oleh

Tips Beli Mobil Kredit yang Aman dan Untung

Mungkin saat ini kamu sedang berencana ingin beli mobil.  Namun masih bingung, akan beli mobil kredit atau cash?

Nah jika pilihan kamu adalah kredit, simak terus artikel ini karena kami akan sampaikan tips aman dalam mencicil mobil. Selain itu proses pencicilan ini akan terasa menjadi ringan jika kamu ikuti program yang berlaku.

Saat ini memiliki mobil baru atau seken yang dibeli secara kredit terbilang mudah. Selain harga mobil yang semakin bersaing akibat adanya potongan harga terkait PPnBM, leasing pun juga meringankan batas uang muka (DP) kredit menjadi sekitar 20 persen.

Meski sebenarnya DP pengajuan kredit dengan DP rendah tidak dianjurkan ya guys, karena akan membebankan kamu dengan bunga yang lebih besar.

Selain itu, perusahaan pembiayaan kendaraan ACC juga membeberkan jika membeli mobil saat ini secara kredit merupakan waktu yang tepat. Lantaran saat ini banyak berbagai promo dari leasing ditawarkan untuk para konsumen.

Namun, sebelum memutuskan membeli mobil baru dengan mencicil maka ada baiknya membaca tips aman mencicil mobil. Berikut penjelasannya, seperti dirangkum dari laman resmi ACC.

Baca juga  Shell Super Vs Pertamax Vs Total Performance 92, Bagus Mana?

Cicilan Aman dengan Uang Muka Besar

tips beli mobil kredit
 

Beli mobil kredit, kamu harus hindari untuk tergoda dengan uang muka yang rendah. Karena ini bisa memberatkan pada cicilan per bulan.

Biasanya, perusahan leasing akan memberikan uang muka sebesar 10%-30% dari total kredit mobil. Bila memang mampu, maka sebaiknya membayar uang muka yang besar, agar cicilan bulanan lebih rendah.

ACC menyarankan, agar memilih uang muka yang lebih besar. Sebab, ini akan meringankan dalam mencicil setiap bulan. Ini tentu akan menguntungkan untuk mengatur rencana keuangan per bulan.

Sealnjutnya sesuaikan kemampuan mencicil dengan pendapatan. Hindari, membayar uang muka dari uang pinjaman. Karena ini akan memberatkan, karena ada dua pinjaman yang harus dilunasi.

Jeli Memilih Waktu Cicilan

Beli mobil

Setelah menentukan uang muka, selanjutnya tips beli mobil kredit adalah memilih jangka waktu pembayaran. Hindari memilih waktu cicilan yang paling panjang.

Memang membayar cicilan lebih lama akan terasa ringan tetapi ini bisa jadi bumerang di kemudian hari. Jadi meski tenor paling panjang memiliki cicilan lebih ringan dari waktu tetapi kamu sebenarnya mengeluarkan lebih banyak biaya untuk cicilan.

Baca juga  Uji Emisi di Auto2000 Gratis, Ini Syaratnya

Karena dengan kamu membayar dengan tenor lebih panjang, maka bunga akan terus bertambah. Jika jeli memperhitungkan, bunga yang dibebankan dengan waktu lama bisa untuk keperluan yang lain.

Sesuaikan Mobil dengan Kebutuhan

Beli mobil

Sebelum memutuskan membeli mobil baru atau bekas, baiknya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan.

Maksudnya adalah, jenis mobil apa yang kamu butuhkan? Kemudian berapa budget maksimal untuk membeli mobil tersebut.

Lalu, tanyakan pula apakah membeli mobil adalah kebutuhan atau hanya keinginan. Setelah kamu tahu kebutuhan maka bisa menentukan jenis mobil yang akan dibeli.

Misal, apakah mobil untuk keluarga? Mobil untuk transportasi bekerja. Atau bahkan mobil untuk mengantar anak ke sekolah. Sebab, jenis mobil yang kamu pilih akan menentukan harga dan cicilan yang dibayar.

Pilih Asuransi Terbaik

Laporan Asuransi Kehilangan Motor
Pilih asuransi yang klaimnya mudah

Ketidakpastian bisa datang kapan saja, begitu juga ketika kamu mencicil mobil. Ada hal tak terduga yang bisa datang misal, mobil cicilan Anda hilang atau mengalami kecelakaan.

Untuk itu tips beli mobil kredit selanjutnya adalah kamu memerlukan asuransi. Jadi pastikan saat mencicil mobil kamu melengkapi dengan asuransi.

Baca juga  Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Manfaat serta Biayanya

Ada bisa memilih jenis asuransi yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Sebagai informasi, untuk jenis TLO, asuransinya hanya diberikan guna melindungi mobil apabila hilang karena dicuri.

Sedangkan pada asuransi All Risk, kendaraan kamu akan diberikan perlindungan dari risiko berbahaya seperti bencana alam, kecelakaan dan kejadian tak terduga lainnya. Mana yang lebih menguntungkan? Hal ini kembali lagi pada pilihan sesuai kebutuhan.

Mudah Cara Membayar

tips beli mobil kredit

Ketika memilih leasing dan tenor pembayaran cicilan, kamu juga perlu mencari tahu cara membayar cicilan.

Sebaiknya carilah leasing yang memberikan kemudahan cara membayar. Sehingga kamu bisa membayar kapan dan di mana saja tanpa kesulitan.

Demikian ulasan tips beli mobil kredit agar aman dan menguntungkan. untuk ulasan terkait beritam otomotif lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru