by

Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5, Futuristik Retro

Mobil listrik baru keluaran pabrikan Korea Selatan, kembali menyapa industri otomotif dunia. Kali ini lewat Hyundai Ioniq 5, kendaraan yang memiliki bahasa desain futuristik sekaligus retro.

Aura retro terpancar, karena mobil tersebut merupakan penjelmaan dari Hyundai Pony yang merupakan produk pertama merek mobil H miring. Kehadiran Ioniw sekaligus mengangkat perjalanan 45 tahun dari desain Hyundai.

Hyundai Ioniq 5, hadir untuk memenuhi gaya hidup masyarakat luas dengan desain crossover utility vehicle (CUV) yang memberikan nuansa baru. Di samping itu, kehadirannya juga dibangun di atas platform baru khusus Baterai Electric Vehicle (BEV).

Secara spesifiaksi dasarnya, Hyundai Ioniq 5 dibangun di atas platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Keunggulannya adalah dimensi yang lebih proporsional sehingga menghadirkan wheelbase yang lebih maksimal ketimbang platform yang lainnya.

Di samping itu, dengan pengadopsial E-GMP ini juga menawarkan sesuatu yang lebih spesial karena platform ini dibekali dengan material yang ramah lingkungan di beberapa titik. Selain itu, pada penggunaan platform ini juga Hyundai mengatakan performa platform memiliki kualitas yang lebih kuat.

Baca juga  Mengenal Hyundai Ioniq, Mobil Dinas Ridwan Kamil yang Ramah Lingkungan

“Ioniq 5 menghadirkan gaya hidup tanpa batas dan secara proaktif memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan selama perjalanan mereka,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company, dalam keterangan resminya.

Tersedia Dua Pilihan Motor Listrik

Hyundai Ioniq 5 resmi mengaspal
Hyundai Ioniq 5 dibekali dengan dua motor listrik pilihan

Kehadiran Hyundai Ioniq 5 ini juga ditawarkan dalam beberapa pilihan powertrain yang bisa dipilih oleh konsumen. Hal ini sebagai langkah untuk menyesuaikan kinerja yang sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

Pilihan tenaga yang bisa dipilih adalah baterai dengan kapasitas 58 kWh atau 72,6 kWh. Selain itu, konsumen juga bisa memilih mengenai tata letak baterai listrik. Hyundai memberikan pilihan untuk di tempatkan di bagian belakang saja atau di keduanya.

Dengan berbekal kapasitas baterai tersebut, kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan dari baterai ini adalah mampu memberikan kecepatan tertinggi sampai 185 kpj. Untuk baterai dengan spesifikasi 72,6 kWh pabrikan sudah membekalinya dengan sistem penggerak all-wheel drive.

Mengenai tenaga yang mampu diproduksi adalah sebesar 225 kWh dan torsi maksimumnya 605 Nm. Dengan begitu, untuk soal akselerasi, Hyundai Ioniq 5 dapat melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan 5,2 detik.

Baca juga  Kantor Regional Hyundai Asia Pasifik Pindah ke Indonesia

Hyundai Ioniq 5 tidak hanya dibekali dengan spesifikasi tenaga yang mumpuni, tetapi untuk pengisian ulang baterai juga sudah mengadopsi fitur unggulan di mana mobil ini mampu mengoperasikan pengisian cepat.

Jika menggunakan pengisi daya listrik berkekuatan 350 kW, maka Hyundai Ioniq 5 dapat mengisi daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dengan waktu 18 menit. Bahkan, menurut klaim Hyundai, mobil ini juga bisa menempuh jarak 100 km hanya dengan pengecasan selama 15 menit.

Harga Hyundai Ioniq 5

hyundai ioniq 5
Mobil listrik ini siap diperkenalkan pada Semester 1 tahun 2021

Tertarik punya mobil listrik terbaru asal Korea Selatan ini? Sayangnya sampai sekarang Hyundai Ioniq 5 baru diperkenalkan. Harga juga belum diumumkan.

Bocoran dari berbagai media Asing, nominalnya ada di angka $40,000 atau setara Rp 563 jutaan. Hanya saja bila masuk Indonesia nanti, pastilah banderolnya jadi jauh lebih mahal.

Kalau melihat fitur-fiturnya yang sangat lengkap. Maka bukan tidak mungkin banderolnya ada di atas Ioniq dan Kona Electric. Alias di atas Rp 600 jutaan.

Informasi resmi yang kami dapat, Hyundai bakal menjual kendaraan ini tidak lama lagi. Tepatnya masih pada 2021. “Ioniq 5 akan tersedia di beberapa negara  mulai semester pertama tahun 2021,” begitu bunyi rilis Hyundai.

Baca juga  4 Kelebihan Hyundai Ioniq, Jangan Asal Beli!

Mari kita tunggu saja sama-sama kehadirannya secara resmi di Tanah Air yang masih entah kapan. Satu yang jelas, setelah Ioniq 5, Hyundai masih punya Ioniq 6 yaitu sedan listrik, dan IONIQ 7 sebuah large-SUV listrik.

Kabarnya bahasa desain ketiga mobil tersebut mirip-mirip. Futuristik dan tetap beraroma retro. Menarik bukan? Untuk seputar informasi otomotif simak terus moladin.com

Terbaru