oleh

Suzuki Baleno Baru, Lebih Modern dan Irit!

Suzuki Baleno baru resmi di perkenalkan di India dan Afrika baru-baru ini. Hatchback tersebut merupakan versi facelift kedua dari generasi keempat.

Generasi ini di Indonesia rilis pertama kali pada tahun 2015 dan melakukan facelift pertamanya di tahun 2019. Kini model facelift keduanya diprediksi juga akan hadir di Indonesia, dalam waktu dekat.

Yang menarik di sini meski hadir dalam rupa facelift namun ubahan yang terjadi pada mobil Suzuki Baleno baru lumayan banyak. Mulai dari eksterior, interior hingga fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan baru.

Soal mesin, di India, sedan ini hadir dalam pilihan konfigurasi 1.2 liter berkode K12N. Mesin ini menyajikan tenaga 90 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.400 rpm.

Tenaga dan torsi itu disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan dan otomatis AMT atau Automated Manual Transmission. Ya, bukan pakai otomatis konvensional. Agak aneh memang, karena AMT kurang populer kalau masuk Indonesia.

Dengan kombinasi mesin dan transmisi tersebut, Suzuki Baleno facelift versi India diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Klaim pabrikan, Baleno manual konsumsi bahan bakarnya tembus 22,35 kilometer per liter, sedangkan matik AMT 22,94 kilometer per liter.

Baca juga  Suzuki Swift CNG Sedang Uji Jalan, Lebih Irit!

Sedangkan versi Afrika Selatan mengusung kode mesin K15B 1.5 liter dengan tenaga mencapai 105 PS torsi 138 Nm. Kubikasi yang lebih besar, berefek ke performa mantap.

Terkait perbedaan desain, terjadi di beberapa sektor. Di interior, ubahan paling mencolok pada desain gril baru yang mengusung pola sarang lebah berwarna hitam dan dikombinasikan dengan aksen krom pada sisi bawahnya.

Begitu juga dengan lampu utama yang memilki desain lebih ramping dan sudah mengadopsi teknologi lampu LED DRL. Pada bumper yang berdesain baru tersebut juga disematkan lampu kabut berbentuk bulat. Sedangkan pada pelek masih sama dengan versi sekarang di Indonesi yakni berukuran 16 inci.

Baleno Dapat Banyak Fitur Baru

Suzuki Baleno Baru
Interior Suzuki Baleno baru

Sedangkan untuk fitur-fiturnya Suzuki Baleno baru mengadopsi auto climate control, konektivitasAndroid Autodan Apple CarPlay. Kemudian ada remote keyless entry, push-button start/stop, cruise control, follow me home/lead to vehicle headlamps. Yang menarik, mobil ini kini dilengkapi dengan fitur Voice Command ‘Hi Suzuki’.

Baca juga  6 Kiat Lulus Uji Emisi Mobil Ala Suzuki, Tidak Sulit

Kemudian, setir juga dilengkapi dengan pengaturan tilt dan teleskopik.. Sedangkan perangkat keselamatan tetap memiliki dual airbag, rem ABS plus EBD, IRVM, sensor parkir mundur dan kamera.

Selain itu Baleno baru ukurannya juga sedikit lebih ramping. Meski chasis yang digunakan tetap sama dari sebelumnya yakni Heartect.

Kini panjang Suzuki Baleno menjadi 3.990 mm atau lebih pendek 5 mm dari sebelumnya. Tinggi lebih rendah 10 mm menjadi 1.500 mm. Sementara untuk lebar dan jarak sumbu roda, tetap sama, yakni 1.745 mm dan 2.520 mm.

Lantas kapan – kira unit ini akan beredar di Indonesia ? Beberapa sumber menyebutkan Suzuki Baleno baru akan hadir di Indinesia pada semester pertama tanun ini, dengan prediksi harga dari kami di rentang Rp 260 – 290 jutaan.

Demikian ulasan terkait bocoran Suzuki Baleno baru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru