Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tips Atasi Masalah Pada Honda Genio, Caranya Simpel!

by Baghendra Lodra
konsumsi bbm genio

Masalah Honda Genio – Honda Genio meluncur pada pertengahan tahun 2019, tawarkan dua varian yaitu: CBS dan CBS-ISS. Adik kandung dari Honda Scoopy ini, jadi motor matik beraura retro yang punya harga terjangkau tapi sudah disematkan fitur modern. Meskipun jika diamati dengan seksama ada beberapa perbedaannya.

Namun, kali ini kita tidak ingin membahas soal perbedaan itu melainkan masalah yang kerap ada pada Honda Genio. Meskipun pada kenyataannya AHM mempersenjatai motor ini dengan teknologi up-to-date, desain fresh serta performa kompetitif.

Sepertinya tidak ada yang sempurna, sebab motor baru bukan berarti bebas masalah. Biar Anda tidak bertanya–tanya, berikut ini kami sajikan beberapa masalah pada Honda Genio dan cara mengatasinya!

 

Desain Minimalis

tips-atasi-masalah-honda-genio

Desain minimalis

Konsep utama Genio memang mengedepankan kesederhanaan namun tetap stylish dan fashionable. Tetapi, bagaimana jika sebaliknya? Maka tampilan Honda Genio akan terkesan “miskin” kreatifitas. Tenang, solusinya ternyata cukup mudah. Apa itu? Stiker!

[Baca Juga: Cara Melepas Stiker Motor  Mudah & Ampuh]

Anda bisa mendatangi para profesional di bidangnya. Tentu, hasilnya akan lebih mantap apabila sudah punya konsep desain dulu, sehingga tinggal berdiskusi dengan mereka untuk sedikit penyesuaian. Setelah tahu karakter dan model yang Anda inginkan, dengan senang hati mereka akan berikan masukan dan ide agar tampilan Honda Genio Anda jadi beda dari yang lain.

Baca juga  5 Motor Yamaha Terbaik DP Mulai Dari Rp 400 Ribuan

Memberikan sedikit ubahan pada bagian bodinya, pasti akan membuat kepercayaan diri saat berkendara jadi bertambah. Apalagi jika tampilannya jadi tidak bisa, akan jadi referensi modifikasi buat sesama pengguna Honda Genio.

 

Lampu Belakang Masih Bohlam

tips-atasi-masalah-honda-genio

Berbeda dengan lampu depannya yang sudah LED, lampu belakang masih bohlam

Tak seperti lampu depannya yang sudah LED, lampu belakang Honda Genio hanya mengandalkan lampu bohlam. Di saat cuaca tidak menentu seperti saat ini, pastinya kurang mendukung visibilitas motor Anda dari belakang.

Apalagi saat terjadi hujan deras dan jarak pandang terbatas. Akibatnya, bikers yang tidak waspada akan mencium ekor motor. Nah, agar Anda terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, lebih baik ganti saja lampunya dengan jenis LED.

[Baca Juga: Tips Berkendara di Musim Hujan]

Daftar Harga Honda Genio

Produk Kelebihan Harga
Honda Genio – CBS Desain motor retro modern, harga terjangkau dan punya fitur canggih Cek Promonya di Moladin
Honda Genio – ISS Irit konsumsi BBM, banyak pilihan warna, dan dilengkapi sistem pencahayaan LED Cek Promonya di Moladin

 

Honda Genio Kurang Bertenaga

Tips Atasi Masalah Pada Honda Genio, Caranya Simpel!

Kurang bertenaga

Beberapa bikers mengeluh jika tarikan Genio kurang bertenaga di putaran bawah alias loyo. Terutama, jika dibandingkan dengan All Honda BeAT yang punya harga lebih murah. Setelah diamati, ternyata ini disebabkan perbedaan ukuran bore x stroke. Honda Genio memiliki ukuran 47.0mm x 63.1mm, dengan jenis mesin overstroke.

Mesin jenis itu berdiameter (bore) lebih kecil dari langkah piston (stroke). Sementara, Honda BeAT lama berukuran 50 mm x 55mm. Hal ini membuat Genio relatif kurang cocok menghadapi kondisi macet lalu lintas perkotaan yang berkarakter stop and go.

Untungnya, jenis mesin ini mudah dimodifikasi. Kamu tinggal mampir ke mekanik langganan dan memintanya melakukan bore-up, beres! Tentunya, pilih orang berpengalaman agar tidak merusak mesin.

Baca juga  7 Kelebihan Honda Vario 150 yang Tidak Dipunya Kompetitor!

Selain itu, saat Honda Genio dipacu pada kecepatan antar 50–70 km/jam, tarikan serasa melambat dan timbul getaran yang cukup mengganggu di bagian dek dan jok. Jika kita perhatikan, karakter ini biasa muncul pada mesin long stroke, di mana getaran short stroke lebih kecil. Anda bisa mengakalinya dengan cara sederhana. Saat berakselerasi, buka gas secara dengan halus dan terukur.

Baca juga:

 

Mesin Honda Genio Cepat Panas?

tips-atasi-masalah-honda-genio

Mesin Honda Genio cepat panas

Honda menyatakan kalau Genio ini tergolong irit soal konsumsi pelumas mesin, karena kapasitasnya hanya 650ml. Kemungkinan besar ini dilakukan untuk membuat tarikan Genio lebih ringan. Masuk akal sih Moladiners.

Tapi masalahnya, dengan jumlah oli sekecil ini, maka dia akan bekerja lebih keras serta rawan akan penguapan. Dua hal ini bisa membuat suhu mesin mudah naik dengan cepat. Kondisi yang sangat dihindari oleh bikers manapun.

Baca juga  5 Kelebihan Honda Vario 125 Dibanding Yamaha Freego

Solusinya ada dua. Pertama, Anda harus memakai oli berkualitas biar mesin lebih awet. Kedua, jika kantong cekak dan memakai oli standar, maka kamu harus rajin–rajin cek oli mesin. Maklum, kadang kita sering lalai memerhatikan urusan maintenance satu ini. Tahu – tahu oli tinggal segelas kopi. Bahaya Sob!

Nah, itu tadi masalah yang timbul pada Honda Genio dan tips mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat buat Anda. Jangan lupa untuk rajin cek kondisi mesin supaya penangannya tidak memakan banyak biaya.

Itu tadi pembahasan mengenai masalah yang kerap ada di Honda Genio. Tertarik untuk membelinya? Kini caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian motor baru dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaik untuk Honda Genio.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika