Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Nissan X-Trail Terbaru, Gagah dan Bertenaga!

by Baghendra Lodra
spesifikasi nissan x-trail terbaru

Akhirnya spesifikasi Nissan X-Trail terbaru terungkap. SUV berdimensi sedang ini resmi meluncur untuk pertama kalinya di Amerika Serikat dengan nama Rogue, pada Senin (15/6).

X-Trail atau Rogue adalah mobil yang sama. Cuma beda nama, untuk pasar Asia lebih dikenal sebagai X-Trail. Sementara masyarakat Amerika Serikat mengetahuinya sebagai Rogue. Ada satu lagi penyebutan X-Trail yaitu Qashqai, ini khusus konsumen Eropa.

Dari sisi tampilan, ubahan X-Trail terbaru sangat jelas. Bodinya terlihat semakin gagah dengan garis-garis tegas. Bukan cuma itu, revisi juga hadir untuk sektor mesin dan penambahan fitur. Jadi ini bukan sekadar facelift, melainkan generasi baru.

“All New Rogue (X-Trail) memiliki desain sesuai kebutuhan keluarga muda. Hadir untuk memenangkan pasar midsize crossover dengan kombinasi ideal antara desain, teknologi mutakhir, keselamatan, kenyamanan, dan kemampuan adaptasi,” kata Vice President Nissan Amerika Serikat, Mike Colleran dalam siaran pers resminya.

Bila melihatnya sekilas, generasi terbaru ini sukses membuat X-Trail naik kelas. Fitur-fitur baru yang hadir persis sekali dengan mobil premium. 

Pertanyaannya, apakah benar X-Trail sehebat klaim Nissan? Untuk dapat jawaban, lebih baik kamu cek spesifikasi Nissan X-Trail terbaru lewat tulisan berikut:

Desain Modern dan Gagah Khas SUV

spesifikasi nissan x-trail terbaru

Tampilan X-Trail anyar sungguh istimewa dengan desain bodi two tone selayaknya mobil-mobil Nissan modern

Bila melihat spesifikasi Nissan X-Trail terbaru dalam hal desain, kamu bakal dibuatnya terkagum. Apalagi untuk para pecinta tampilan mobil gagah. X-Trail generasi terbaru pastinya sangat memikat

Bodinya kekar dengan garis-garis tegas. Sektor paras berubah lebih gagah dengan penggunaan grille besar. Menariknya grille tersebut punya fitur yang bisa mengatur masukkan udara sejuk ke mesin. Alhasil mesin selalu dalam suhu optimal dan performa yang dihasilkannya bakal stabil, meski melalui perjalanan jauh.

Baca juga  Kupas Tuntas Nissan Evalia Bekas, Masih Layak Dibeli?

Kemudian revisi juga muncul di sektor pencahayaan. Lampu depan diletakkan agak ke bawah dan terpisah dari daytime running light. Desain serupa juga ada Nissan Serena selaku saudaranya yang bergaya MPV.

Walau secara tampilan kekar, namun Nissan mengklaim dimensi X-trail terbaru lebih ringkas. Tingginya berukurang 0,2 inci, begitu pula panjangnya yang disunat 1,5 inci.

Lalu yang juga menarik adalah skema warna bodi. Kini Nissan memberi gaya two tone ke X-Trail terbaru. Atap dan bodinya memiliki perbedaan warna, juga persis Serena.

Baca juga:

Interior Mewah dengan Banyak Fitur Modern

spesifikasi nissan x-trail terbaru

Kemewahan interiornya setara dengan mobil premium, seperti bukan X-Trail yang kita kenal

Masuk ke interior, spesifikasi Nissan X-Trail terbaru di dalam kabin pun istimewa. Di pasar Amerika Serikat, mobil ini memiliki jok dengan memory seat untuk memaksimalkan kenyamanan.

Kemudian di bagian belakang ada tombol untuk melipat kursi secara praktis, supaya menjadikan bagasi lebih luas. Nissan juga memberi karpet yang dapat dicopot sehingga mudah untuk dibersihkan.

Hal menarik lain, di varian Platinum atau varian tertinggi sudah ada panel instrumen 12,3 inci digital, head up display, wireless charging, dan head unit layar sentuh berukuran 9 inci. Semua itu sukses membuat kabin X-Trail jadi semakin mewah.

Buat penumpang di bangku baris kedua, kenyamanan juga diutamakan. Di jok tengah terdapat hand rest portable. Lalu pintu belakang pun dibuat lebih besar untuk memudahkan keluar masuk penumpang.

Baca juga  Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross, Beli yang Mana?

Soal kapasitas kabin, memang cuma 5-orang karena disesuaikan dengan pasar Amerika Serikat. Bukan tidak mungkin saat masuk Indonesia nanti, X-Trail terbaru tetap punya spesifikasi kabin 7-orang seperti kesuakaan masyarakat Tanah Air (bangku paling belakang untuk anak-anak).

Spesifikasi Nissan X-Trail untuk Mesin, Lebih Bertenaga

spesifikasi nissan x-trail terbaru

Jantung mekanis tetap pakai 2.5 liter, namun torsi dan tenaganya naik jauh

Bicara spesifikasi Nissan X-Trail terbaru untuk mesin. Kapasitasnya tidak berubah, masih mengandalkan 2.5 liter, DOHC, empat silinder. Meski demikian, ada banyak revisi yang diberikan.

Kini Nissan bukan cuma fokus pada kenyamanan, tapi juga kesenangan berkendara. Dengan begitu, X-Trail bukan sekadar mobil keluarga, tapi juga kendaraan yang asik untuk dipacu cepat.

Revisinya ada di pengguaan fitur mirror bore coating dalam proses produksi mesin. Hal ini berefek ke peningkatan efisiensi dan pengurangan gesekan. Sebelumnya proses mirror bore coating telah diaplikasikan ke Nissan GT-R.

Ada pula revisi terkait oil pump, e-VTC, dan lain-lain. Efeknya, performa meningkat signifikan. “Tenaga kini 181 hp, naik 11 hp. Torsi juga bertambah 8 Nm menjadi 245 Nm,” seperti dikutip dari laman resmi Nissan Amerika Serikat.

Revisi lain yang hadir adalah electric power steering terbaru dengan quick gear ratio, membantu meminimalkan koreksi. Lalu ada suspensi depan baru dengan enam titik mounting dan multi-link di belakang juga anyar. Soal sistem pengereman, keempat roda sudah pakai cakram dengan anti-lock braking system (ABS).

Fitur keselamatan Nissan X-Trail terbaru pun semakin lengkap. Kini ada ProPilot Assist dengan Navi-Link. Cara kerjanya menggunakan radar generasi anyar dan kamera. Guna fitur ini untuk memberi banyak informasi ke pengendara seperti batas kecepatan, pendeteksi lajur, serta masih banyak lagi.

Baca juga  Sales Buka Pemesanan Toyota Corolla Cross GR Sport di Indonesia!

Belum selesai, fitur keselamatan lain juga hadir dengan nama Safety Shield 360. Ini terintegrasi dengan automatic emergency braking with pedestrian detection, blind sport warning, rear cross traffic alert, lane departure warning, high beam assist, dan rear automatic braking.

Jumlah air bag di Nissan X-Trail terbaru bertambah jadi 10 unit. Penambahan lain adalah zona crumple zones yang mampu mencegah energi tumbukan terhantar langsung ke penumpang.

Harga Nissan X-Trail Terbaru

spesifikasi nissan x-trail terbaru

Soal harga, sampai sekarang belum diumumkan. Hanya saja kalau melihat penambahan fiturnya, bakal melonjak jauh dibandingkan yang dijual sekarang

Usai mengetahu spesifikasi Nissan X-Trail generasi terbaru secara lengkap, berapa harganya? Satu yang pasti, harga SUV ini bakal naik. Apalagi melihat fitur-fiturnya yang semakin mewah dan modern. 

Sampai saat ini di Amerika Serikat juga belum diumumkan perihal harga. Pasalnya pemesanan pun baru dibuka pada akhir 2020.

Dengan demikian, kemungkinan Nissan X-Trail terbaru masuk Indonesia juga semakin mundur. Bukan tidak mungkin, baru hadir pada tahun depan.

Kembali lagi soal harga, saat ini X-Trail yang dijual di Tanah Air punya banderol Rp547,7 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut tidak beda jauh dengan kompetitor yaitu Mazda CX-5 dan Honda CR-V.

Bila masuk Indonesia nanti, X-Trail generasi terbaru tetap bisa menjaga harga. Mungkin sunat sedikit fitur tidak jadi soal. Apalagi masyarakat Indonesia belum terlalu melek fitur, yang terpenting adalah desain dan performa. 

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika