by

Bocor Gambar Paten Suzuki Intruder 250, Rival Honda Rebel

Suzuki Intruder 250 – Pabarikan berlogo S diketahui sedang mempersiapkan cruiser terbarunya. Hal tersebut diinfokan oleh media Jepang, Kojintekibikematome. Mereka membocorkan gambar paten dari motor yang diduga sebagai Intruder 250.

Intruder bukanlah nama baru untuk Suzuki. Kuda besi ini pernah datang ke Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018, hasil impor dari India. Hanya saja ketika itu perannya cuma sebagai motor pameran, tidak dijual di Indonesia.

Lalu Intruder buatan Negeri Bollywood tersebut kapasitas mesinnya juga 155 cc. Sementara gambar paten yang beredar kemungkinan pakai kapasitas 250 cc.

“Intruder 150 tidak dijual di Jepang, tapi Intruder 250 kemungkinan bakal memiliki pasar yang cukup besar… (Buktinya Honda) Rebel 250 penjualannya cukup baik di Jepang,” seperti dikutip dari laman Kojintekibikematome.

Penasaran dengan sosok Suzuki Intruder 250? Untuk lebih jelasnya, simak bahasan berikut:

Suzuki Intruder 250, Motor Bergaya Cruiser yang Tampil Beda

suzuki intruder 250
Gambar paten Suzuki Intruder yang dibocorkan oleh media Jepang

Dari sisi desain, Suzuki Intruder 250 tidak beda jauh dibanding versi 150. Tampilannya sangat unik, bergaya cruiser. Kekhasannya punya jok rendah dan pijakan kaki agak ke depan. Alhasil posisi berkendaranya sangat rileks.

Baca juga  7 Perbedaan Suzuki GSX-S150 Vs Bandit 150, Beli yang Mana?

Lalu bodinya cukup sportif dengan banyak sudut-sudut tajam. Hal menarik lain, kehadiran knalpot ganda. Oleh karenanya, tampilan motor gede terasa lebih kuat di kuda besi tersebut.

Hanya saja itulah dugaan tampilan berdasar gambar paten, ketika nanti meluncur resmi kemungkinan bakal ada beberapa penyesuaian. Kemudian soal fitur juga pasti mendapat peningkatan dibanding Intruder 150.

Sepertinya Suzuki Intruder 250 siap mengadopsi beberapa teknologi dari Gixxer 250 (Naked sport yang juga dijual di Jepang dan India). Misal lampu depan pakai LED, dual channel anti-lock braking system (ABS), dan panel instrumen full digital.

Terkait mesin, Gixxer 250 tampaknya tetap jadi basis. Di atas kertas kapasitasnya 249 cc, satu silinder, dan pakai pendingin udara. Mesin tersebut bisa memuntahkan torsi 22 Nm pada 7.300 rpm serta tenaga maksimal 25,4 hp pada 9.000 rpm.

Jangan adu mesin 250 cc ini dengan jantung motor sport 250 cc lain. Hasilnya pasti mengecewakan. Hanya saja kalu dipakai untuk motor bergaya cruiser, harusnya tidak jadi soal. Toh kuda besi jenis ini umumnya dipakai berkendara rileks.

Baca juga  Suzuki Burgman Elektrik, Tidak Lama Lagi!

“(Mesinnya) adalah Gixxer 250. Meski cuma sebatas gambar paten, tapi bentuk knalpotnya sangat mirip dengan Gixxer 250,” sebagaimana ditulis Kojintekibikematome.

Baca juga:

Deretan Motor yang Siap Jadi Rival Suzuki Intruder 250 di Indonesia

SM Sport V16 Rival Suzuki Intruder 250
Motor SM Sport V16 bakal menjadi rival Suzuki Intruder 250 kalau masuk Indonesia nanti

Kehadiran Suzuki Intruder 250 memang sudah ditunggu Honda Rebel 250 di pasar Jepang. Hanya saja di Indonesia, Honda tidak menjual Rebel dengan kapasitas mesin 250 cc. Pabrikan berlogo sayap mengintegrasikan Rebel dengan mesin 500 cc.

Lalu siapa yang bakal jadi rivalnya di Tanah Air? Ada beberapa kompetitor, sebut saja: Benelli Patagonian Eagle dan SM Sport V16. Keduanya bukan berasal dari pabrikan Jepang. Dari sisi spesifikasi, juga tidak terlalu istimewa.

Ambil contoh Benelli Patagonian Eagle yang cuma bisa memuntahkan torsi 16,5 Nm pada 6.000 rpm. Sistem penyemprotan bahan bakarnya bahkan masih pakai karburator. Lalu untuk SM Sport V16, torsinya cuma 19 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga 18,7 hp pada 8.000 rpm.

Baca juga  Didi Kempot: Motor Cruiser Hingga Chevrolet Spin

Tentu performa tersebut tidak ada apa-apanya bila dibanding mesin Intruder 250 yang pakai basis Gixxer 250. Kemudian soal harga, Intruder 250 harusnya juga terjangkau. Apalagi bila melihat Gixxer 250 yang dijual cuma Rs 163,400 atau setara Rp31 jutaan di India.

Bandingkan dengan Benelli patagonian Eagle, banderolnya sekitar Rp40 jutaan. Kemudian SM Sport V16 bahkan harganya mencapai 50 jutaan.

Kombinasi harga murah dan mesin mantap untuk segmen motor cruiser 250 cc, harusnya jadi keunggulan buat Suzuki Intruder 250 diperkenalkan di Indonesia. Untuk itulah, peluang hadir di pasar Tanah Air harusnya cukup besar.

Apalagi pada JFK 2018 lalu, Suzuki juga pernah membuat survei ke konsumen terkait motor cruiser seiring dengan penampilan Intruder 150. Bukan tidak mungkin, survei tersebut justru ditujukan untuk menghadirkan versi 250.

Mari kita tunggu saja sambil berharap Suzuki Intruder 250 hadir di Indonesia. Pastinya motor ini akan sangat menarik untuk pasar otomotif Tanah Air. Bagaimana menurut kamu?

Terbaru