Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Ini Takaran Oli Samping Vespa yang Tepat

by Deni Ferlindungan

Motor 2-tak masih cukup diminati banyak masyarakat di Indonesia, terlebih Vespa. Jika kamu tertarik memiliki skuter legendaris tersebut, sebaiknya kalian mengetahui takaran oli samping Vespa secara tepat.

Seperti diketahui, meski saat ini sudah tak lagi diproduksi oleh pabrikan. Namun dalam kondisi bekasnya, motor 2-tak masih menjadi buruan bagi banyak penggemarnya di Indonesia. Bagi kamu yang ingin meminang motor 2-tak, sejatinya memelihara motor jenis ini bukanlah perkara sulit. Asalkan kalian tahu trik yang tepat, khususnya Vespa.

Nah, untuk kalian yang masih bingung untuk urusan merawat motor 2-tak. Terpenting untuk kalian ingat adalah menakar oli samping yang pas, tujuannya tentu supaya mesin awet dan performa tetap prima.

Lantas berapa takaran ideal oli samping untuk motor 2-tak? Mengingat tentunya masing-masing merek sepeda motor pastinya memiliki takaran yang beragam.

Pun begitu, sejatinya takaran ideal oli samping tergantung dari kualitas oli yang kalian gunakan. Sebagai contoh, kalian menggunakan oli dengan kualitas bagus, takaran oli samping 25 ml untuk 1 liter bahan bakar. Sedangkan untuk oli yang kualitas standar bisa pakai 30 ml per liternya.

Apabila kondisi pompa oli samping masih bisa digunakan dan berfungsi dengan baik. Cara mengeceknya kamu bisa menggunakan sealent oli yang mengarah ke karburator.

Perhatikan dengan seksama selangnya. Umumnya oli samping menetes setiap 10 detik ketika putaran mesin stasioner atau langsam. Jika dirasa kurang, kalian perlu menyetel ulang hingga kondisi normal.

Penting untuk diingat, ketika mesin motor 2-tak sampai kekurangan oli samping dapat berakibat fatal, Sob! Gejalanya kalian akan merasakan mesin terasa berat, lebih cepat panas. Bila dipaksakan mesin bisa overheat.

Takaran Oli Samping Vespa Pakai Tutup Botol

takaran oli samping Vespa

Pelajari takaran oli samping Vespa

Membahas mengenai takaran oli samping Vespa, biasanya untuk motor klasik yang satu ini kompresi oli sampingnya tidak berfungsi lagi secara normal. Untuk itu, pengguna perlu mensiasatinya dengan mencampurkan langsung ke bensin.

Baca juga  Inilah Syarat dan Cara Perpanjang SIM Beda Alamat

Namun untuk dapat menggabungkan bensin dan oli samping pada tangki Vespa tentunya membutuhkan ukuran yang tepat. Pertanyaannya lalu berapa takaran oli samping Vespa yang ideal?

Khusus bagi kalian yang tidak membawa alat ukur. Tutup botol kemasan oli samping mungkin bisa menjadi alternatif dalam keadaan darurat.

Hal ini juga dilakukan oleh para pengguna Vespa sejak lama. Sebagai gambaran, takaran oli samping Vespa yang mendekati ideal juga menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

Buat kalian yang menggunakan motor Vespa untuk harian, bisa memakai takaran 1 banding 2. Dalam hal ini, satu liter bensin dicampur dengan oli dua tutup. Jadi kalau kamu mengisi bensin sebanyak 3 liter, maka kamu harus tuangkan oli sampai enam kali.

Kalau motor Vespa digunakan untuk kebutuhan touring, takaran oli samping Vespa sedikit berbeda. Sebaiknya kalian menggunakan perbandingan 1 banding 4-5. Jadi untuk satu liter bensin sebaiknya dicampur dengan 4 hingga 5 oli ukuran tutup botol oli samping.

Mengapa takarannya berbeda untuk penggunaan harian dan touring?Pasalnya perbandingan untuk harian supaya tidak terlalu banyak asap yang dikeluarkan. Apalagi kalau motor Vespa yang kamu gunakan untuk penggunaan di kota-kota besar. Asap yang dikeluarkan mengganggu pengguna jalan lain.

Selain itu, ketika digunakan untuk pemakaian harian, mesin tidak terlalu panas. Perjalanan yang kamu lakukan pun relatif singkat dibandingkan saat touring.

Ketika motor Vespa kalian digunakan untuk touring, membutuhkan lebih banyak oli samping. Karena kondisi mesin jauh lebih panas, dibandingkan penggunaan harian.

Cara menuang oli samping pun tidak ada yang khusus. Setelah oli kamu letakkan di tutup botol, langsung saja masukkan ke tangki bensin Vespa. Tidak perlu ragu saat menuang, lakukan secara pasti. Bila ada oli yang tercecer di sisi tangki, ada baiknya segera dilap. Oleh karena itulah, selain membawa oli samping, kamu juga perlu membawa lap kering di dalam bagasi motor. Tujuannya untuk mengelap ceceran oli saat memasukkan oli samping.

Baca juga  3 Ciri-ciri Spul Motor Lemah, Bikers Harus Tahu

Baca juga:

Memilih Oli Samping yang Tepat Untuk Vespa

Oli Vespa tua

Ada sejumlah rekomendasi oli samping yang bisa kalian gunakan

Tak hanya perlu mengetahui takaran oli samping Vespa yang tepat. Kamu juga perlu mengetahui cara memilih oli samping yang tepat untuk motor kesayanganmu.

Paling penting dalam memilih oli samping yang tepat untuk Vespa lawas, minimal sudah memenuhi standar JASO FC, API TC atau ISO L-EGC. Kualitas jadi pertimbangan penting untuk kalian memiliki pelumas.

Dengan memilih oli samping dengan standar yang jelas, akan melindungi piston, ring, dinding silinder, kruk as, dan komponen lainnya yang bergesekan lebih maksimal.

Formulasi pada oli samping yang baik juga menghasilkan asap yang keluar dari knalpot Vespa kalian lebih sedikit serta wangi. Jika sudah dirasa pas, kalian tak perlu lagi gonta-ganti merek oli.

Ada sejumlah cara memilih oli samping buat Vespa klasik. Oli samping Vespa pun terdiri dari beberapa tipe ada yang dengan semi sintetik da nada juga yang full sintetik.

Perhatikan juga spek masing-masing Vespa yang kalian pakai. Bila kondisi mesin masih dengan spek standar, sebaiknya menggunakan yang semi sintetik saja dirasa cukup.

Baca juga  Motoplex Antasari, Diler Vespa Terbesar di Jakarta

Namun lain halnya untuk Vespa dengan spek racing atau aftermarket. Sebaiknya menggunakan pelumas full sintetik. Sejatinya untuk pelumas bisa menggunakan merek apapun yang bisa disesuaikan dengan selera dan bujet pengguna.

Ada sejumlah rekomendasi merek oli samping untuk Vespa dengan spek mesin standar. Contohnya bisa pakai Idemitsu atau Ipone R2000RS.

Kedua merek tersebut terbilang sedikit lebih mahal, dibandingkan dengan sejumlah opsi oli samping lainnya. Untuk banderol yang cenderung lebih murah bisa pakai Mesran.

Apalagi untuk kalian yang touring di daerah, oli Mesran bisa jadi alternatif untuk kalian. Banderolnya pun terjangkau sekitar Rp 30 ribuan saja.

Sementara untuk Vespa spek racing, sebaiknya kalian menggunakan oli samping yang lumayan mahal. Contohnya seperti Ravenol, Valvoline, Vrooam dan Ipone.

Khusus untuk Ipone terdiri dari dua jenis, yakni Ipone Stroke 2R dan Ipone Samourai. Oli samping Ravenol satu liternya dibanderol Rp 180 ribu. Sementara, untuk Ipone R2000rs dibanderol Rp 180 ribu, Samourai Rp 270 ribu, dan Stroke 2R Rp 350 ribu.

Tersedia juga merek Castrol 2T yang biasanya ditawarkan dengan banderol sekitar Rp 35 ribuan. Selain itu, masih banyak lagi sejumlah rekomendasi oli samping Vespa yang bisa jadi pilihan.

Semoga informasi ini mengenai takaran oli samping Vespa, berikut rekomendasi merek pelumas yang tepat dapat bermanfaat untuk kalian.

Jangan lupa untuk selalu memastikan mesin motor Vespa kalian dalam kondisi terbaik. Selalu rutin lakukan perawatan berkala, dan tetap patuhi lalu lintas ketika berkendara. Tidak ketinggalan mencuci motor tiap kotor, juga menjadi salah satu cara merawat motor Vespa tua.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika