by

4 Fakta Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition di Indonesia. Produk ini hanya tersedia sebanyak 50 unit saja untuk pasar Tanah Air.

Peluncuran Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition bersamaan dengan digelarnya ajang Indonesia Modification Expo (IMX), yang berlangsung secara virtual.

“Dalam rangka memperingati 50 tahun kehadiran Suzuki di Indonesia. Kami meluncurkan Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition yang didesain khusus, tapi tetap memiliki beragam fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Donny pun menambahkan, “Peluncuran mobil ini tidak hanya apresiasi kami untuk masyarakat yang telah mendukung eksistensi Suzuki di Tanah Air, namun juga sebagai bentuk dukungan kami terhadap Indonesia dengan menggunakan kendaraan yang diproduksi di dalam negeri”.

Tak banyak ubahan yang terjadi pada Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition. Ubahan Karimun Wagon R edisi terbatas ini hanya sebatas ‘kosmetik’ saja.

Lalu seperti apa sebenarnya sosok Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Sentuhan Baru di Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition

Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition
Eksterior Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition

Berdasarkan pantauan Moladin, ubahan pada Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition terletak pada sisi eksterior, khususnya pada sisi front, side, dan rear under spoiler, rear upper spoiler, front grille lower, bezel fog lamp.

Baca juga  Renault Kwid Climber Facelift Dijual Seharga LCGC, Mau?

Selain itu, ubahan juga terletak pada cover mirror with turn signal, door handle set, wheel set, side body decal dan sticker set. Jadi kalau bertanya mengenai ubahan, sisi yang banyak penyegaran hanya di sisi eksterior saja, Sob!

Tak ada sentuhan penyegaran pada sisi interior dan jantung mekanisnya. Di atas kertas masih serupa dengan Suzuki Karimun Wagon R tipe GS yang dijajakan saat ini.

Seperti diketahui, Suzuki Karimun Wagon R dikenal memiliki kabin yang cukup luas dan kompak. Alhasil mobil ini menyajikan ruang yang ringkas yang jadi daya tariknya.

Serupa dengan tipe GS, Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition menawarkan dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.670 mm, dan tinggi 1.475 mm. Dimensi itu menyajikan headroom dan legroom yang cukup lapang untuk mengakomodir 5-penumpang.

Untuk menghasilkan ruang yang lebih lapang di Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition. Kalian hanya perlu melipat kursi belakang, dengan mudahnya.

2. Interior Lapang Jadi Daya Tariknya

Interior Suzuki Karimun Wagon R 50 tahun anniversary edition
Interior Suzuki Karimun Wagon R 50 tahun anniversary edition tak alami ubahan

Salah satu yang menjadi kelebihan Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition dan juga tipe Wagon R lainnya. Di mana mobil ini memiliki posisi duduk pengemudi yang tinggi, sehingga pandangan bisa lebih luas dan nyaman.

Baca juga  Suzuki Jimny 5-Pintu, Mungkinkah Masuk Indonesia?

Kursi baris kedua dirancang setinggi 71 cm dengan pintu yang dapat terbuka selebar 77 derajat. Lantai kabin pun dirancang rendah hanya 35,5 cm sehingga memudahkan keluar masuk penumpang.

Lapangnya kabin yang ditawarkan Karimun Wagon R tak lepas dari wheelbase sepanjang 2.400 mm. Mobil ini juga didukung dengan ground clearance setinggi 170 mm yang memungkinkan untuk melahap segala medan jalan, khususnya jalan perkotaan.

Kalau cari sebuah mobil perkotaan yang praktis, rasanya Suzuki Karimun Wagon R bisa jadi pilihan. Pasalnya city car ini dibekali dengan under seat tray yang bisa dibawa, dual cup holder dan rear cup holder yang dapat digunakan untuk menyimpan botol hingga ukuran 660 ml.

Tersedia juga 11 kompartemen yang multifungsi dan juga ergonomis.

3. Tawarkan Mesin yang Efisien

Mesin Suzuki Karimun Wagon R 50 tahun anniversary edition
K10B jadi mesin yang digunakan Mesin Suzuki Karimun Wagon R 50 tahun Anniversary Edition

Secara spesifikasi, Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition dibekali mesin K10B DOHC berkapasitas 998 cc. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga 68 PS pada 6.200 rpm, torsi 90 Nm pada 3.500 rpm.

Mesin itu didukung dengan multi point injection, gear shift indicator (GSI), penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD), metal timing chain, serta Intake Manifold plastik sehingga semakin membuat berkendara semakin efisien.

Baca juga  Daftar Harga Suzuki Ertiga Mulai Rp205 Juta, Layak Beli?

4. Harga yang Terjangkau

Suzuki Karimun Wagon R 50 tahun Anniversary Edition
Harga Suzuki Karimun Wagon R 50 tahun Anniversary Edition

 Sebagai model edisi terbatas, Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition ditawarkan dengan banderol Rp150,5 juta untuk transmisi manual, dan Rp 159 juta untuk transmisi AGS.

Banderol itu tidak berbanding jauh, jika dibandingkan dengan tipe GS yang menjadi varian tertinggi Karimun Wagon R. Dari 50 unit yang disediakan, 30 unit transmisi manual dan 20 unit transmisi otomatis.

Model edisi terbatas ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna, yakni Pearl White Metalic alias putih.

“Melalui Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition yang kami luncurkan di acara IMX 2020, kami ingin memberikan apresiasi terhadap masyarakat dan semua pihak yang mendukung kami selama 50 tahun perjalanan Suzuki di Indonesia,” jelas Donny.

Menurut Donny, “Kami berharap, mobil ini mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia dan ke depannya kami ingin terus berinovasi dan berkontribusi untuk meningkatkan serta bersama-sama mengembalikan gairah pasar otomotif Indonesia di masa yang sulit ini.”

Baca juga:

Terbaru