Begini Petunjuk dan Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang terpaksa harus menggunakan solusi menggadaikan BPKB motor saat membutuhkan tambahan dana. Menggadaikan BPKB motor di pegadaian dianggap jauh lebih mudah dan praktis dibandingan harus meminjam uang di bank. Syarat gadai BPKB motor di pegadaian tidak seribet saat akan mengajukan pinjaman dana di bank.

Menggadaikan BPKB motor di pegadaian juga bisa jadi cara tercepat untuk mendapatkan dana darurat. Bagi yang masih belum tahu syarat gadai BPKB motor di pegadaian, berikut Moladin.com akan coba hadirkan informasinya untuk kamu.

Pegadaian menjadi salah satu tempat yang aman untuk menggadaikan BPKB atau surat penting lainnya. Ini karena pegadaian sudah kredibel dan juga terdaftar di OJK alias Otoritas Jasa Keuangan. Pegadaian merupakan lembaga non bank milik BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Soal keamanan sangat terjamin dan peminjam dana tidak perlu terlalu khawatir.

Selain itu, proses untuk meminjam dana dengan menggadaikan BPKB sebagai jaminan sangatlah cepat. Biasanya prosesnya hanya berlangsung selama kurang lebih 15 menit saja mulai dari proses pengajuan hingga pencairan dana. Pegadaian memang bisa jadi solusi saat sedang benar-benar membutuhkan dana darurat dengan segera.

 

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

 

Lalu apa saja sih syarat gadai BPKB motor di pegadaian?

Siapkan beberapa dokumen kelengkapan identitas seperti:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB)

Untuk meminjam dana di pegadaian memang persyaratannya sangat mudah dan tidak ribet. Tidak perlu membawa buku tabungan, slip gaji, ataupun tagihan kartu kredit seperti saat akan mengajukan pinjaman dana ke bank. Hanya dalam waktu singkat saja, saat semua dokumen atau persyaratan ini lengkap, kamu sudah bisa mencairkan dana pinjaman.

Selain itu plafon untuk peminjaman dana di pegadaian pun terbilang tinggi mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 500 juta. Masa tenor pembayaran cicilan juga tidak ada maksimumnya. kamu bisa memperbahatui atau memperpanjang masa cicilan secara berkala sampai bisa melunasi tanggungan.

Sebelum menggadaikan BPKB motor di pegadaian, ada baiknya untuk mengenal macam-macam pinjaman yang ditawarkan oleh pegadaian. Apa saja sih?

 

KCA (Kredit  Cepat Aman)

Pegadaian KCA

Jenis pinjaman ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin mendapat pinjaman dengan cepat, mudah dan aman. Peminjam bisa mendapat dana mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 500 juta. Dana bisa diperoleh secara tunai atau transfer ke rekening peminjam.

Untuk kredit ini pegadaian memberikan tenggat waktu selama empat bulan untuk pelunasan dana. Namun, bagi peminjam yang tidak bisa melunasinya tepat waktu bisa memperpanjangnya sampai berulang-ulang.

 

RAHN (Pinjam Gadai Syariah)

Rahn Pegadaian

Bagi peminjam yang ingin meminjam dana secara syariah, RAHN ini bis ajadi solusi terbaik. Layanan ini hanya tersedia di pegadaian syariah. Tidak cuma BPKB saja, RAHN menerima barang jaminan lain seperti emas, barang elektronik atau barang berharga lainnya. Untuk jumlah pinjaman dan waktu pelunasan, RAHN ini sama dengan KCA.

 

KREASI (Kredit Angsuran Bulanan untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM))

Kreasi Pegadaian

Produk ini memang dikhususkan bagi peminjam untuk menjaminkan BPKB kendaraaannya. Jenis pinjaman ini ditujukan bagi yang akan memulai bisnis. BPKB saja yang perlu dijaminkan dan kendaraan tetap bisa dipakai untuk operasional usaha. Syarat penting yang harus dipenuhi adalah, usaha yang dilakoni peminjam dana harus sudah berjalan minimal selama setahun. Peminjam bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 200 juta dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 12, 18, 24 hingga 36 tahun.Peminjam bisa memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan.

 

ARRUM

Arrum Pegadaian

 

Pinjaman ini seperti Kreasi namun menganut sistem syariah. Semua proses yang dilakukan sesuai fatwa DSN-MUI. Nominal dan juga lama waktu pengangsuran cicilan pun sama dengan KREASI.

 

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

 

Lalu, bagaimana sih prosedur gadai BPKB di pegadaian?

  • Pertama, tentukan jenis pilihan pinjaman dan datang ke pegadaian. Jangan lupa untuk membawa persyaratan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman. Bawa juga kendaraan yang sesuai dengan BPKB yang akan dijaminkan.
  • Selanjutnya isi formulir peminjaman dana. Isi dengan benar dan pastikan tidak ada yang terlewat. Serahkan formulir kepada petugas beserta STNK dan juga BPKB yang akan dijaminkan. Petugas akan menaksir harga kendaraan dan menentukan berapa platform pinjaman yang bisa didapat oleh peminjam dana.
  • Setelah platform dana yang bisa cair diberitahukan dan peminjam dana menyetujuinya, pinjaman akan segera diproses oleh petugas. Peminjam dana akan diberi SBK atau Surat Bukti Kredit untuk ditkamutangani di atas materai. Petugas pun akan menjelaskan soal tata cara pembayaran dan juga batas waktu yang diberikan untuk melunasi pinjaman.
  • Peminjam dana tinggal menunggu pencairan dana pinjaman. Dana ini bisa diambil secara tunai atau langsung ditransfer ke rekening peminjam dana.

Nah, itu tadi adalah prosedur dan juga syarat gadai BPKB motor di pegadaian.  Semoga informasi ini bermanfaat. Namun, ada baiknya sebelum melakukan peminjaman kamu mencari lebih banyak informasi dan mendapatkan penjelasan yang lebih pasti dan akurat dari pegawai di cabang pegadaian terdekat dengan tempat tinggal kamu.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *