by

Suzuki Nex II Crossover Lebih Gagah, Harganya Mahal!

Tanpa seremoni, Suzuki Nex II Crossover resmi meluncur untuk pasar Indonesia, Kamis (19/11/2020). Harganya tembus Rp 17,99 juta (OTR Jakarta). Sekaligus jadi motor matik termahal pabrikan berlog S di Tanah Air.

Kenapa mahal? Salah satu penyebabnya, penggunaan berbagai komponen ala motor trail. Ambil contoh setang telanjang, panel instrumen digital, serta ban dual purpose.

“Suzuki melihat segmen market yang unik dan potensial untuk jenis sepeda motor entry level crossover scooter. Hal tersebut tidak terlepas dari kondisi infrastruktur (jalan) di banyak daerah yang belum seluruhnya baik,” kata Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam rilis resmi yang kami terima.

Ingin tahu lebih detail soal motor matik adventure, Suzuki Nex II Crossover ? Simak bahasan berikut:

Spesifikasi Suzuki Nex II Crossover

panel instrumen suzuki nex ii crossover
Panel instrumen digital Suzuki Nex II Crossover bisa memberi banyak informasi, termasuk tegangan aki.

Kehadiran Suzuki Nex II Crossover sesungguhnya menggantikan eksistensi dari Suzuki Nex II Cross. Perbedaan paling terlihat, ada di bagian setang. Kini Suzuki lebih berani menampilkan gaya khas motor trail dengan penggunaan setang telanjang.

Baca juga  Perbedaan CBS dan CBS ISS di Motor Matik Honda

Secara desain, setang tersebut dibuat lebih tinggi dan lebar. Efeknya posisi berkendara semakin rileks. Tampilan motor juga terlihat lebih gagah.

Lalu panel instrumen digital pun menjadi komponen istimewa di motor Suzuki Nex II Crossover. Pasalnya fitur ini tidak dipunya oleh motor matik pabrikan berlogo S lain.

Sekilas desain panel instrumen tersebut mirip kepunyaan Suzuki GSX-R150. Berbagai informasi bisa diakses oleh pengendara dari sana. Mulai dari kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, tegangan aki, indikator sistem FI, indikator lampu, hingga petunjuk waktu.

Keunikan lain dari motor matik adventure ini adalah ban dual purpose. Alhasil saat melewati jalan rusak atau tidak rata, ban bakal punya daya cengkeram baik. Hal tersebut juga didukung oleh ground clearance motor mencapai 150 mm, sehingga pengendara tidak perlu khawatir bodi bawah mudah bersinggungan dengan jalan.

“Ban jenis tubeless dual-purpose memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan dan ketenangan pengendara saat melintasi beragam kondisi permukaan jalan,” beber Yohan Yahya.

Pilihan Warna Suzuki Nex II Crossover

warna suzuki nex ii crossover
Inilah beberapa komponen yang membedakan Suzuki Nex II Crossover dengan motor matik entry level lain

Di samping punya fitur layaknya motor trail, Suzuki Nex II Crossover juga punya pewarnaan yang menarik. Ada dua warna bodi yang bisa dipilih konsumen: stronger red-titan black (hitam kombinasi merah) dan solid black (hitam kombinasi abu-abu).

Baca juga  Kymco AK 550 2021 Makin Modern dan Canggih

Suzuki juga memberi jok dual tone dengan paduan hitam dan abu-abu agar lebih atraktif. Tidak selesai di sana, motor matik yang banderolnya hampir Rp 18 juta ini pun tampil beda dengan kehadiran aksen merah di kaliper rem dan suspensi belakang.

Kemudian untuk ruang penyimpanan, tidak beda dari Suzuki Nex II Cross selaku pendahulunya. Bagasi di bawah joknya punya ukuran yang tidak terlalu besar. Hadir pula tempat penyimpanan lain yaitu di kompartemen depan. Di sana, pengendara bisa meletakkan berbagai barang seperti botol minum, uang, dan lain-lain.

Terkait performa mesin pun masih sama. Andalannya jantung mekanis 115cc, 1 silinder, SOHC, berteknologi injeksi. Mesin tersebut juga dipakai oleh motor matik Suzuki lain.

Setelah mengetahui kelahiran Suzuki Nex II Crossover di Indonesia, apakah kamu tertarik memilikinya?

Terbaru