Terinspirasi Game Playstation, Begini Sistem Turbo pada Yamaha NMAX Terbaru Bekerja

by Tigor Sihombing
Sistem Turbo pada Yamaha NMAX Terbaru Bekerja

Bagaimana sistem turbo pada Yamaha NMAX terbaru bekerja? Dyonisius Beti, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, mengungkapkan bahwa sistem turbo pada Yamaha NMAX terbaru terinspirasi dari game Playstation.

“Kami melihat di game Playstation, betapa menyenangkan motor dengan turbo; sekali menekan tombol, motor langsung melesat kencang. Konsep inilah yang kami terapkan pada Yamaha NMAX terbaru, dan ini adalah teknologi pertama di dunia,” ujar Dion di Kemayoran, Jakarta, pada 12 Juni 2024.

Sensasi ‘Turbo’ Andalkan Teknologi Y Shift

image790

Basic mesin yang digunakan Yamaha NMAX Turbo masih sama dengan versi terdahulu berkapasitas 155 cc VVA, namun sekarang disematkan teknologi YECVT.

Dengan fitur YECVT, Yamaha NMAX Turbo ini memiliki dua riding mode yaitu T-Mode (Town Commuting Mode) dan S-Mode (Sport Touring Mode). Performa mesin baru pada Nmax Turbo juga turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional.

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Mfg menjelaskan, “Fitur T mode digunakan untuk diperkotaan sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, jalan menanjak, berboncengan dan bermanuver untuk menyusul kendaraan lain,” katanya.

Baca juga  6 Langkah Merawat Sepeda Motor Setelah Berkendara Jarak Jauh

Selan itu Anton menjelaskan cara mendapatkan sensasi turbo melalui tombol (Shifter) Y Shift yang juga berada di posisi kiri stang kemudi.

Y-Shift sendiri mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “Turbo” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).

Jika tombil Y-Shift ditekan, akselerasi motor akan bertambah seriiring aktifnya teknologi yang menyerupai motor atau dinamo unutk membantu putaran pulley menjadi semakin ringan dan padat.

Fitur ini cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.

Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

Untuk fitur-fiturnya sendiri Yamaha NMAX Turbo dibekali Y-Connect, Electric Power Outlet, Smart Key System, YECVT, Dual Channel ABS, Multi Information Display, TFT Special Navigation System, dan Spesial TechMax Seat.

Selain itu pada type Nmax Turbo Tech Max Ultimate, ada tambahan part spesial yang tidak ada pada varian lainnya. Part spesial tersebut adalah Performance Damper yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas serta handling saat berkendara.

Baca juga  5 Kelebihan Yamaha Freego yang Tidak Dipunya Vario 125

Berikut adalah harga Yamaha NMAX terbaru:

Tipe / VarianPilihan WarnaHarga
NMAX “TURBO” TECHMAX ULTIMATEMagma BlackRp 45.250.000
NMAX “TURBO” TECHMAXMagma BlackRp 43.250.000
NMAX “TURBO”Magma Black, Elixir Dark SilverRp 37.750.000
NMAX NEO S VersionDull Blue, Red, Black, WhiteRp 33.700.000
NMAX NEODull Blue, Red, Black, WhiteRp 32.700.000

Demikian ulasan Cara Kerja Sistem Turbo pada Yamaha NMAX Terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika