oleh

Starlet Turbo Look EP71, Modifikasi Ala Mahasiswa

Anak muda naik mobil tua, itulah Audi Febriansyah dengan Starlet Turbo Look EP71 miliknya. Ya, sejauh ini ubahannya memang tampilan saja. Namun, hal tersebut tetap patut diapresiasi.

Pasalnya Audi membuat Toyota Starlet Kotak lansiran 1989 ini jadi istimewa. Bukan cuma eksteriornya diubah jadi versi Starlet Turbo, tapi juga interior ikut mendapat sentuhan.

Lalu proses modifikasi Starlet Turbo Look EP71 milik Audi pun tidak mudah. Wajar, karena memang komponen-komponen yang dicarinya sudah terbilang langka alias sulit dicari. Total biaya modifikasi bahkan tembus sekitar Rp 50 jutaan.

“Saya restorasi dua tahun. Dulunya starlet kotak biasa, sudah ada bodi kit sih, tapi beberapa masih ada yang salah (Tidak sesuai dengan Starlet GT),” kata Audi yang masih berusia 24 tahun.

Dengan bahan Starlet EP71 yang sudah pakai bodi kit itu, bukan berarti proses modifikasinya jadi lebih mudah. Tetap banyak hal yang perlu dilakukan. Eksterior misalnya, perlu menghilangkan keropos, mengganti karet-karet, hingga cat ulang.

“Itu awalnya side skirt masih salah, nat bodi berantakan, dibalikin ke originalnya dia sesuai katalog. Garis-garis bodi, lekukan bodinya juga tidak bisa sembarangan. Takutnya terlalu tajam, terlalu tebal, terus karet-karet juga susah carinya,” beber mahasiswa ITB tersebut.

Baca juga  Daihatsu Gran Max dan Luxio Modifikasi di GIICOMVEC

Interior Khas Starlet Turbo

toyota starlet turbo look ep71 - interior
Tampilan interior sudah mirip sekali dengan Toyota Starlet Kotak versi Turbo

Selain eksterior, modifikasi Starlet Turbo Look EP71 ini juga menyentuh interior. Joknya diubah sesuai dengan Starlet GT. Begitu pula sabuk pengaman atau safety belt, juga setir.

Kemudian panel-panel pintu pun ikut dimodifikasi. “Sebelumnya bahannya, saya balikin ke model aslinya (kain atau fabric), mirip,” beber anggota dari komunitas Rally Look Indonesia tersebut.

Sebenarnya untuk interior ini, awalnya Audi sempat bimbang. Konsep pertamanya, ingin Starlet Kotak tersebut jadi ala mobil balap. Alias ada rool bar, lalu interior dicopot sana sini.

Hanya saja, konsep tersebut berubah lantaran dia mendapatkan jok khas Starlet Turbo. Akhirnya diputuskanlah untuk menjadi Starlet Turbo Look saja!

“Untuk jok dan interior itu habis sekitar Rp 20 jutaan,” jelasnya.

Walau demikian, sekali lagi ini hanya turbo look. Pasalnya dari sektor mesin belum ada yang berubah. Masih pakai mesin standar 1.300 cc dari Starlet EP71.

Modifikasi Mesin Turbo yang Belum Kesampaian

toyota starlet turbo look ep71 - tampak depan
Ciri khas Starlet Kotak Turbo asli bisa terlihat bukan cuma dari body kit tapi juga mesinnya pakai turbo

Sejauh ini konsepnya memang masih turbo look, karena mesin belum disentuh sama sekali. Walau demikian, Audi mengatakan bahwa ke depannya penting juga untuk melakukan ubahan di jantung mekanis. Terlebih jika memang ingin membuat Starlet Turbo yang sebenarnya.

Baca juga  Panduan Modifikasi Calya, Biar Tidak Mirip Taksi Online

“Karburator, piston harus sesuai semua, balik ke arah katalognya mobil itu,” beber Audi.

Hanya saja, tentu tidak mudah. Butuh usaha lebih, termasuk uang. Modifikasi yang sekarang saja sudah meminta bantuan dari kocek orang tua.

Dari sisi performa, Audi untuk sekarang cuma bermain di kaki-kaki saja. Hal ini dilakukan agar rasa berkendara Starlet Turbo Look EP71 miliknya lebih mantap.

“Kaki-kaki pakai Tein di depan dan H&R buat belakang. Mesin sejauh ini refresh saja,” jelas anak muda yang tergabung di komunitas Bocah Touring Retro (BTR).

Lalu pelek pun belum pakai original, masih super copy. Ya, namanya juga masih mahasiswa!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru