by

Suzuki GSX-S1000 Model 2021, Cuma Rp 221 Jutaan

Pabrikan sepeda motor asal Hamamatsu Jepang, Suzuki akhirnya merilis motor Suzuki GSX-S1000 model 2021 secara virtual pada Senin (26/4/2021). Peluncurannya sendiri dilakukan di ajang Suzuki Motorcycle Global Salon yang berlangsung online.

Kegiatan tersebut juga jadi tempat peluncuran motor Suzuki lain seperti Hayabusa generasi terbaru dan Burgman 400 anyar. Munculnya Suuzuki GSX-S1000 terbaru pun sudah diprediksi sebelumnya, terlebih setelah muncul berbagai video dan foto teaser.

Secara model dan desain, terdapat beberapa ubahan yang dihadirkan Suzuki untuk GSX-S1000 model 2021. Pada bagian depan kita bisa lihat, lampu LED bertumpuk tiga memberikan pencahayaan maksimal dan terlihat sangat modern.

Bagian bodi motor juga mengalami perubahan desain pada bentuknya. Sektor tangki misalnya, kali ini tampil lebih ramping dan berotot dengan tonjolan mesin di bagian bawahnya.

Secara keseluruhan, motor Naked Suzuki ini punya tampilan yang gagah, agresif dan modern.

Fitur Suzuki GSX-S1000

Suzuki GSX-S1000 Model Terbaru
Berbagai fitur canggih hadir pada GSX-S1000 terbaru ini

GSX-S1000 hadir dengan rangkaian elektronik yang diperbarui, milik Suzuki Intelligent Ride System (SIRS).

Throttle ride-by-wire baru memungkinkan pengendara untuk mengontrol hubungan antara aktuasi throttle dan respons mesin secara lebih akurat dan halus, terutama saat dipadukan dengan sistem Suzuki Drive Mode Selector (SDMS) baru, yang digunakan oleh GSX-S1000 baru. dilengkapi.

Baca juga  Komparasi Gixxer 250 SF vs Ninja 250 SL, Menang Mana?

SDMS memungkinkan pengendara untuk memilih salah satu dari tiga tingkatan mesin, tergantung pada kondisi berkendara atau preferensi pribadi mereka.

Performa ditingkatkan berkat quickshifter dua arah, yang mengurangi kebutuhan untuk mengoperasikan kopling selama pergantian gigi atau menutup throttle saat naik gigi, atau melakukan blip saat menurunkan gigi.

Sistem kontrol traksi baru untuk Suzuki GSX-S1000 model 2021 terdiri dari lima mode, selain itu juga dapat dimatikan. Input dari sensor kecepatan roda depan dan belakang, dan sensor posisi engkol, roda gigi, dan posisi throttle dimasukkan ke dalam ECU yang pada gilirannya mengontrol pembukaan katup throttle, waktu pengapian, dan laju injeksi bahan bakar, untuk mengurangi atau mencegah putaran roda.

Semua informasi ditampilkan pada dasbor LCD yang diperbarui dan mudah dibaca.

GSX-S1000 terbaru ini juga telah dilengkapi dengan Suzuki Easy Start System’ yang memudahkan proses start mesin dengan sekali sentuhan saja.

Mesin yang Bertenaga

Suzuki GSX-S1000 Model Terbaru
Mesin baru yang lebih bertenaga

Suzuki GSX-S1000 model 2021 dibekali dengan mesin empat silinder segaris pada yang menghasilkan lebih banyak tenaga. Penyebaran torsinya juga lebih luas pada rentang putaran yang lebih rendah untuk menghasilkan performa motor sport yang ideal.

Baca juga  Konsumsi BBM Yamaha MT-25, Seirit Apa?

Agar performa mantap itu tercapai, berbagai ubahan komponen mesin dilakukan. Mulai dari kehadiran camshaft intake dan exhaust baru, pegas katup baru, kopling baru, dan knalpot baru.

Dibandingkan dengan pendahulunya, GSX-S1000 baru menghasilkan torsi yang lebih kumulatif di seluruh rentang putaran. Alhasil bisa mengisi penurunan pada grafik dengan kurva yang lebih datar. 

Kalau melihat di atas kertas, mesin Suzuki GSX-S1000 model 2021 mampu melontarkan torsi puncak 106 Nm pada 9.250 rpm dan tenaga maksimal 150 hp pada 11.000 rpm.

Hadirnya knalpot motor baru diklaim mampu mempertahankan suara khas sangar model sebelumnya. Di sisi lain, knalpot tersebut membantu peningkatan tenaga dan memenuhi persyaratan emisi Euro 5 dengan konverter katalitik tambahan.

Motor Suzuki GSX-S1000 model terbaru ini akan mulai tersedia di bulan Juni mendatang. Di Eropa, harganya ada dikisaran £10,999 atau sekitar Rp 221 jutaan.

Spesifikasi Suzuki GSX-S1000 Model 2021

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru