forged yang lebih enteng 1,86 kg plus spatbor depan dan belakang serat karbon.

Baca juga  Analisis MotoGP Catalunya 2024 : Marc Marquez Blak-blakan Contek Pecco Bagnaia

Motor ini juga sudah menggunakan garpu Ohlins khusus berbobot 0,6 kg lebih ringan dibandingkan Monster dan Monster +. Suspensi Öhlins yang dapat disetel sepenuhnya meningkatkan round clearance dan sudut kemiringan.

Ducati MY25 Monster Senna Anniversary Edition Tech spec gallery 01 1920x1080 03
Sepatbor depan dan belajang dari bahan serat karbon

Ada juga pasokan mud guard berbahan serat karbon, pelindung mesin, dan pijakan kaki berbahan aluminium billet. Motor berkubikasi 937cc ini mampu merilis tenaga sebesar 111 hp pada 9.250 rpm dan torsi 93 Nm yang tersedia mulai putaran 6.500 rpm.

Dengan tenaga yang besar tersebut tidak heran jika piranti pengereman jadi menu lain yang diperhatikan. Memanfaatkan sistem pengereman yang diperbarui dengan pasokan kaliper Brembo Stylema dan cakram depan berflensa aluminium ukuran 320 mm (0,5 kg lebih ringan dibandingkan yang digunakan Monster) untuk memastikan kinerja pengereman lebih optimal.

Motor didominasi warna kuning khas bendera Brazil
Motor didominasi warna kuning khas bendera Brazil

Ducati Monster Senna diberi sentuhan warna kuning dan hijau, seperti warna bendera Brazil yang melekat pada helm Senna yang khas dan ikonik.

Semua detail di motor ini mereflekaikan gairah, emosi dan semangat yang selaras dengan karir balapan Senna. Sebuah penghormatan yang penuh dengan energi dan kepositifan, yang mengenang semangatnya dengan euforia yang sama yang dibawa pembalap tersebut ke trek.

Baca juga  All New Ducati Monster 2021, Masuk Masa Produksi

Peluncuran Dimeriahkan Nama-nama Besar

Peluncuran dihadiri nama-nama besar Bianca Senna (BRA) Senna Brands CEO and Enea Bastianini
Peluncuran dihadiri nama-nama besar Bianca Senna (BRA) Senna Brands CEO and Enea Bastianini

Hubungan mesra antara Ducati dan Ayrton Senna memang sudah terjalin lama. Sejak tahun 1990-an, presiden Ducati yakni Claudio Castiglioni kerap kali mengunjungi sirkuit Formula 1.

Senna bertemu dengannya, dan keduanya menjadi teman baik. Bahkan pada tahun 1990, Senna dihadiahi sebuah Ducati 851 SP dari bos perusahaan asal Bologna tersebut.

Selanjutnya sempat ada pembicaraan terkait proyek khusus Ducati 916 Senna, namun ditunda karena kejadian yang menimpa sang pembalap di Imola meski kesuksesan di dua seri berikutnya bikin motor ini akhirnya diproduksi pada tahun 1997 dan 1998.

Tak sekadar spesifikasi Ducati Monster Senna yang special maka para tamu yang hadir di peresmian motor ini juga tidak kalah istimewa.

Juara MotoGP Francesco Bagnaia, rekan setimnya Enea Bastianini dan manajer umum Ducati MotoGP yaitu Gigi Dall’Igna hadir pada pembukaan tersebut.

Ini memang branding unik yang ditujukan kepada Senna yang dikenal juga memiliki kecintaan yang besar pada dunia sepeda motor, terkhusus Ducati. Catatannya, Senna sempat mengendarai Monster 916 asli, dan MV Agusta.

Baca juga  Ducati Monster Terbaru, Tinggalkan Rangka Teralis

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika