by

Berkenalan dengan MINI Countryman, Mobil Terlaris di Indonesia!

Spesifikasi MINI Countryman Indonesia – Mengawali tahun 2020 ini, BMW Group Indonesia tercatat meraih pertumbuhan positif untuk brand MINI, di tengah pandemi virus korona (Covid-19). Di mana para kuartal pertama atau periode Januari-Maret 2020, penjualan MINI di Tanah Air tumbuh 16 persen.

Meningkatnya penjualan MINI di pasar domestik tak lepas dari banyaknya produk baru yang meluncur di awal tahun. Pihak produsen pun mengklaim bahwa karakteristik konsumen MINI di Indonesia, berbeda dengan segmen mobil lainnya.

“Karakteristik konsumen MINI itu berbeda. Karena pasarnya niche (golongan tertentu). Pelanggan MINI beli karena mereka memang fans MINI dan bukan dilihat dari sisi fungsional, tapi lebih kepada emosional,” ungkap Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

Berdasarkan catatan MINI Indonesia pada kuartal pertama 2020, penjualan mobil MINI sebesar 145 unit. Torehan tersebut mengalami pertumbuhan, jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2019 lalu.

Ada sejumlah produk yang berkontribusi besar dalam penjualan MINI di awal tahun ini. Produk tersebut adalah MINI Countryman rakitan lokal menjadi ‘backbone’ penjualan dengan angka 60 unit atau menopang 41 persen.

Pada posisi kedua, ada MINI 3 Door yang berhasil terjual 46 unit atau berkontribusi sebesar 32 persen penjualan. Serta MINI Cabrio/Convertible yang memiliki penjualan sebesar 19 unit dan berkontribusi sebesar 13 persen.

Lalu sebenarnya seperti apa sosok mobil terlaris MINI tersebut? Kali ini Moladin akan mengupas lengkap spesifikasi MINI Countryman Indonesia.

Baca juga  MINI Countryman Blackheath Edition Dijual Rp799 Juta, Cuma 24 Unit

Spesifikasi MINI Countryman Indonesia

MINI Countryman rakitan lokal
Produk MINI sudah dirakit secara lokal

Menurut Kidd Yam, selaku Head of MINI Asia, MINI Countryman merupakan mobil yang semakin populer di Indonesia. Tahun lalu permintaannya meningkat dan melalui perakitan lokal MINI mampu mengirim lebih dari 273 unit.

MINI Countryman diketahui saat ini sudah dirakit lokal atau completely knocked down (CKD) di pabrik BMW Production Network 2 di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Produk ini hanya tersedia dalam dua varian yakni Mini Cooper Countryman dan Mini Cooper S Countryman Sports. Ciri khasnya punya desain bongsor dengan ground clearance tinggi. Sekilas mirip kombinasi SUV dan hatchback sport.

Alhasil kenyamanannya teruji bukan hanya saat diajak berkendara di dalam kota. Tapi juga istimewa ketika melewati berbagai, jalan yang minim aspal.

Soal interior, Countryman juga paling bongsor dibanding MINI lain. Di dalamnya sanggup menampung lima orang dewasa dengan cukup lega. Kemudian masih tersisa bagasi luas untuk meletakkan barang.

Cooper S Countryman Sports dilengkapi dengan John Cooper Works Aerodynamic Kit, MINI Head-Up Display, Parking Assistan dengan view camera, Harman Kardon 12-Loudspeaker HiFi system, dan John Cooper Works Course Velg 19 Inci Spoke 2-tone.

Untuk Cooper Countryman, mendapatkan sejumlah fitur serupa seperti Cooper S Countryman Sports, yakni 2 kursi pada Picnic Bench, pintu bagasi belakang elektrik alias power tailgate dan ditambah dengan easy access yang memungkinkan pintu bagasi dapat dibuka dan ditutup tanpa disentuh.

Baca juga  Mengenal Morris Mini Cooper MK1, Koleksi Raffi Ahmad

Selain itu jok belakang dapat digeser secara longitudinal hingga 13 cm, sandaran kursi belakang dapat diatur sudut kemiringannya serta pelipatan yang bisa dilakukan dengan pembagian 40:20:40.

Mesin Bertenaga dengan Twin Power Turbo

spesifikasi mini countryman Indonesia
Soal mesin, tidak perlu diragukan, lantaran performanya dilengkapi teknologi twin power turbo

Bagaimana dengan spesifikasi mesin Mini Countryman Indonesia? Jantung pacu Cooper Countryman dipersenjatai mesin Twin Power Turbo Technology tiga silinder berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 136 dk dengan torsi 220 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Mesin itu diklaim mampu menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9,6 detik serta kecepatan puncak 200 km/jam.

Sedangkan spesifikasi Cooper S Countryman Sports dilengkapi mesin Twin Power Turbo empat silinder berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 192 dk dengan torsi 280 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Mobil ikonik ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,4 detik dan memiliki kecepatan puncak 224 km/jam.

Banderol yang ditawarkan, Rp 735 untuk MINI Cooper Countryman dan Rp 949 juta untuk Cooper S Countryman Sports.

MINI Countryman Blackheath Edition, Jumlahnya Terbatas

MINI Countryman Blackheath Edition

Terbaru MINI Indonesia juga turut menghadirkan MINI Blackheath Edition, yang merupakan produk edisi spesial dari Countryman.

Mobil ini diperkenalkan secara virtual dan dipasarkan secara terbatas, hanya ada 24 unit. Secara global, Countryman Blackheath Edition hanya ada di dua negara, yakni Malaysia dan Indonesia.

Baca juga  MINI Countryman Blackheath Edition Dijual Rp799 Juta, Cuma 24 Unit

Secara tampilan, Countryman Blackheath Edition mengusung kelir dominasi hitam. Mobil ini menampilkan matte tone Bonnet Stripes dalam Brushed Aluminium.

Ada juga Piano Black Trims menghiasi trim headlight dan taillight, grille depan, gagang pintu, emblem depan dan belakang, dan tailgate badge Countryman. Edisi spesial ini juga menggunakan desain fog lamp baru dan Aerodynamic Mirror Caps.

Beralih ke interior, Blackheath Edition mendapatkan sentuhan headliner Anthracite ramping yang dilengkapi dengan kursi sports Leather Cross Punch dalam Carbon Black. Produk ini juga didukung desain kabin dari John Cooper Works Interior Surface dalam Piano Black.

Hal ini membuat pengemudi bisa memilih dari 12 warna ambient melalui satu toggle. Akustik disuplai oleh Harman Kardon Sound System 12 High Performance Speaker dengan DSP Amplifier dan teknologi Class-D dengan output 360-watt.

Pada jantung pacunya, mengandalkan mesin 2.0 liter MINI TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 192 hp dan torsi 280 Nm. Mesin itu mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 7.5 detik dan memiliki kecepatan puncak 225 km/jam.

Tenaga yang dihasilkan disalurkan melalui transmisi otomatis 7-Percepatan Dual Clutch Sports terbaru. Menyoal harga, mobil ini dijual Rp 969 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Itulah tadi sekilas tentang spesifikasi Mini Countryman yang dijual di Indonesia. Apakah kamu tertarik meminangnya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru