oleh

Test Drive Toyota Avanza Baru, Rasanya Beda!

Akhirnya kesempatan test drive Toyota Avanza baru datang juga. Walau singkat, namun saya bisa mengetahui rasa berkendaranya, sekaligus menjajal fitur keselamatan rem otomatis agar tidak terjadi kecelakaan.

Pengujian ini saya lakukan di sekitaran Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. Melewati banyak kemacetan jalan.

Lalu seperti apakah kesimpulan saya setelah test drive Toyota Avanza baru? Apakah generasi ketiga Avanza yang pakai penggerak roda depan ini lebih baik dari model lama? Simak bahasan berikut:

Mewah Tapi Tetap Terasa Murah

test drive toyota avanza baru - interior
Kabin Avanza baru memang terkesan mewah, tapi kualitasnya tetap LMPV

Avanza baru yang saya jajal adalah varian tertinggi alias 1.5 G CVT TSS. Ketika masuk ke dalam kabin, rasanya sungguh mewah. LMPV ini sekilas terkesan naik kelas.

Bagaimana tidak? Kini pakai head unit besar 9 inci bergaya floating. Ada pula panel instrumen TFT kombinasi analog yang bisa memberi banyak informasi soal mobil dengan lebih jelas.

Hanya saja kemewahan itu kebanyakan hanya pemuas mata. Pasalnya ketika dipegang, rasanya masih terkesan murah. Belum ada panel-panel soft touch di dashboard dan pintu, Toyota memberi material full plasik. Ini disebut sebagai kekurangan, karena kompetitor seperti Xpander Facelift 2021 sudah punya material soft touch.

Kemudian saat test drive Toyota Avanza baru pun, kadang terdengar bunyi-bunyi mengganggu di interior. Ya, masih khas Avanza.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Avanza, Irit Atau Boros?

Rasa Berkendara yang Nyaman

test drive toyota avanza baru - tampak samping
Avanza baru sangat istimewa saat diajak berkendara, termasuk bantingan suspensi semakin nyaman

Walau masih ada kekurangan, namun secara keseluruhan Avanza baru sudah jauh lebih nyaman. Hal ini terasa saat pedal gas diinjak.

Akselerasinya mulus, tanpa entakan berarti. Maklum sudah menggunakan transmisi CVT. Bicara performa mesin juga cukup, apalagi Toyota sudah memberi peningkatan dibanding model lama.

Jantung mekanis 1.500 Dual VVT-i miliknya, sekarang bisa mengeluarkan torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm. Dengan kata lain, peningkatannya 1 Nm dalam hal torsi dan 2 PS di tenaganya.

Lalu sistem penggerak roda depan juga membuat performa Avanza terbaru lebih efisien tersalurkan. Tidak ada tenaga terbuang, lantaran harus melewati gardan terlebih dulu seperti di Avanza lama. Efeknya akselerasi juga makin cekatan.

Kemudian test drive Toyota Avanza baru ini juga membuktikan, bahwa bantingan suspensinya jadi lebih baik. Efek mengayun berlebihan sudah tidak ada lagi. Jadi ketika melewati jalan bergelombang atau speed bump, enak saja.

Suspensi anyar ini juga membuat Avanza semakin nyaman diajak bermanuver. Belok ke kiri dan ke kanan, rasanya masih anteng. Salah satu penyebabnya adalah konstruksi dimensi yang lebih lebar, sekaligus penggunaan ban besar 16 inci.

Baca juga  Review Toyota Camry XV50, Sedan Mewah Seharga Vios!

Ketika bertemu kemacetan pun tidak ada masalah. Dimensinya yang bongsor jadi tidak terlalu terasa, karena setirnya begitu ringan. Ditambah radius putar cukup kecil yaitu 4,9 meter. Mudah sekali bermanuver di kemacetan dengan Avanza baru.

Avanza Kini Bisa Ngerem Sendiri

test drive toyota avanza baru - toyota safety sense
Inilah sesi ketika saya mencoba fitur TSS di Avanza baru

Lalu yang tidak kalah menarik adalah sistem keselamatan. Avanza varian tertinggi ini sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS). Canggihnya fitur TSS bukan isapan jempol, melainkan saya sudah coba sendiri.

Dalam sesi test drive Toyota Avanza baru, saya sengaja buat simulasi TSS khususnya fitur pre collision system. Jadi di jalanan tertutup, ada mobil di depan yang sedang berhenti. Kemudian saya coba gas hingga Avanza hampir menabrak kendaraan di depan.

Secara otomatis, TSS mampu menghentikan mobil alias ngerem sendiri. Alhasil tabrakan bisa dihindari. Sebelum melakukan aksi tersebut, Avanza baru juga mengirim sinyal bunyi untuk peringatan. Istimewa!

Bukan cuma itu teknologi yang ada di TSS. Sebut saja blind spot monitoring, berguna memberitahukan pengemudi kalau ada mobil lain yang menyalip dari samping. Cara menginformasikannya lewat indikator warna kuning di spion. Menarik!

Baca juga  Toyota EZDeal, Cicilan Raize Cuma Rp 2 Jutaan Per Bulan

Fitur TSS lain adalah Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist, Pedal Misoperation Control, serta Rear Cross Traffic Alert. Ini jadi kelebihan Avanza baru, karena kompetitor yaitu Mitsubishi Xpander belum punya.

Tentu saja dengan segala kenyamanan itu, Avanza generasi ketiga benar-benar layak untuk dibeli. Sekaligus jauh lebih baik dibanding model lama atau generasi keduanya.

Jika kamu tertarik, harga Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS Rp 264,4 jutaan. Ini merupakan varian yang kami test drive. Walau demikian, tersedia pula varian lain yang lebih terjangkau.

Daftar Harga Toyota Avanza Terbaru 2021

kelebihan avanza baru 2021
Avanza FWD 2021

Toyota Avanza generasi ketiga memiliki berbagai varian. Mulai dari 1.500 cc hingga 1.300 cc. Hanya saja varian mesin kecil 1.3 Liter cuma tersedia dalam pilihan transmisi manual. Sementara varian 1.5 Liter punya opsi transmisi CVT termasuk Toyota Safety Sense (TSS).

Berikut daftar harga Avanza baru:

  • Avanza 1.3 E M/T Rp 206.200.000
  • Avanza 1.5 G M/T Rp 228.500.000
  • Avanza 1.5 G CVT Rp 241.400.000
  • Avanza 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru