Spesifikasi Honda CBR1000RR-R Fireblade Terbaru yang Rilis di Indonesia

by Tigor Sihombing
Honda CBR1000RR-R Fireblade

PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan model terbaru dari motor supersport, Honda CBR1000RR-R Fireblade.

Dengan sebutan “Street-Legal MotoGP Bike,” Honda CBR1000RR-R Fireblade dilengkapi dengan Throttle by Wire, berbagai mode berkendara, serta sistem pengereman canggih yang dihasilkan dari pengalaman di lintasan balap, memberikan pengalaman berkendara yang sangat mengesankan.

Salah satu peningkatan utama pada Honda CBR1000RR-R Fireblade 2024 adalah sektor aerodinamika yang ditingkatkan dengan winglet baru.

Desain ini dirancang untuk menciptakan downforce yang lebih besar, meningkatkan stabilitas pengereman dan memberikan grip yang lebih baik pada bagian depan, terutama saat pengendara melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, desain fairing bawah pada Honda CBR1000RR-R Fireblade diklaim kini lebih efisien dalam mengalirkan udara di sekitar ban belakang.

Tangki bahan bakar Honda CBR1000RR-R Fireblade juga mengalami desain ulang agar lebih ergonomis. Hal ini memungkinkan pengendara untuk mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar, menjadikannya lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Baca juga  Honda CRF250 Rally 2021 Semakin Ringan dan Bertenaga

“Kami yakin berbagai ubahan ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, baik di jalan raya maupun di sirkuit,” kata Direktur Marketing AHM, Octavianus Dwi.

Spesifikasi Mesin CBR1000RR-R Fireblade

image1251

Pada sektor mesin, Honda CBR1000RR-R Fireblade mengalami peningkatan kompresi dari 13,4:1 menjadi 13,6:1. Mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline, dengan tenaga maksimum 160 kW @14.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm @12.000 rpm. Konfigurasi Bore x Stroke yang sama dengan RC213V, yaitu 81 x 48,5 mm.

Suspensi depan dan belakang pada Honda CBR1000RR-R Fireblade terbaru menggunakan Showa Adjustable, dengan berbagai pengaturan yang bisa disesuaikan. Selain itu Honda CBR1000RR-R Fireblade dibekali dengan kaliper depan Nissin dan cakram besar.

Sistem Anti-Lock Braking System (ABS) yang disematkan menawarkan tiga mode, yaitu Sport, Track, dan Standard, untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit maupun di jalan raya.

Fitur-fitur unggulan lainnya yang menjaga pengalaman berkendara maksimal pada Honda CBR1000RR-R Fireblade termasuk kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.

Baca juga  Harga Honda Scoopy 2023, Garansi Rangka eSAF 5 Tahun!
image1250

Sensor Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis yang canggih mampu mengukur posisi motor dalam enam sumbu, bekerja sama dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang memiliki tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk meningkatkan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan saat menikung.

AHM menawarkan Honda CBR1000RR-R Fireblade STD dengan pilihan warna Honda Tricolor yang ikonik, dipasarkan dengan harga Rp 798 juta on the road wilayah Jakarta.

Demikian ulasan Spesifikasi Honda CBR1000RR-R Fireblade terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika