Pilih Suzuki Nex II atau Honda BeAT? Lihat Dulu Kelebihan Masing-masing

 

 

 

 

Pabrikan motor besar di tanah air yang masih fokus pasarkan motor matic di kelas 110 cc sudah tidak banyak. Dari tinjauan Moladin.com, hanya ada dua pabrikan Jepang yang masih serius di segmen ini. Yaitu Suzuki Nex II dan Honda BeAT eSP.

Kedua varian matic ini kebetulan desainnya tidak mengarah ke gaya atau style tertentu. Suzuki Nex II tampil stylish dengan desain modern dan futuristik. Sedang Honda BeAT bukan cuma tapil gaul tapi juga irit bensin. Jadi nggak salah kalau keduanya bisa jadi pilihan konsumen penyuka matic di kelas 110cc.

Cuma biar dapat matic yang pas dengan pilihan Moladiners, yuk diintip kelebihan masing-masing. Sebagai gambaran, selain tampilan yang berubah ternyata PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berikan perubahan terhadap rangka Suzuki Nex II.

“Secara dimensi, Suzuki Nex II lebih lebar terutama di floor deck jika dibandingkan pendahulunya,” ujar Yohan Yahya Marketing and Bussiness Development Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, saat peluncuran perdana Suzuki Nex II.

Sementara All New Honda BeAT eSP, menurut Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM, produknya dikembangkan dengan  konsep ‘Pas’ dengan 3 kata kunci “Ukurannya Pas, Gayanya Pas dan Fiturnya Pas,” imbuh Johannes Loman, seperti dikutip dalam situs resminya www.astra-honda.com.

Agar sesuai harapan, sobat Moladiners bisa bandingkan dulu kelebihan yang dimiliki dua matic 110 cc tersebut.

 

Suzuki Nex II

Harga yang tercantum adalah harga DP motor

 

USB Charger Di Nex II, Spidometer Digital Milik BeAT eSP

Mengintip fitur di kedua matic ini bisa jadi langkah awal. Dimulai dari tampilan spidometer All New Honda BeAT yang dilengkapi penujuk kilometer gabungan analog dan digital plus eco indicator. Sedangkan Suzuki Nex II masih andalkan speedometer analog.

 

Suzuki Nex II atau Honda BeAT eSP usb
NEX II dan BeAT didukung pengaman kunci kontak cuma di Nex II ada USB Charger

 

Pun begitu, Suzuki ingin memanjakan konsumen dengan melengkapi produk unggulannya lewat fitur USB Charger di boks console sebelah kiri. Meskipun matic tersebut tidak tersedia fitur Combie Brake Sytem dan Parking Brake Lock macam punya BeAT eSP.

 

Tangki Bensin BeAT eSP Besar, Floor Deck Nex II Lebih Lega

Selain bagasi lebih besar sedikit dari Suzuki Nex II, All New Honda BeAT punya tangki BBM lebih besar. Kapasitasnya 4 liter atau lebih besar 0,4 liter dari Nex II yang volumenya 3,6 liter.

 

Suzuki Nex II atau Honda BeAT eSP tanki
Tangki dan bagasi BeAT Lebih Besar dari Nex II

 

Tapi biar tangki bensin lebih kecil, floor deck Suzuki Nex II lebih lega dari generasi pendahulunya yaitu Panjang 413mm x Lebar 163mm. Sehingga posisi kaki saat riding dengan Suzuki Nex II bisa diatur sesuai tingkat kenyamanan.

 

Kapasitas Mesin Nex II Lebih Besar, BeAT Didukung Idling Stop System

Cek spesifikasi kedua matic ini, tak dipungkiri jika kapasitas mesin Suzuki Nex II lebih besar dari All New Honda BeAT eSP. Suzuki Nex II usung mesin 113cc sedangkan All New Honda BeAT 108,2cc.

Tapi buat varian tertinggi All New Honda BeAT, nampaknya sudah dilengkapi dengan Alternative Current Generator (ACG) dan Idling Stop System (ISS). Dimana fungsi fitur ini untuk meng-off-kan mesin ketika berhenti selama 3 detik, lalu meng-on-kan mesin hanya dengan memutar grip gas.

 

Suzuki Nex II atau Honda BeAT eSP speedometer
Spidometer Nex II analog sedang BeAT kombinasi digital

 

Harga Nex II Mulai Rp 14 jutaan, BeAT eSP Dijual Seharga Nex II Tipe Tertinggi

Setelah mengetahui keunggulan masing-masing produk, kini saatnya mengecek harga yang ditawarkan kedua produsen. Suzuki Nex II dijual dengan harga Rp 14.450.000 untuk tipe terendah, dan tipe tertinggi dijual seharga Rp 15.150.000.

Sementara tipe terendah All New Honda BeAT CW dibanderol Rp 15.450.000, dan tipe tertingginya yaitu varian CBS-ISS dibanderol Rp 16.150.000.

Jika Suzuki Nex II dibandrol dengan harga Rp 14 jutaan, itu artinya matic di kelas 110 ini masih jadi yang termurah di kelasnya. Itu untuk motor pabrikan Jepang ya Moladiners. Sebenarnya masih ada skutik yang lebih murah tapi punya fitur yang mumpuni, yakni TVS Dazz, skutik pabrikan India.

 

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *