by

Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur 2022, Jadi Hybrid?

Suzuki Jimny terbaru yang di Indonesia dianggap barang ghoib karena ketersediannya, ternyata akan rilis dalam versi 5 pintu. Hal ini diketahui dari beredar foto yang terlihat prototype Jimny 5 pintu sedang melakukan uji jalan di Eropa.

Di Eropa sendiri sebenarnya penjualan Jimny terbilang moncer, ketika rilis di 2018. Namun sayangnya harus terjegal masalah emisi yang dinilai terlalu tinggi untuk standar UE.

Dikatakan laman Autovolution, diketahui Suzuki Jimnny siap kembali melantai di tahun 2022. Tentu saja diprediksi telah mengalami pembenahan pada sektor mesin yang lebih ramah lingkungan.

Namun bukan itu kejutannya, melainkan adalah mobil Suzuki Jimny baru hadir dengan dimensi sumbu roda yang lebih panjang.

Seperti bocoran foto-foto uji cobanya yang tersiar. Suzuki Jimny versi 5 pintu sepertinya memiliki lebar yang sama dengan generasi sebelumnya. Namun posisi pintu belakang disamarkan dengan sticker kamuflase.

Pada laman Indianautosblog juga dikatakan jika Suzuki Jimny 5 pintu nantinya akan diproduksi di Maruti India dan akan dikenalkan perdana ke publik pada awal tahun 2022.

Baca juga  Ragam Layanan Online Suzuki, Dukung PPKM Darurat

Bocoran lainya terkait Suzuki Jimny 5 pintu ini adalah memiliki penggerak 4×4 khas mobil petualang. Dengan jarak sumbu roada panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.725 mm.

Sebenarnya Suzuki Jimny lima pintu terbaru akan diperkenalkan pada Tokyo Motor Show (TMS) Oktober 2021. Sayang rencana itu gagal lantaran salah satu pameran mobil terbesar di dunia itu batal karena Covid-19.

Prediksi Mesin Suzuki Jimny 5 Pintu

Suzuki Jimny 5 pintu
Mesin Suzuki Jimny 5 pintu kemungkinan pakai mesin 1.500 cc turbo atau teknologi mild hybrid

Suzuki Jimny 5 pintu diprediksi akan menggendong mesin dengan kode K15B 1.500 cc. Ini adalah mesin yang sama dengan Jimny sebelumnya atau yang sudah beredar di Indonesia saat ini.

Secara spek brosur, mesin tersebut menghasilkan tenaga 105 PS dan torsi 130 Nm. Pilihan transmisi manual tersedia dengan 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Sedangkan sistem penggerak part-time 4×4 yang dilabeli sebagai AllGrip Pro khas Suzuki masih akan dipertahankan.

Kabar lain menyebutkan, Suzuki Jimny ini akan dibekali mesin 1.5 liter dengan beberapa peningkatan yang diklaim mampu lebih irit bahan bakar dan rendah emisi agar tembus pasar Eropa.

Baca juga  Cuma 3 Hari, 1.000 Unit Suzuki Jimny Ludes Terjual

Suzuki Jimny 5-pintu terbaru diprediksi juga akan dibekali turbo untuk mendongkrak bobotnya yang bertambah. Selain itu, beberapa informasi menyebutkan mobil ini juga akan hadir dalam konfigurasi mesin mild hybrid.

Tidak sulit sebenarnya buat Suzuki mengadopsi Jimny dengan hybrid. Pasalnya di India saja, mesin Ertiga sudah dikombinasikan dengan mild hybrid. Jadi harusnya tidak ada kendala. Ditambah lagi mesin Ertiga dan Jimny untuk kapasitas 1.500 cc adalah sama.

Generasi terakhir Suzuki Jimny 3 pintu meluncur di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018 silam. Waktu itu  generasi keempat Jimny diperkenalkan namun dijual setahun berikutnya.

Sebelumnya Suzuki Jimny generasi keempat meluncur lebih dulu di Jepang pada Juli 2018 dengan pilihan dua mesin, yaitu Jimny dengan 600 cc yang hanya untuk pasar domestik dan Jimny Sierra demgam mesin 1.500 cc K15B buat pasar ekspor.

Harga awal peluncurannya, Suzuki Jimny 3 pintu di Indonesia dibanderol oleh pabrikan Rp 315,5 Juta, sedangkan harga terbaru saat ini sekitar Rp 395,5 juta. Kalau versi 5 pintu masuk ke Tanah Air, tentu banderolnya bakal lebih mahal lagi.

Baca juga  Penjualan Suzuki XL7 Moncer, Segmen SUV Makin Subur

Demikian ulasan terkait Suzuki Jimny 5 pintu. Untuk mendapatkan informasi lengkap lainnya seputar otomotif, simak terus Moladin.com.

Terbaru