by

Tarif Tol Jakarta-Surabaya Terbaru 2021, Ada Kenaikan!

Tarif tol Jakarta-Surabaya mengalami kenaikan, hal ini berlaku sejak 29 April. Dengan penyesuaian tersebut, kalau kamu naik mobil dari Jakarta ke Surabaya lewat tol, perlu membayar Rp 681 ribu.

Sesungguhnya penyesuaian terbaru ini cuma terjadi di Jalan Tol Ngawi-Kertosono, sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 261/KPTS/M/2021.

Perhitungan tarif kenaikan tersebut disesuaikan pengaruh inflasi pada wilayah Kota Madiun. Secara garis besar, peningkatan tarif Tol Ngawi-Kertosono sebesar Rp 3 ribu untuk semua golongan kendaraan.

“Besaran penyesuaian tarif tol Ngawi Kertosono berdasarkan laju inflasi sebesar 3,38 %. Sebagai contoh, untuk tarif kendaraan golongan 1 (termasuk mobil pribadi) disesuaikan dari Rp 88.000 menjadi Rp 91.000 untuk tarif terjauh Klitik – Kertosono,” tulis akun Instagram @official.jasamargatransjawatol.

Dengan begitu efeknya akan mempengaruhi tarif Tol Jakarta-Surabaya secara keseluruhan. Perlu diketahui bahwa tol Jakarta-Surabaya termasuk dalam koneksi tol Trans Jawa. PT Jasa Marga (Persero) Tbk adalah pengelola resmi yang bertanggung jawab mengatur operasionalnya.

Ini bukanlah kenaikan pertama pada tahun 2021 di Tol Jakarta-Surabaya. Sebelumnya pada Januari 2021 sudah dilakukan kenaikan untuk tarif Tol Palimanan-Kanci dan Tol Semarang ABC. Bahkan rencananya pada 2021, akan ada lebih banyak lagi penyesuaian tarif yang terjadi.

Baca juga  Mitsubishi Lebaran Campaign 2021 Gantikan Posko Mudik

Memang dengan adanya Tol Trans Jawa, kamu bisa langsung tancap gas tanpa terputus. Rute perjalanan tol Trans Jawa dari Jakarta biasanya menghabiskan waktu belasa jam jika perjalanan santai, tergantung pada kecepatan mengemudi dan waktu istirahat di rest area.

Beberapa ruas tol yang akan Anda lewati dari Jakarta ke Semarang adalah Jakarta, Cikampek, Palimanan, Kanci, Pejagan, Pemalang, Batang, dan Semarang. Sedangkan dari Semarang ke Surabaya, ruas tol yang dilalui antara lain adalah Semarang, Solo, Ngawi, Kertosono, Mojokerto, dan Surabaya.

Mau tahu lebih detail rincian tarif tol Jakarta-Surabaya per 29 April 2021? Berikut bahasannya:

Tarif Terbaru Tol Jakarta-Semarang, Semarang-Surabaya 2021

Tarif Tol Jakarta-Surabaya
Tarif tol Jakarta-Surabaya mulai 29 April 2021 adalah Rp 681 ribu

1. Tarif tol Jakarta-Semarang

Salah satu ruas tol Trans Jawa yang tarifnya mengalami perubahan adalah Jakarta-Semarang. Perubahan tarif ini berlaku untuk kendaraan golongan I, yaitu sedan, bus, pick up, dan truk kecil. Rincian tarif tol Jakarta-Semarang adalah sebagai berikut:

  • Ruas tol Jakarta-Cikampek : Rp20.000
  • Ruas tol Cikampek-Palimanan : Rp107.000
  • Ruas tol Palimanan-Kanci : Rp12.500 (Penyesuaian Januari 2021)
  • Ruas tol Kanci-Pejagan : Rp 29.500
  • Ruas tol Pejagan-Pemalang : Rp60.000
  • Ruas tol Pemalang-Batang : Rp39.000
  • Ruas tol Batang-Semarang (SS Krapayak) : Rp75.000
  • Ruas tol Semarang ABC (SS Krapyak-Banyumanik) : Rp5.500 (Penyesuaian Januari 2021)
Baca juga  Program Spesial Isuzu Jelang Lebaran 2021

Kalau ditotal, maka tarif tol Jakarta-Surabaya untuk perjalanan hingga Semarang adalah Rp348.500. Nominal tersebut kemudian akan ditambahkan lagi dengan tarif tol dari Semarang ke Surabaya.

2. Tarif tol Semarang-Surabaya

Sesampainya di ruas tol Semarang, tepatnya Banyumanik, maka perjalanan Jakarta-Surabaya akan dilanjutkan. Sampai di sini, ruas tol Trans Jawa yang akan dilalui sudah masuk provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk tarif tol Jakarta-Surabaya yang dimulai dari Semarang adalah sebagai berikut:

  • Ruas tol Semarang-Solo : Rp65.500
  • Ruas tol Solo-Ngawi : Rp91.000
  • Ruas tol Ngawi-Kertosono-Kediri : Rp91.000 (Penyesuaian April 2021)
  • Ruas tol Kertosono-Mojokerto : Rp49.000
  • Ruas tol Mojokerto-Surabaya : Rp36.000

Jika ditotal, maka tarif tol untuk perjalanan dari Semarang ke Surabaya adalah Rp332.500. Kalau dihitung dari awal berangkat, maka tarif tol Jakarta-Surabaya dengan rute seperti yang disebutkan tadi adalah Rp 681 ribu. Kalau pulang pergi, maka butuh Rp 1,362 juta.

Perlu diketahui bahwa daftar tarif di atas dapat berubah sewaktu-waktu tertentu. Untuk mengetahui info otomotif terbaru lainnya, simak terus Moladin.com.

Baca juga  MG Care Siaga, Periksa Mobil Gratis Selama Lebaran

Terbaru