by

Suzuki Jimny 5-Pintu, Mungkinkah Masuk Indonesia?

Suzuki Jimny 5-pintu – Permintaan Suzuki Jimny di Indonesia cukup fenomenal. Bahkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat, daftar antrian untuk produk sport utility vehicle (SUV) andalannya itu sudah melebihi target awal yang dicanangkan.

Namun sayang, tingginya animo akan produk ini tak sejalan dengan alokasi unit yang tersedia untuk pasar Tanah Air. Mengingat produk ini masih berstatus completely built-up (CBU) Jepang.

Sulitnya ketersediaan unit tidak hanya terjadi di pasar domestik, namun di banyak negara di dunia. Melihat permintaan yang cukup besar akan Suzuki Jimny, mendorong Maruti Suzuki India juga turut memproduksi mobil legenda Suzuki itu.

Tahap awal, kemungkinan Maruti Suzuki bakal memproduksi Suzuki Jimny untuk pasar ekspor. Selanjutnya baru memproduksi kebutuhan untuk pasar lokal.

Menariknya, Maruti Suzuki kabarnya tidak akan hanya memproduksi Suzuki Jimny versi 3-pintu saja. namun turut akan memproduksi Suzuki Jimny dengan konfigurasi 5-pintu. Namun sementara model ini akan dijual khusus untuk pasar India saja.

Perbedaan Suzuki Jimny 3-Pintu dan 5-Pintu

Suzuki Jimny 5-pintu
Suzuki Jimny 5-pintu memiliiki dimensi yang lebih panjang

Jika dibandingkan dengan varian 3-pintu, tentunya Jimny 5-pintu memiliki perbedaan mencolok dari sisi dimensi. Dampaknya jarak sumbu roda jelas lebih panjang, yang mempengaruhi ruang kabin, termasuk bagasi juga lebih luas.

Baca juga  5 Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R, Ketahui Sebelum Beli!

Hingga saat ini, sayangnya pihak pabrikan masih belum membeberkan secara rinci terkait Suzuki Jimny 5-pintu. Kuat dugaan bahwa Suzuki Jimny 5-pintu masih akan mengusung mesin berkode K15B berkapasitas 1.5 liter dengan tenaga 105 dk dengan torsi 130 Nm.

Mesin tersebut sama dengan yang digunakan pada Suzuki Ertiga yang lebih dulu dipasarkan di pasar nasional.

Selain itu, Suzuki Jimny juga sudah dilengkapi dengan sistem penggerak roda empat dan transmisi low-range, untuk mendukung kemampuan off-road.

Selain itu, Suzuki Jimny terbaru kemungkinan tidak akan mendapat pilihan mesin 660 cc tiga silinder seperti yang tersedia di varian 3-pintu yang dipasarkan di Negeri Sakura.

Terkait harga, Suzuki Jimny 5-pintu kabarnya akan dijual dengan banderol mulai dari USD 13.273 atau setara Rp 217,7 juta.

Kehadiran varian terbaru Jimny ini, tentunya bakal lebih memuaskan konsumen yang menyukai kapasitas kabin besar, yang kemungkinan juga memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak.

Kemungkinan Masuk Indonesia?

Suzuki Jimny Indonesia
Antrian pemesanan Suzuki Jimny di Indonesia membludak

Terkait dengan varian terbaru Suzuki Jimny itu, Suzuki Indonesia pun tampaknya cukup tertarik memboyong ke pasar domestik. Melihat permintaan pasar untuk mobil ini memang cukup besar.

Baca juga  5 Pilihan Mobil yang Cocok Untuk Mahasiswa, Tertarik?

“Saat ini kami masih menunggu prinsipal kami di Jepang. Soalnya selama ini banyak rumor dari media-media luar di India akan produksi Jimny 5-pintu, 3-pintu lah. Jadi belum bisa dipastikan informasinya, jadi tunggu saja,” ujar 4W Marketing Director PT SIS Dony Saputra.

Sebagai informasi tambahan, Suzuki Jimny di Indonesia dijual dalam 4 varian dengan pilihan warna single tone dan dual tone. Harga yang ditawarkan untuk pasar Indonesia mulai dari Rp 362,5 juta hingga Rp377 juta.

Bila benar Suzuki Jimny terbaru masuk Indonesia, tentunya bakal semakin meramaikan persaingan pasar SUV di Tanah Air.

Baca juga:

Terbaru