Simak Spesifikasi Mobil Yang Evakuasi Donald Trump Saat Ditembak Pas Kampanye

by Firdaus Ali
Mobil yang evakuasi Donald Trump

Berikut akan kita ulas mengenai spesifikasi mobil yang evakuasi Donald Trump saat ditembak saat kampanye salah satu wilayah Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Kejadian ‘horor’ baru saja menimpa calon presiden Amerika Serikat Donald Trump saat Ia sedang berkampanye di Butler, Pennsylvania, Amerika Serikat (14/7).

Kejadiannya bermula saat Donald Trump sedang melakukan pidato di depan para pendukungnya. Di tengah-tengah acara tiba-tiba sebuah peluru menyasar ke arah Trump dan mengenai bagian telinga sebelah kanan.

Darah langsung berlumuran dibagian pipi dan telinga kanan Trump. Detik itu juga pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat (Secret Service) langsung mengamankan Donald Trump dari potensi serangan selanjutnya dengan cara mengerubungi Trump dan segera mengevakuasi keluar dari lokasi kampanye menggunakan sebuah mobil SUV (Sport Utility Vehicle) hitam yang diketahui Chevrolet Suburban Limousine Edition.

Dilansir dari laman WarZone, mobil Chevrolet Suburban Limousine Edition yang digunakan oleh Secret Service adalah model khsusus yang tidak dijual umum alias hanya diperuntukan bagi pasukan keamanan Secret Service atau pasukan khusus lain.

Spesifikasi Mobil Yang Evakuasi Donald Trump (Chevrolet Suburban Limousine Edition)

Chevrolet Suburban Limousine Edition adalah mobil yang evakuasi Donald Trump sesaat setelah Ia ditembak oleh seorang pemuda berusia 20 tahun dari jarak jauh. Mobil SUV berukuran ‘jumbo’ itu langsung sigap menyelamatkan Trump dari lokasi.

Produksi Chevrolet Suburban Limousine Edition hanya dikhususkan untuk kepentingan pengamanan seluruh presiden Amerika Serikat. Baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif seperti Donald Trump.

“Chevrolet Suburan Limousine Editon hanya tersedia untuk kebutuhan presiden dan militer,” jelas The War Zone.

Seluruh modifikasi mobil tersebut sepenuhnya dilakukan oleh Chevrolet. Secret Service hanya tinggal menggelontorkan dana supaya mobil anti peluru tersebut bisa jadi tempat paling aman buat presiden Amerika Serikat dan anggota Secret Service.

“Banyak perubahan yang terjadi dari sisi keamanan di mobil itu. Salah satunya adalah penguatan atap mobil guna menghindari serangan drone yang kini semakin marak,” tulis The War Zone.

Bicara jantung pacunya, Chevrolet Suburban Limousine Edition mengadopsi mesin V8 6.200 cc. Jantung pacu ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 420 hp serta torsi 623 Nm.

Meski begitu, soal fitur-fitur banyak dirahasiakan karena alasan keamanan. Yang pasti di dalam mobil terdapat lapisan baja, terhubung dengan sistem komunikasi, sistem pertahanan, dan peralatan elektronik lainnya. Kacanya juga berlapis antipeluru sebagaimana kendaraan presiden pada umumnya.

Oh ya, mobil ini sebenarnya pernah hadir di Indonesia saat digunakan Wakil Presiden Amerika Serikat hadir di KTT ASEAN di Jakarta pada September 2023 lalu.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika