Tes Suzuki Jimny 5 Door, Seperti Ini Kemampuan Off-road dan Nanjaknya, Layakkah Dibeli?

by Tigor Sihombing
Tes Suzuki Jimny 5 Door

Kali ini Moladin akan mengulas hasil tes Suzuki Jimny 5 door. Jimny melat berformat 5 pintu hadir dengan berbagai keunggulan yang menarik perhatian para pecinta otomotif.

Meskipun model ini lebih panjang dibandingkan versi 3-pintu, banyak fitur utama yang tetap dipertahankan, membuatnya tetap jadi incaran bagi penggemar setia Jimny khususnya pecinta off-road.

Untuk perbandingan, Suzuki Jimny 3 pintu memiliki panjang 3.650 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, wheelbase 2.250 mm, dan berat 1.435 kg.

Sementara itu,Jimny 5 door memiliki panjang 3.965 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, wheelbase 2.590 mm, dan berat 1.545 kg.

Perbedaan dimensi membuat tes Suzuki Jimny 5 door tak sekadar lebih luas dan nyaman untuk penumpang serta bagasi, meski berbobot lebih berat.

Selain itu Jimny 5-pintu juga dilengkapi dengan teknologi distribusi traksi yang cerdas, memastikan setiap roda mendapatkan traksi yang optimal, terutama saat melintasi medan sulit atau licin.

Teknologi sistem pengeremannya sangat membantu dalam menjaga kestabilan dan keselamatan berkendara, memberikan rasa aman yang lebih tinggi bagi pengemudi dan penumpang.

Desain Eksterior Menarik

Desain mengotak dengan pendekatan gaya tangguh tetap menjadi daya tarik utama Suzuki Jimny 5 Door
Desain mengotak dengan pendekatan gaya tangguh tetap menjadi daya tarik utama Suzuki Jimny 5 Door

Meski desain eksterior Jimny 5-pintu cenderung memicu perdebatan di kalangan pengguna, banyak yang tetap mengagumi tampilan ikoniknya.

Beberapa pengguna mungkin lebih menyukai versi 3-pintu karena kesan klasik dan kompaknya, namun versi 5-pintu menawarkan fleksibilitas dan ruang yang lebih luas tanpa mengorbankan gaya yang khas.

Baca juga  4 Kekurangan Suzuki Baleno 2022 Dibanding Kompetitor!

Desain kotak dan tampilan tangguh tetap menjadi daya tarik utama, membuatnya terlihat menonjol di jalanan.

Fitur kenyamanan pada Suzuki Jimny 5-pintu cukup memadai, dengan beberapa tambahan modern yang meningkatkan pengalaman berkendara. Salah satu fitur yang menonjol adalah head unit yang besar, memberikan tampilan yang lebih jelas dan akses yang mudah ke berbagai fungsi.

Selain itu, kompatibilitas dengan Apple CarPlay dan Android Auto memungkinkan pengemudi untuk mengintegrasikan smartphone mereka dengan mudah, mempermudah akses ke navigasi, musik, dan aplikasi lainnya.

Lantas bagaimana kemampuan nanjak dan performa mesin Suzuki Jimny 5 door satu ini? Kami bedah semua!

Kemampuan Nanjak

image806
Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tanjakan adalah 16,78 detik,

Kami mulai dengan menguji kemampuan menanjak Suzuki Jimny 5 pintu. Dengan 4 orang penumpang dengan bobot peunumpang total 365 kg, kami memulai tanjakan menggunakan mode penggerak roda belakang (2WD).

Meskipun ada sedikit putaran roda (wheel spin) di awal karena permukaan licin, mobil ini berhasil menanjak dengan mudah. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tanjakan adalah 16,78 detik, yang menunjukkan performa cukup baik untuk sebuah mobil off-road.

Akselerasi, Tes Limbung

image807
Sedan gkan untuk test limbung, pada putar balik dalam kecepatan 35 km/jam Suzuki Jimny memerlukan sudut kemiringan 5.6 derajat.

Sebagai mobil yang mengusung basis mesin sama dengan Suzuki Ertiga, yakni tipe K15B yang memiliki kapasitas 1.462 cc.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 PS pada 6.000 rpm serta torsi maksimum mencapai 130 Nm pada 4.000 rpm.

Adapun hasil pengetesan akselerasi dari tim youtubr Moladin adaah untuk akselerasi 0-100km/jam 16,5 detik. Sedangkan akselerasi 0-201 meter adalah 12,7 detik. Kecepatan yang dicapai pada 201 meter adalah 88 km/jam.

Baca juga  Berkah Ramadhan Suzuki Finance, DP Grand Vitara 15 Persen!

Sedan gkan untuk test limbung, pada putar balik dalam kecepatan 35 km/jam Suzuki Jimny memerlukan sudut kemiringan 5.6 derajat.

Test Kenyamanan dan Kekedapan kabin

image809
Untuk kekedapan kabinnya mengasilkan noise suara 68.5 DB. Angka nyangf cukup baik meski mobil ini diajak melewati speed breaker.

Suzuki Jimny 5 doors memiliki suspensi empuk yang nyaman untuk offroad dan jalanan bergelombang, meski limbung saat menikung.

Untuk kekedapan kabinnya mengasilkan noise suara 68.5 DB. Angka nyangf cukup baik meski mobil ini diajak melewati speed breaker.

Untuk kenyamanan berkendara, Suzuki menawarkan dua opsi transmisi pada Jimny 5-pintu. Bagi penggemar transmisi manual, tersedia pilihan transmisi 5-percepatan yang memberikan kontrol penuh terhadap kendaraan.

Sementara itu, bagi yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan berkendara, tersedia juga opsi transmisi otomatis yang memudahkan perpindahan gigi secara halus.

Tes Suzuki Jimny 5 Door Jajal Fitur Off-Road

image811
Jimny 5 pintu dilengkapi dengan berbagai fitur off-road seperti mode 4WD, low gear, dan hill descent control.

Kami melanjutkan uji coba di medan off-road, termasuk tanjakan curam dan jalanan berbatu. Menggunakan mode penggerak 4WD, mobil ini menunjukkan performa luar biasa dengan kemampuan mendaki tanpa masalah meskipun di medan yang cukup ekstrem.

Jimny 5 pintu dilengkapi dengan berbagai fitur off-road seperti mode 4WD, low gear, dan hill descent control. Mobil ini juga dilengkapi dengan rem yang dapat mengurangi putaran roda saat satu roda terangkat, membantu dalam menyalurkan tenaga ke roda yang memiliki traksi.

Baca juga  5 Mobil Bekas yang Paling Dicari dan Terjangkau!

Hasil Test : Durasi Speed Offroad :

  • 1 menit 18 detik (untuk Fikri)
  • 1 menit 10 detik (untuk Michael)

Untuk hasil hill climb dengan menggunakan low gear dengan keminringan 40 derajat mobil bisa menanjak dan tanah tidak mentok di body.

Selanjutnya hill desent control, dimana mobil akan meluncur tanpa gas di bejek dan tiddak direm mobil bisa mengerem sendiri secara otomatis.

Selanjutnya Depature Angle Test dimana mobil bisa melewati tiga gundukan dengan mudah. Selanjutnya pada test penyaluran traksi, Suzuki Jimny 5 pintu dapat melaju dengan sempurna dengan pembagian traksi yang baik.

Data Tes Suzuki Jimny 5 Door

  1. Durasi Akselerasi 0-100 km/jam:
    • 16,5 detik
  2. Durasi Akselerasi 0-201 meter:
    • 12,7 detik
  3. Kecepatan pada 201 meter:
    • 88 km/jam
  4. Mesin:
    • 1.500 cc
    • 101 horse power (tenaga kuda)
    • 130 Nm (torsi)
  5. Kapasitas Tangki:
    • 40 liter
  6. Ukuran Tangki Bahan Bakar dan Jarak Tempuh:
    • 40 liter tangki dengan jarak tempuh sekitar 460 km.
  7. Noise Level:
    • 68,5 dB (dibacakan saat tes kecepatan di 30 km/j)
  8. Kapasitas Bagasi:
    • 353 liter
  9. Ukuran Wheelbase:
    • Lebih panjang 100 mm dibandingkan versi 3 Doors

Demikian ulasan Tes Suzuki Jimny 5 Door. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

YouTube player

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika