Sang Legenda Tlah Pergi, Suzuki Resmi Hentikan Produksi Hayabusa!

Haloo, sobat Moladiners! Ada kabar sedih lagi nih brad, kali ini datangnya dari salah satu pabrikan motor tertua di Jepang, Suzuki. Yes, produsen motor asal Hamamatsu Jepang ini memutuskan untuk hentikan produksi Hayabusa “Sang Legenda” setelah 20 tahun mencengkeram jalanan aspal. Wah, cukup lama juga ya sob. Suzuki GSX1300R a.k.a Suzuki Hayabusa 2018 ini merupakan salah satu motor yang memiliki angka Topspeed sangat tinggi, bahkan saat itu mampu menaklukkan Honda CBR1100XX Super Blackbird.

Memang, sejak pertama kali kemunculannya pada tahun 1999, Sang Elang (red : arti kata Hayabusa) ini  merupakan predator bagi burung hitam, yakni CBR1100XX Blackbird. Sayangnya, motor berkecepatan 300 Km/j ini akan dihentikan produksinya mulai tanggal 31 Desember 2018 nanti. Namun, Suzuki memiliki planning untuk mengembangkan New Hayabusa dalam 2 tahun mendatang, tepatnya pada 2020. 

 

Mio M3 CW

*s&k berlaku

 

 

Kira-kira menurut kalian ada alasan apa ya sampai Suzuki tega “membunuh” si Hyperbike super kentjang ini? 

 

Alasan Penghentian Produksi Hayabusa

Suzuki Hayabusa Mampu Melaju 260 KM/jam
Hanya Gear 5, Suzuki Hayabusa Mampu Melaju 260 KM/jam

Adanya kesepakatan antara pabrikan motor Jepang dan Eropa untuk membatasi topspeed hanya sampai 186 Km/jam menjadi alasan untuk menghentikan produksi Suzuki Hayabusa 2018. Pabrikan Suzuki adalah yang pertama kali terkena imbas dari kesepakatan ini karena Suzuki ada di puncak piramida penghasil motor dengan kecepatan paling tinggi. Yang mana ambang batas kecepatan tersebut terlampau jauh lebih lambat daripada top speed yang dimiliki Sang Elang. Dengan begitu akhirnya, Hayabusa pun harus rela untuk diturunkan dari tahta produksi. Walaaahhh..

 

Nex 2

*s&k berlaku

 

 

Tak Lolosnya Suzuki Hayabusa 1300cc Uji Emisi Euro 4

Sebetulnya, Suzuki sendiri tampaknya sudah menyadari bahwa Hayabusa nantinya akan discontinue sejak regulasi Euro 4 diberlakukan pada tahun 2016. Pasalnya, Hyperbike ini tidak lulus uji emisi  Euro 4 dan memang tidak akan pernah masuk, bro. Nantinya, pada 31 Desember 2018 bakal jadi hari “eksekusi mati” untuk motor-motor yang tidak lolos Euro 4 di berbagai belahan dunia, khususnya Eropa.

Terkait stok motor Suzuki Hayabusa 2018 versi MY yang masih tersisa bakal dikirim ke Amerika Utara, sebab peraturan Euro 4 tidak diterapkan di sana. Jadi, buat kalian yang udah ngebet pengen beli Hayabusa ini, bisa pergi ke Amerika Utara ya, sob. Suzuki akan menjual habis stok motor legend ini di sana.

 

Baca juga nih, “5 Motor Tercepat di Dunia, Berani Geber?

 

Dari pada pusing beli Suzuki GSX1300R jauh-jauh dari Amerika Utara, mending beli motor impian kalian di Moladin. Gak pusing harus dateng panas-panasan ke dealer, cukup klik gambar motor di bawah ini!

Suzuki GSX-R150

*s&k berlaku

 

Gosip Terbaru dari Suzuki

Bocoran Suzuki Hayabusa
Render Suzuki Hayabusa Generasi Terbaru

Gosipnya, bahwa akan ada kemungkinan pengembangan generasi ketiga dari motor super kentjang ini untuk melawan dominasi Kawasaki Ninja H2, sob. Wanjaayy!

Tapi, jika mengacu pada perjanjian terkait Topspeed yang sudah Jinny paparkan diatas, rasanya gen terbaru Hayabusa nantinya akan dikhususkan untuk melaju di lintasan balap di kawasan Eropa. Belum ada yang tau juga kebenarannya, hanya sebatas spekulasi Jinny aja, sob.

Nah, habis sudah pembahasan Jinny terkait berita meyedihkan ini. Kalo gitu Jinny pamit dulu ya, guys. Ketemu lagi di informasi lainnya dan pantengin terus Moladin untuk informasi motor terkini. See ya!

 

KYT DJ MARU HALF FACE

 

 

Baca juga artikel lainnya :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *