by

Spesifikasi MG HS Magnify i-Smart, Saudara Almaz RS

Bicara spesifikasi MG HS Magnify i-Smart, tentunya paling istimewa dibanding varian lain. Maklum, MG Motor Indonesia memang meletakkan posisinya di atas varian Excite dan Ignite.

Walau waktu peluncuran resminya di Indonesia dilakukan pada 2 Juni 2021, namun kami sudah dapat bocoran spesifikasi dari SUV merek Inggris tersebut. 

Salah satu yang menarik dari varian tertinggi tersebut, punya teknologi i-Smart. Apa itu i-Smart? Bisa dikatakan ini merupakan teknologi pintar yang mampu menjadikan berkendara dengan MG HS semakin nyaman dan selamat.

Kalau kamu tahu teknologi WISE di Wuling Almaz RS, maka i-Smart milik MG HS tidak jauh berbeda. Maklum, keduanya merupakan saudara karena baik MG dan Wuling berada di atap yang sama yaitu SAIC Motor.

Kehadiran i-Smart mampu membuka berbagai fitur modern di mobil: Smart Check, Smart Command, Smart Connect, dan Smart Drive. Penasaran dengan spesifikasi MG HS Magnify i-Smart secara lengkap? Apa saja keunggulannya? Kalau ingin jawabannya, simak bahasan di bawah ini:

Eksterior dan Interior MG HS Magnify

spesifikasi MG HS Magnify i-Smart - Tampak belakang
Dari sisi eksterior, pembeda MG HS Magnify dan Ignite, cuma ada di emblem i-Smart yang terletak di pintu bagasi

Bicara spesifikasi MG HS Magnify i-Smart, tentu yang dibahas lebih dulu adalah eksteriornya. Mobil ini sesungguhnya punya tampilan yang sangat mirip dengan varian Ignite.

Ambil contoh penggunaan pelek besar ukuran 18 inci dan ban 235/50. Lampu depan sudah pakai proyektor LED serta squential. Ada pula panoramic sunroof yang menjadi ciri khas.

Lalu apa beda varian Magnify dan Ignite dari sisi eksterior? Salah satunya kemunculan berbagai macam kamera dan sensor di sekujur tubuh mobil untuk varian tertinggi atau Magnify. Kemudian di bagasi belakang, MG HS Magnify memiliki emblem bertuliskan i-Smart.

Baca juga  BMW X7 Rakitan Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah!

Masuk ke interior, tidak ada perbedaan secara kasat mata. Dalam artian sama-sama pakai warna jok kulit merah dengan gaya sport. Kemudian head unit layar sentuh pakai 10,1 inci, AC dual zone, sistem audio 3D dengan 6 speaker, hingga tombol super sport.

Konfigurasi bangku juga cuma dua baris. Alhasil total penumpang yang bisa diangkut hanya 5-orang.

Walau hanya muat 5-orang, namun spesifikasi MG HS Magnify i-Smart dari sisi kabin terbilang cukup mewah. Mengambil basis dari varian Ignite, hampir semua panel menggunakan material soft touch. Kemudian duduk di bangku mana saja, rasanya sangat nyaman.

Fitur i-Smart Membuatnya Semakin Istimewa

spesifikasi mg hs magnify i-smart - smart connect
Simulasi mengaktifkan mesin dan AC mobil dari luar MG HS i-Smart, dengan menggunakan smartphone

Spesifikasi MG HS Magnify yang benar-benar berbeda adalah kemunculan teknologi i-Smart.

Dengannya, mobil bakal mendapat empat fitur unggulan terbaru yaitu Smart Check, Smart Command, Smart Connect, dan Smart Drive. Lewat Smart Check, kamu bisa mengaktifkan mesin dan AC dari luar mobil, cukup dengan memainkan jari di smartphone. Ada pula fitur lain seperti geo fence, security alarm, travel plan, cek kondisi mobil dan lain-lain.

Kemudian smart command, mampu melakukan berbagai pengaturan hanya lewat perintah suara bahasa Inggris. Misal mau menelepon teman bernama Andi, cukup sebutkan: “Call Andi”. Begitu pula ketika mau mendengarkan radio: “Play Radio”. Istimewanya lagi, perintah suara ini dapat pula dipakai mencari tempat makan terdekat dengan cara melantangkan kata: “Find restaurand along the route”.

Baca juga  5 Perbedaan Honda CR-V dan HR-V, Jangan Salah!

Kemudian fitur Smart Connect mampu menghubungkan berbagai aplikasi di smartphone dengan head unit. Bisa dimanfaatkan untuk mengetahui prakiraan cuaca, online music, navigasi, dan lain-lain.

Terakhir, i-Smart juga termasuk Smart Drive atau MG Pilot. Fitur ini membuat pengendara lebih selamat di jalan lewat kemunculan fitur seperti lane assist system (LAS), frond drive assist (FDA), dan rear Drive assist (RDA).

Di Smart Drive, kamu juga bisa berkendara lebih nyaman lantaran sudah tersedia adaptive cruise control (ACC). Efeknya mobil SUV ini bakal bisa berakselerasi dan mengerem sendiri sesuai dengan kecepatan mobil di depan.

Kemudian spesifikasi MG HS Magnify untuk fitur, tidak hanya sebatas i-Smart. Fitur lain yang dipunya oleh varian Ignite juga hadir di sini. Menarik bukan?

Performa Mesin Turbo 1.500 cc Milik MG HS

spesifikasi mg hs magnify i-smart - test drive
Rasa berkendara MG HS benar-benar istimewa, layaknya menunggangi mobil sport

Salah satu yang juga mengagumkan dari spesifikasi MG HS Magnify i-Smart adalah performa mesinnya. Walau sesungguhnya tidak ada beda jantung mekanis di varian ini dengan Ignite, tapi tetap saja mampu membuat kami yang jatuh hati.

Di atas kertas, SUV MG ini pakai kubikasi 1.500 cc, DOHC, empat silinder, turbo. Mesin tersebut bisa melontarkan torsi puncak 250 Nm pada 1.700 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 162 PS pada 5.600 rpm. Padanannya adalah Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7-percepatan.

Melihat performa di atas kertas saja, maka sudah menang jauh dari Wuling Almaz RS yang sama-sama pakai mesin 1.500 cc turbo. Lalu kalau kamu jajal sendiri berkendara dengan MG HS Magnify, bakal semakin terasa bedanya.

Baca juga  Penyakit Ford Everest yang Sering Dialami Konsumen

Dengan hadirnya tombol super sport di lingkar kemudi, ketika ditekan maka komputer bakal mengatur rasa berkendara MG HS jadi semakin menyenangkan. Mesin jadi begitu responsif, ditambah lagi bobot kemudi juga terasa sangat pas menerjemahkan jalan. Perpindahan giginya pun cukup cekatan.

Injak sedikit pedal gasnya, maka MG HS langsung melaju cepat. Ditambah warna interior merah dan jok sporty, berkendara dengan SUV ini sekilas seperti sedang berada di mobil sport.

Harga MG HS Magnify

mg hs magnify i-smart
Banderol MG HS i-Smart ini kemungkinan dikisaran Rp 450 jutaan

Usai mengetahui spesifikasi MG HS Magnify i-Smart, kira-kira berapa harga yang pas untuknya. Kalau kamu berharap lebih murah dari Wuling Almaz RS, tentu tidak mungkin. Penyebabnya adalah MG HS belum diproduksi di Tanah Air, masih produk impor dari Thailand.

Sebagai informasi, banderol MG HS Ignite saja tembus Rp 435,8 juta (OTR Jakarta). Maka varian Magnify i-Smart yang ada satu level di atasnya bakal lebih mahal. Bukan tidak mungkin, tembus Rp 450 jutaan.

Walau begitu, tetap lebih murah dari Honda CR-V Turbo Prestige yang harganya tembus Rp 540 jutaan.

Hanya saja memang, MG Motor Indonesia sampai sekarang masih menutup rapat informasi terkait harga resmi dari MG HS Magnify i-Smart ini. Kita tunggu saja informsi terbarunya pada saat peluncuran 2 Juni 2021.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru