Ini Dia Tanda Ban Motor Harus Diganti Dan Cara Merawatnya, Perhatikan!

MoladinBan motor adalah komponen yang penting dalam menjaga keselamatan pengendara saat di jalan raya. Perlu di ingat nih Moladiners, kalau kondisi ban dengan tekanan yang tidak stabil atau sudah gundul bisa sangat berbahaya lho, bahayanya juga gak main-main.

Banyak dari pengendara motor seringkali mengabaikan kondisi ban, tak jarang dari mereka yang sering telah mengganti ban. Padahal kondisi ban yang gundul alias alus menandakan sudah tak layak jalan, harus segera diganti. Hal ini bisa sebabkan motor menjadi selip saat sedang dalam kecepatan tinggi.

Yamaha Lexi

*DP mulai dari

Tanda Ban Harus Diganti

Buat Moladiners wajib kenali tanda-tanda kapan seharusnya ban diganti. Hal yang pertama bisa dilakukan adalah dengan melihat indikator segitiga atau Tread Wear Indicators (TWI) yang ada di bagian luar, biasanya terletak di bagian samping ban. Jika kondisi permukaan sudah menyentuh tanda ujung segitiga, ban harus segera diganti ya Moladiners.

pemakaian menyentuh segitiga ban harus di gantiJika kondisi permukaan sudah menyentuh tanda ujung segitiga, ban  harus segera diganti

Hal yang kedua adalah dengan mengecek jarak tempuh kendaraan. Ban depan biasanya harus diganti setelah menempuh jarak 12.000km, sedangkan untuk ban belakang jaraknya lebih pendek biasanya jika sudah menempuh jarak 10.000km ban sudah harus diganti.

Cara Merawat Ban Yang Benar

Supaya awet, Ban juga harus selalu dirawat. Caranya gampang kok, yang pertama bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan ban. Ban yang bersih punya daya cengkram yang maksimal, ini bisa menghindarkan Moladiners dari selip. Kedua, dengan cara memakai ban yang sesuai dengan ukuran velgnya,  akan lebih baik kalau kalian memakai ban dan velg yang sesuai dengan anjuran pabrikan motor kalian.

Pilihlah ban dengan kompon karet yang lunakPilihlah ban dengan kompon karet yang lunak

Selanjutnya, pilihlah ban dengan kompon karet yang lunak. Ban jenis ini lebih aman dan lebih awet pastinya. Jangan lupa untuk selalu cek kondisi tekanan ban, harus sesuai dengan yang dianjurkan, tidak terlalu keras dan jangan sampai kurang. Gak kalah penting nih Moladiners, jangan membawa beban yang terlalu berat. Motor yang membawa beban berat berisiko ban akan bocor, fatalnya bisa meletus.

Yamaha Aerox 155

*DP mulai dari

Hal terakhir adalah isi ban dengan Nitrogen. Kok Nitrogen? Moladiners harus tahu ini, kalau Nitrogen itu dapat meredam panas sehingga tekanan ban lebih ideal ketimbang bila di isi dengan angin biasa. Hal ini dikarenakan Nitrogen punya partikel yang lebih besar dibanding Oksigen, sehingga dapat mencegah rembesan udara yang sebabkan berkurangnya tekanan gas pada ban. Jangan tunggu ban motor kalian gundul ya Moladiners, sangat tidak aman pastinya. Segera ganti bila memang sudah waktunya diganti.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *