oleh

5 Tips Beli Honda Civic FD Bekas, Jangan Menyesal!

Tips beli Honda Civic FD bekas ini penting kamu ketahui, terutama jika ingin meminangnya. Ingat beli mobil tangan kedua memang tidak boleh asal. Apalagi kendaraannya sudah berusia di atas 10 tahun.

Buat kamu yang belum tahu Civic FD, mobil tersebut merupakan nama lain dari Civic Generasi Delapan. Kelebihannya punya tampilan timeless, kombinasi sporty dan elegan. Sekilas mirip mobil Batman. Oleh karenanya juga disebut sebagai CiviC Batman.

Hal menarik lain, harga Civic FD bekas kini sangat terjangkau. Banderolnya mulai Rp 100 jutaan.

Walau begitu, kamu perlu tahu sejumlah kekurangan dari Honda Civic lansiran 2006-2011 ini. Agar nanti ketika melakukan pembelian, tidak menyesal kemudian.

Setidaknya ada 5 tips beli Honda Civic FD bekas yang perlu kamu perhatikan. Berikut bahasannya:

1. Waspada Civic FD Harga Murah

honda civic fd society indonesia 001
Civic FD disebut juga sebagai Civic Batman atau Civic Generasi Delapan (Sumber foto: @civicfdsocietyindonesia)

Tips beli Honda Civic FD bekas yang pertama adalah tahu harga kisarannya di pasar otomotif. Mobil ini dijual mulai dari Rp 100 jutaan untuk lansiran 2007.

Semakin muda tahun produksi ditambah kondisi mulus, maka semakin mahal pula harganya. Waspadalah jika kamu menemukan Civic FD dengan banderol di bawah Rp 100 juta. Ini bisa jadi tanda bahwa mobil tersebut dalam kondisi yang kurang baik.

Baca juga  5 Kelebihan Honda City Sedan Generasi Ke-5

Oleh karena itulah, selalu lakukan pengecekan komprehensif saat membeli mobil bekas termasuk Civic generasi delapan. Persoalan umumnya terjadi di karet-karet yang getas. Lalu ada pula bodi keropos, maklum usia mobil sudah lebih dari 10 tahun.

“Penyakit Civic FD ini di karet-karet lis, terus engine mounting sebelah kanan, seal racksteer, itu biasanya minta ganti semua,” kata Ketua Umum Civic FD Society, Dimas Wachid saat dihubungi Moladin pada Senin (22/11/2021).

Jika kamu tidak terlalu paham mobil, ada baiknya membawa orang terpercaya atau mekanik bengkel ketika membeli Honda Civic bekas. Hal ini supaya kamu tidak menyesal kemudian, karena kendaraan yang dipinang ternyata butuh banyak perbaikan.

2. Harga Varian Transmisi Manual Lebih Mahal

tips beli honda civic fd 003
Tampilan Honda Civic FD memang timeless

Hal lain yang perlu kamu tahu ketika ingin meminang Civic FD bekas dengan banderol lebih terjangkau, jangan cari transmisi manual. Pasalnya dari sisi harga, mobil dengan tiga pedal itu lebih mahal dibanding versi otomatis.

Gap harganya bisa mencapai Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Lumayan bukan?

Baca juga  Penyakit Ford Everest yang Sering Dialami Konsumen

“Manual itu lebih diincar dibanding matik, satu buat balap,
buat kebut-kebutan lebih enakan manual. Jajannya juga gak terlalu banyak dan unitnya yang manual sendiri jarang,” kata Dimas yang memiliki Civic Batman sejak 2007.

3. Siapkan Uang Lebih Untuk Perbaikan

tips beli honda civic fd 001
Suku cadang Civic FD kerap lebih mahal dari Honda Accord

Kemudian yang perlu diperhatikan sebagai tips beli Honda Civic FD bekas yaitu harga suku cadangnya mahal. Bahkan lebih mahal dibanding Honda Accord di tahun yang sama.

“Engine mounting misalnya Rp 1,5 hingga Rp 2 jutaan. Sementara untuk Accord, di bawah itu,” jelas Deemz panggilan akrab Dimas.

Komponen lain seperti lis bodi dan kaca, juga cukup mahal kalau kepunyaan Civic generasi delapan. Sekitar Rp 5 jutaan, belum dengan jasa pasang. Lalu untuk kabel-kabel yang sudah getas, bahkan bisa hingga Rp 13 jutaan. Gila!

Jadi ketika bisa membeli Honda Civic Batman ini, jangan lupa untuk siapkan uang perawatannya. Apalagi kalau butuh penggantian komponen, sering menguras kantong.

4. Cari Bengkel Alternatif

tips beli honda civic fd bekas
Bengkel Om Ron Pulo Gebang termasuk salah satu yang direkomendasikan untuk perawatan Civic Batman

Oleh karena suku cadang atau spareparts Civic FD mahal, maka dari itu selalu berusaha cari bengkel alternatif. Jangan cuma mengandalkan bengkel resmi Honda, karena sudah dipastikan biaya yang dikeluarkan lebih mahal.

Baca juga  Lampu Indikator Aki di Mobil Menyala, Jangan Panik

Bisa juga dengan mengontak mekanik Honda secara personal. Alhasil tidak akan terkena tarif seperti ketika melakukan pembetulan di bengkel resmi.

Untuk bengkel alternatifnya bisa ke Honda Auto Broundtax Motor (ABM) Depok. Ada pula Om Ron Pulo Gebang.

5. Masuk Komunitas

honda civic fd society indonesia
Civic FD Society salah satu komunitas yang bisa kamu ikuti

Kemudian yang jadi tips beli Honda Civic FD terakhir adalah masuk ke komunitasnya. Baik itu sebelum kamu memiliki mobil tersebut.

Pasalnya dengan masuk ke komunitas, kamu bisa mengetahui seluk belluk Civic Batman ini secara lengkap. Mulai dari harganya, hingga masalah, serta cara perawatan.

Bahkan tidak jarang, ikut komunitas bisa dapat diskon untuk bengkel spesialis yang merupakan rekanan. Istimewa bukan? Komunitas Civic FD yang bisa kamu ikuti antara lain Civic FD Society dan FD Squad Indonesia.

Itulah tadi tips beli Honda Civic FD agar tidak menyesal di kemudian hari. Jika kamu ingin tahu lebih detail soal informasi otomotif terbaru, pantau terus Moladin!

Terbaru