by

Spesifikasi SM Sport SM3, Moto Guzzi Versi Murah

Spesifikasi SM Sport SM3 – Motor retro memang sedang naik daun. Terbukti dari pemainnya yang kian ramai di pasar otomotif Indonesia, tidak terkecuali SM Sport.

Merek kuda besi blasteran Taiwan-Malaysia tersebut sebelumnya telah memiliki dua produk retro: V16 dan SM Classic. Kini mereka siap menambah satu lagi lini motor retronya dengan memperkenalkan SM Sport SM3.

Informasi kehadiran SM Sport SM3, kami ketahui dari laman Instagram resmi MForce Indonesia selaku pemegang merek SM Sport di Tanah Air. “Coming soon SM Sport SM3,” tulis akun tersebut.

Bila melihat detail, tampilan SM Sport SM3 sungguh mirip dengan SM Sport RE3 yang pernah diperkenalkan pada Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019. Lalu apa bedanya?

“Secara bentuk sama saja, cuma ganti nama dan ada ABS (anti-lock braking system),” kata Asisten Manager Sales & Marketing PT MForce Indonesia, Yulius Sofyan Wahyudi ketika dihubungi Moladin via pesan singkat, hari ini (10/6).

Ingin tahu lebih detail spesifikasi SM Sport SM3? Berapa harganya? Simak tulisan berikut:

Desain Retro Mirip Motor Gede Italia

spesifikasi sm sport sm3
Kalau melihat sekilas, tampilannya mirip Moto Guzzi V7, namun dengan dimensi lebih ringkas

Keistimewaan spesifikasi SM Sport SM3, salah satunya ada di desain. Motor retro ini memiliki tampilan seperti motor gede Italia, Moto Guzzi V7. Hanya saja dimensinya lebih ringkas.

Baca juga  Super Cub EV Keluaran Zongshen Cuma Rp 28 Jutaan

Baca Juga: Motor Retro Honda CB190 SS, Cocok Lawan XSR 155.

Persamaan SM Sport SM3 dan Moto Guzzi V7 ada di desain tangki yang berotot. Kemudian joknya rendah dan knalpot kembar agak menukik ke atas jadi ciri khas.

Bedanya, Moto Guzzi V7 pakai mesin V-twin melintang. Sementara SM Sport SM3 menggunakan mesin dua silinder segaris.

Lalu yang jadi pembeda di SM Sport SM3, terdapat visor kecil di atas panel instrumen. Bukan cuma itu, ada sepatbor yang terpisah dari bodi belakang, menempel di ban. Pelek yang dipakai juga gaya jari-jari, dengan begitu kesan klasik lebih terasa.

Kelebihan lain dari motor ini, joknya rendah cuma 770 mm. Alhasil pemilik postur 168 cm, tidak bakal percaya diri duduk, lantaran kaki dengan mudah menapak aspal.

Dalam hal ukuran roda, SM Sport SM3 menggunakan ban lebar. Di depan 120/70-17 inci dan belakang 150/70 inci. Selain membuat tampilan semakin gagah, ban lebar juga menjadikan motor semakin stabil saat diajak melaju cepat.

Baca juga  Motor Retro Jialing 250 cc, Harga Rp 30 Jutaan

Tabel Dimensi SM Sport SM3

PXLXT

2.065 x 810 x 1.120 mm

Jarak Sumbu Roda

1.380 mm

Tinggi Jok

770 mm

Jarak Terendah ke Tanah

145 mm

Berat

184 Kg

Baca juga:

Spesifikasi SM Sport SM3 Pakai Mesin 377,8 cc

sm sport sm3
Jantung mekanisnya punya performa yang cukup untuk motor retro

Meski bentuknya ringkas, namun spesifikasi SM Sport SM3 soal mesin tidaklah kecil. Jantung mekanisnya menggendong kubikasi 377,8 cc. Mesin itu berkonfigurasi dua silinder, DOHC, dan memiliki padanan transmisi 6-percepatan.

Soal performa, Mesin SM Sport SM3 mampu melontarkan torsi hingga 33 Nm pada 6.500 rpm serta tenaga 36,2 hp pada 9.000 rpm. Kecepatan maksimalnya diklaim sampai 138 Kpj.

Di atas kertas, performanya cukup bertenaga untuk kelas retro 400 cc. Kemudian untuk kapasitas tangki bensin, hingga 19 liter.

Terkait kaki-kaki penunjang performa, di depan telah menggunakan suspensi upside down yang kekar. Sementara di belakang pakai jenis ganda.

Tabel Spesifikasi Mesin SM Sport SM3

Kapasitas Mesin

378 cc

Konfigurasi

Dua Silinder, 4-tak, Pendingin Cairan

Torsi Puncak

33 Nm / 6.500 rpm

Tenaga Maksimal

36,2 hp / 9.000 rpm

Sistem Transmisi

6-Percepatan Manual

Baca juga  3 Alasan Harga Royal Alloy GP200S Lebih Mahal dari Kompetitor

Fitur Modern dengan ABS dan Lampu LED

sm sport
Lampu depan SM Sport SM3 begitu menawan dengan desian bulat dan kombinasi LED

Bicara fitur, spesifikasi SM Sport SM3 cukuplah modern. Ada sistem pencahayaan full LED dan panel instrumen digital kombinasi analog.

Kemudian soal keselamatan, pengeremannya sudah dilengkapi cakram. Di roda depan pakai ukuran cakram 310 mm yang tampak sangat besar. Lalu di belakang, ukuran cakramnya 240 mm.

Hadir pula sistem ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan begitu, diharapkan pengendara masih bisa mengendalikan laju motor dan menghindar dari potensi kecelakaan.

Dengan segala kelebihan tersebut, harga SM Sport SM3 tidak sampai Rp100 juta. “Harga Rp88 jutaan,” kata Sofyan.  Bagaimana, tertarik untuk meminangnya? 

Sebagai informasi tambahan, motor ini merupakan produk rebadge dari merek asal Cina, Zongshen Cyclone RE3. Jadi kalau kamu melihat kemiripan, keduanya memang punya basis sama. jangan kaget ya!

Di Moladin, kamu bisa mendapatkan Motor SM Sport seperti SM Sport SM Classic, SM Sport V16 hingga SM Sport GY 150 dengan DP ringan!

Terbaru