by

Suzuki S-Presso, SUV Murah Cocok untuk Indonesia

Suzuki S-Presso – Maruti Suzuki India memiliki produk yang memiliki ukuran lebih kecil dari Suzuki Karimun Wagon R. Aura SUV di mobil ini cukup kental dan menarik perhatian. Banderolnya juga sangat terjangkau.

Jika mengacu pada pasar India, Suzuki S-Presso ditawarkan dengan banderol mulai dari 369 ribu rupee atau setara dengan Rp 73 jutaan. Secara spesifikasi, mobil ini sejatinya memungkinkan untuk pasar Indonesia.

S-Presso dibangun menggunakan platform generasi baru Suzuki, yakni Heartech yang orientasinya mampu memangkas bobot mobil untuk menghasilkan efisensi bahan bakar yang lebih baik.

Bodinya mirip dengan Ignis, Maruti Suzuki India pun menganggap mobil ini sebagai SUV perkotaan. Mesin yang ditawarkan hanya sebesar 1.000 cc. Dengan dua pilihan transmisi yakni Manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift.

Kemungkinan Suzuki S-Presso Masuk ke Indonesia

Suzuki S-Presso, Mobil Murah yang cocok untuk pasar Indonesia
Tidak menutup kemungkinan bagi SIS menghadirkan Suzuki S-Presso ke Indonesia

Pertanyaannya, mungkinkah Suzuki S-Presso masuk ke Indonesia? Menanggapi hal ini, PT Suzuki Indomobil Sales pun angkat bicara mengenai kemungkinan mobil ini masuk  ke Tanah Air.

Pasalnya secara spesifikasi mobil ini sudah mumpuni untuk menapaki pasar otomotif Nasional. Terlebih harga yang ditawarkan terjangkau.

Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research PT SIS mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan Suzuki S-Presso turut dipasarkan di Indonesia.

Baca juga  5 Perbedaan Suzuki Ertiga 2020, Interior Semakin Nyaman!

“Mungkin-mungkin saja si kopi (S-Presso) itu. Cuma adjustment fitur dan lain-lainnya harus dilakukan dan disesuaikan dengan taste market Indonesia,” ujar Harold ketika dihubungi Moladin via gawai Jumat (12/6/2020).

Bila mengacu pada spesifikasi dan juga harga, tentunya menarik bagi SIS untuk mengisi sela antara Suzuki Karimun Wagon R dan juga Ignis.

“Benar, bisa selak antara Karimun sama Ignis,” sambung Harold.

Nah, jika mobil ini dibawah ke Indonesia, tentunya bakal semakin memanaskan pasar mobil murah di Tanah Air. Terlebih jika harga yang ditawarkan untuk pasar Indonesia tak jauh berbeda dengan India.

Banderol tersebut tentunya mampu menarik animo masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil, seperti yang diincar di segmen low cost green car (LCGC).

Lalu seperti apa sebenarnya sosok city car Suzuki tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Lengkap Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso
Mobil murah dibawah Rp 100 juta, Suzuki S-Presso

Serupa dengan All New Suzuki Ertiga, Ignis, dan Baleno. Suzuki S-Presso dibangun dari basis Heartech, yang diklaim mampu meningkatkan efisien bahan bakar karena bobotnya yang ringan.

Baca juga  Daihatsu Ayla Facelift Resmi Meluncur, Ini Perubahannya!

S-Presso dibekali dengan mesin berkode K10B dengan konfigurasi 3-Silinder berkubikasi 998 cc, tenaga yang dihasilkan sebesar 67 hp dengan torsi sebesar 90 Nm. Pilihan transmisi yang tersedia yakni 5-percepatan manual dan Auto Gear Shift (AGS).

Maruti Suzuki India mengklaim dari hasil pengujian internal, efisiensi bahan bakarnya mencapai 21,4 km per liter. Wah.. pas banget tentunya untuk jalanan perkotaan di Indonesia.

City car bergaya SUV ini tentunya bisa menjadi salah satu pilihan baru untuk masyarakat Indonesia. Terlebih jika posisinya diletakkan di bawah Karimun Wagon yang merupakan produk mobil murah alias LCGC andalan Suzuki Indonesia.

Dari data spesifikasi, mobil SUV mungil ini memiliki panjang 3.565 mm. Dimensinya mirip-mirip dengan Renault Kwid. Sementara lebarnya sebesar 1.520 mm dengan tinggi 1.549 mm.

Dimensi tersebut didukung dengan jarak sumbu roda sebesar 2.380 mm dan ground clearance sebesar 180 mm. Menariknya, mobil ini didukung dengan pelek berdiameter 14 inci.

Bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R GL ke bawah, yang hanya dilengkapi pelek berukuran 13 inci.

Baca juga  Suzuki Baleno Cross Dijual Rp200 Jutaan, Masuk Indonesia?

Dalam menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang, Suzuki S-Presso dilengkapi dengan fitur hiburan yang sudah modern, seperti head unit yang terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Sistem hiburan bahkan lebih baik, jika dibandingkan dengan Suzuki Ignis yang dipasarkan saat ini di Indonesia, Sob!

Fitur keselamatan yang juga tersedia pada Suzuki S-Presso antara lain rem ABS, EBD, dual airbags, sabuk keselamatan dengan pretensioner dan force limiter.

Tidak hanya itu saja, mobil ini juga dilengkapi dengan seatbelt reminder pengemudi dan juga penumpang depan. Ada juga fitur peringatan kecepatan tinggi, parkir sensor, dan juga sejumlah fitur lainnya.

Apabila benar mobil ini masuk Indonesia, tentunya bakal semakin memanaskan persaingan mobil murah di Indonesia. Terlebih jika harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan banderol yang ditawarkan di India.

Well, kita tunggu bersama kelanjutan S-Presso, yang mungkin saja masuk ke Indonesia!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru