Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tim UGM Juara 1 Desain Mobil Listrik, ARCANA

by Tigor Sihombing
mobil listrik

Tim UGM juara 1 desain mobil listrik di Jakarta E-Prix 2022. Mobil listrik yang dinamai Arjuna Car for Indonesia (ARCANA) tersebut merupakan hasil karya desain dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

ARCANA jadi juara 1 dalam kategori Sustainable Electric Vehicle Design yang diselenggarakan oleh Formula Jakarta E-Prix secara hybrid dari 21 April – 4 Juni 2022. 

Jakarta Formula E-Prix 2022 merupakan agenda mobil balap formula listrik pertama yang diselenggarakan di Indonesia oleh FIA Formula E. Sebelum menuju agenda puncak balapan, penyelenggara mengadakan berbagai kompetisi bagi khalayak umum dalam rangka melawan pemanasan global yang sesuai dengan SDGs (Sustainable Development Goals).

Salah satunya yaitu kompetisi Sustainable Electric Vehicle Design yang diikuti oleh berbagai universitas terkemuka di Indonesia.

Pada kompetisi Sustainable Electric Vehicle Design, Tim Arjuna EV UGM membawakan konsep mobil listrik ramah lingkungan bertipe SUV dengan nama “ARCANA”.

Ketua Departemen Mekanis Tim Arjuna EV UGM, Muhammad Raihan Hilmy, menyatakan bahwa mobil ARCANA memiliki panjang keseluruhan 3,905 meter, lebar 1,85 meter, tinggi 1,582 meter, dan jarak sumbu roda 2,775 meter.

Baca juga  Jokowi Naik Genesis G80 Electric, Mobil Apa Itu?

“Bobot kotornya ialah 1.900 kilogram dengan kapasitas penyimpanan bagasi mencapai 450 liter sehingga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna ARCANA,” bebernya.

Berdasarkan desain yang dirancang oleh Tim Arjuna EV UGM, ARCANA memiliki tiga mode berkendara, yaitu normal mode dengan kecepatan maksimal mencapai 97,4 km/h, eco mode dengan kecepatan maksimal mencapai 76,6 km/h, dan sport mode dengan kecepatan maksimal mencapai 154,5 km/h.

ARCANA turut didukung dengan fitur Arjuna Smart Mobility (ASM) sebagai sistem cerdas yang tersusun atas processing unit, aktuator, dan berbagai sensor lainnya. Sistem tersebut mampu memenuhi kelas 3 dari SAE Levels of Autonomous SAE J30613.

Dengan demikian, sistem kendali dalam mobil mampu dijalankan dengan otomatisasi tinggi dimana kendali mengemudi akan dijalankan oleh sistem secara dinamis dengan harapan bahwa pengemudi akan merespon tepat ketika terdapat situasi emergency yang membutuhkan campur tangan manusia.

Jika dilihat dari desain mobil ini mobil ini menyerupai mobil hatchback city car yanvg menyerupai LCGC Toyota Ayla dan Agya. 

Baca juga  Audi Setop Pengembangan Mesin Konvensional, Fokus Elektrifikasi

Spesifikasi Mobil Listrik Arcana

UGM Juara 1 Desain Mobil Listrik

Mobil Listrik ARCANA

Menurut data spesifikasi yang dikutip dari keterangan resmi 9 Juni 2022, mobil dengan baterai lithium-ion ini dibekali dengan pengisian daya cepat 107 kW dengan kemampuan pengisian daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 43 menit.

Pengguna kendaraan ARCANA hanya perlu mengisi daya kendaraan selama 12 menit untuk dapat menjangkau jarak 100 kilometer.

Ketua Departemen Elektronis Tim Arjuna EV UGM, Leonard Fidelcristo Supit, menyatakan bahwa keikutsertaan Tim Arjuna EV UGM dalam Sustainable Electric Vehicle Design Competition yang diselenggarakan oleh Formula Jakarta E-Prix merupakan kesempatan untuk menguji dan mengasah kemampuan serta pengetahuan Tim Arjuna EV UGM dalam aspek teknologi mobil listrik serta sistem perencanaan bisnis yang baik.

“Selain sebagai wadah untuk mengembangkan potensi dan pengetahuan kami terkait pengembangan mobil listrik terutama di Indonesia,” kata Leonard.

Saat ini, Tim Arjuna EV UGM juga sedang berlomba di ajang Pi-EV Formula Bharat India yang diadakan secara daring. Mereka berharap bisa memperoleh prestasi kembali setelah tahun lalu mendapatkan penghargaan Best Battery Design dan 3rd Place Team Management Report.

Baca juga  Wuling MINI EV Meluncur Juni 2020, Mobil Listrik Murah!

Pengembangan mobil listrik ARCANA sendiri di dukung oleh beberapa perusahaan seperti PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), PT Indonesia Steel Tube Works (ISTW), Würth Elektronik (WE), dan PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Demikian ulasan terkait mobil listrik ARCANA yang memenangi lomba desain. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika