Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300 GR Sport, Varian Termahal

by Baghendra Lodra
Toyota Land Cruiser 300 Gr Sport

Toyota resmi meluncurkan Land Cruiser 300 GR Sport untuk pasar Indonesia pada Kamis (13/1/2022). SUV premium ini hadir tidak lama setelah hadir lebih dulu di pasar Jepang pada akhir 2021.

Land Cruiser 300 GR Sport merupakan varian termahal yang dipasarkan oleh pabrikan berlogo T, harganya tembus Rp 2,37 miliar. Di samping itu, Toyota juga menjual varian VX-R yang banderolnya Rp 2,32 miliar.

“Toyota berusaha memenuhi harapan pelanggan terhadap Land Cruiser sebagai kendaraan yang menjanjikan membawa mereka ke mana saja dan kembali dalam keadaan selamat dan aman. Alhasil, Toyota mengembangkan All New Land Cruiser dengan standard pengembangan advance serta sesuai kebutuhan berdasarkan evaluasi dari penggunaan aktual para pelanggan di seluruh dunia,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima dalam rilis resminya.

Apa yang membuat model GR Sport ini lebih mahal? Mau tahu kelebihannya secara detail? Berikut bahasan lengkap spesifikasi Land Cruiser 300 GR Sport:

Tampil Gagah Dengan Pelek Aluminum 18 Inci Beraksen Gelap

land cruiser 300 gr sport

Toyota Land Cruiser 300 GR Sport mengusung pelek aluminum 18 inci dengan warna abu-abu gelap.

Ciri Land Cruiser 300 GR Sport dapat terlihat di eksterior. Ada banyak komponen dengan aksen hitam yang membuat tampilannya beda.

Baca juga  Harga Mobil Toyota Bulan Mei 2023, Zenix Masih Hybrid Termurah!

Sebut saja ada special radiator grille, special front bumper, special rear bumper, wheel arch molding hitam, emblem Toyota di belakang warna hitam, mud guards belakang, pelek aluminum 18 inci dengan warna abu-abu gelap.

Bukan cuma itu, Toyota juga memberi emblem GR Sport di depan, samping, dan belakang. Tidak ketinggalan lower back door decals, rocker molding hitam, outdoor side door handle hitam, dan lain-lain.

Kombinasi semuanya menjadikan tampilan varian GR Sport lebih sporty. Lalu yang juga menarik, pengembangan eksterior seperti itu berdasar masukan dari para pembalap Dakar Rally.

“Untuk 2023, Team Land Cruiser Toyota Auto Body berencana ikut dalam Dakar Rally dengan basis utama (Land Cruiser) 300 Series GR Sport,” seperti dikutip dari laman resmi Toyota Jepang.

Lalu desain interior mobil ini juga tidak kalah istimewa. Ada pilihan kombinasi warna kabin hitam dan merah. Kemudian Toyota memberi pula berbagai keistimewaan. Sebut saja setir yang dibalut kulit dengan penyematan GR emblem.

Interior Land Cruiser Cruiser GR Sport pun memiliki tampilan head unit khusus ketika diaktifkan. Smartkey dengan emblem GR, head rest bangku pertama dengan emblem GR, dan lain-lain.

Baca juga  Toyota Innova Modellista Versi Termewah, Berapa Harganya?

Fitur Offroad yang Istimewa

land cruiser 300 gr sport

Dengan kemampuan off road yang bertambah Toyota juga memperkuat SUV tersebut dengan bodi dan rangka lebih ringan 200 kg.

Salah satu yang mencolok dari dari Land Cruiser generasi terbaru ini adalah klaim kemampuan offroad yang lebih baik dibanding pendahulunya. Peningkatan kemampuan off road ini dikatakan Toyota akibat dari revisi di bagian suspensi.

Khusus untuk Land Cruiser 300 GR Sport, ada tambahan New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension. Efeknya mobil jadi mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

“Spesial untuk tipe GR Sport, terdapat fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang, sementara tipe VX-R dibekali dengan Torque Sensing LSD di roda belakang,” seperti dikutip dari rilis resmi TAM.

Sistem E-KDSS ini berfungsi untuk memberikan fleksibilitas gerak suspensi. Diklaim dapat mendukung artikulasi kaki-kaki saat off-road atau meminimalisir body roll di jalan rata.

Sistem E-KDSS ini sendiri merupakan pengembangan dari KDSS yang digunakan pada seri Land Cruiser 200 sebelumnya. Dengan kemampuan off road yang bertambah Toyota juga memperkuat SUV tersebut dengan
bodi dan rangka lebih ringan 200 kg, penurunan pusat gravitasi, penyempurnaan distribusi bobot, dan penguatan struktur suspensi.

Baca juga  Toyota Innova Zenix Bensin Kuat Nanjak? Ini Hasilnya

Ada pula teknologi terkini seperti multi-terain monitor di Land Cruiser terbaru baik itu varian GR-Sport dan VX-R. Fungsinya memudahkan pengendara melihat rintangan offroad yang dihadapi di depan mobil. Tidak ketinggalan ada mode berkendara yang bisa mengatur secara otomatis pilihan yang dibutuhkan ketika melewati medan tertentu.

Soal mesin diesel yang diusung, pakai konfigurasi V6 berkapasitas 3,3-liter. Dengan capaian torsi 700 Nm pada  1.600 – 2.600 rpm dan tenaga 305 PS pada 4.000 rpm. Lalu bicara transmisi mengandalkan 10-speed Direct Shift-10AT.

Sistem penggerak yang digunakan adalah 4×4. Oleh karenanya, tidak perlu lagi diragukan soal kemampuannya melibas jalan offroad.

Harga Land Cruiser 300 GR Sport di Indonesia

spesifikasi land cruiser 300 gr sport

Interior varian GR Sport lebih sporty dengan kombinsi aksen merah dan hitam

Jika kamu tertarik, Land Cruiser 300 terbaru memiliki empat pilihan harga. Di mana banderol varian GR Sport yang paling tinggi dibanding VX-R.

  • VX-R 4×4 A/T Non Premium Color : 2.327.800.000
  • VX-R 4×4 A/T Premium Color : 2.330.800.000
  • GR Sport 4×4 A/T Non Premium Color : 2.378.800.000
  • GR Sport 4×4 A/T Premium Color : 2.381.800.000

Demikian ulasan terkait Land Cruiser 300 GR Sport terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update konten berita otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika